Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Posted on

Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli Kesehatan lingkungan yakni merupakan suatu ilmu dan seni di dalam mencapai keseimbangan diantara lingkungan dan juga kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli, Tujuan dan Ruang Lingkup secara lengkap. Maka simaklha ulasannya di bawah ini.

Pengertian Kesehatan Lingkungan

Pengertian Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan yakni merupakan suatu ilmu dan seni di dalam mencapai keseimbangan diantara lingkungan dan juga kehidupan manusia. Ilmu dan seni didalam pengolaan lingkungan hingga tercapai kondisi lingkungan yang bersih, sehat, aman, nyaman sehingga menjadikan masyarakat sekitar terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit.

Selain itu, Ilmu kesehatan lingkungan inipun mempelajari sutau dinamika hubungan interaksi antara kelompok penduduk dan juga dengan berbagai macam dari perubahan komponen lingkungan hidup yang juga menyebabkan ancaman ataupun berpotensi menggangu kesehatan dari masyarakat sekitar.

Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian kesehatanj Lingkungan Menurut Para Ahli, Adapun para ahli tersebut diantaranya ;

  • P. Halton Purdon (1971).

Kesehatan Lingkungan merupakan bagian dari beberapa dasar kesehatan bagi masyarakat modern, kesehatan lingkungan merupakan faktor kesehatan yang meliputi seluruh faktor kesehatan manusia yang mengenai hubungan dengan lingkungannya.

Maksudnya yakni untuk menjaga dan juga menambah derajat kesehatan manusia pada tingkat yang setinggi-tingginya dengan jalan memperbaiki faktor sosial, faktor fisik lingkungan, dan beberapa karakter serta tingkah laku lingkungan yang berpengaruh pada kesehatan.

  • WHO (World Health Organization)

Kesehatan lingkungan yakni merupakan suatu kondisi lingkungan yang dapat menopang keseimbangan ekologi yang harus ada diantara manusia dan juga lingkungan agar dapat menjamin kondisi yang sehat dari setiap manusia.

  • Slamet Riyadi

Kesehatan Lingkungan merupakan bagian dari integral ilmu kesehatan masyarakat yang mempelajari dan juga mengatasi hubungan manusia dengan lingkungannya di dalam keseimbangan dari ekologi dengan sebuah tujuan membina dan meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi atau juga kehidupan yang sangat optimal.

  • H.J. Mukono

Ilmu kesehatan lingkungan merupakan ilmu yang khusus mempelajari sebuah hubungan timbal balik diantara faktor kesehatan serta faktor lingkungan.

  • Umar Fahmi Achmadi (1991)

Kesehatan Lingkungan yakni merupakan pengetahuan dan seni dalam mencapai keseimbangan lingkungan dengan manusia yang tinggal dalam lingkungan tersebut, ilmu dan seni dalam pengelolaan lingkungan hingga menghasilkan keadaan yang bersih, sehat, aman dan nyaman dan juga terlepas dari segala gangguan penyakit. Selain itu, Kesehatan Lingkungan juga ialah pengetahuan yang mendalami keterikatanterhadap kualitas lingkungan dengan kondisi kesehatan suatu masyarakat.

Baca Juga :  Elemen-Elemen Desain Grafis Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya
  • HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)

Kesehatan lingkungan yakni merupakan kondisi lingkungan yang dapat menopang keseimbangan ekologi yang dinamis diantara manusia dan juga lingkungannya supaya mendukung dalam pencapaian kualitas hidup manusia yang sehat dan juga bahagia.

Tujuan pemeliharan kesehatan lingkungan

  • Mengurangi Pemanasan Global.
    Dengan cara penanaman tumbuha-tumbuhan sebanyak mungkin pada lahan kosong, maka dengan begitu berarti kita juga turut  mengurangi pemanasan global, zat O2 (okseigen), karbon yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan dan zat tidak langsung zat CO2 (carbon) yang menyebabkan atmosfer bumi berlubang ini terhisap oleh tumbuhan dan yang secara langsung zat O2 yang dihasilkan tersebut dapat di nikmati oleh manusia tersebut untuk bernafas.
  • Melindungi Kebersihan Lingkungan
    Dengan adanya lingkungan yang sehat makakita harus menjaga, memelihara serta melindungi kebersihannya, karna lingkungan yang sehat yakni lingkungan yang bersih dari segala penyebab penyakit seperti timbunan sampah. Sampah ini merupakan musuh kebersihan yang paling utama di lingkungan.

Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan

  1. Penyedian Air Bersih
  2. Penyedian Air Minum
  3. Pengelolaan Buangan Air serta pengendalian pencemaran
  4. Pembuangan Sampah
  5. Pengendalian Vektor
  6. Pengendalian pencemaran udara
  7. Pengendalian radiasi
  8. Perencanaan daerah dan perkotaan
  9. Kesehatan kerja
  10. Pengendalian kebisingan
  11. Perumahan dan pemukiman
  12. Rekreasi umum dan pariwisata
  13. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia
  14. Aspek kesling dan transportasi udara
  15. Pencegahan kecelakaan
  16. Higiene makanan, termasuk higiene susu
  17. Tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.
  18. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, bencana alam dan perpindahan penduduk.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli, Tujuan dan Ruang Lingkup. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Baca Juga :  Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli, Secara Bahasa, Istilah, dan Umum

 

 

Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli dan Tujuannya
5 (100%) 1 vote[s]