Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik Terlengkap

Posted on

Pengertian Kode Etik – Kode etik adalah sebuah sistem norma, nilai dan juga aturan profesional secara tertulis juga dengan tegas menyatakan yang baik dan benar, serta apa yang tidak benar & juga tidak baik untuk profesional. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas Materi makalah kode etik secara lengkap mulai dari Pengertian Kode Etik, Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli, dan Tujuan Kode Etik. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Kode Etik

Pengertian Kode Etik

Kode etik adalah sebuah sistem norma, nilai dan juga aturan profesional secara tertulis juga dengan tegas menyatakan yang baik dan benar, serta apa yang tidak benar & juga tidak baik untuk profesional. Selain itu, definisi dari kode etik yakni ialah suatu pola aturan, cara-cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan. Kode etik juga adalah suatu pola aturan atau tata cara sebagai pedoman dalam berperilaku.

Definisi lain dari kode etik, kode etik merupakan sebuah aturan yang secara tertulis, secara sistematik yang dengan sengaja di buat dengan berdasarkan prinsip moral yang ada yang mana ketika dibutuhkan dapat di fungsikan sebagai alat yang bisa digunakan menghakimi berbagai macam dari tindakan yang pada umumnya dinilai menyimpang dari kode etik yang telah ditetapkan.

Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli

Agar menambah pemahaman kita mengenai pengertian kode, maka simaklah pendapat para ahli mengenai pengertian kode etik, adapun para ahli tersebut diantaranya :

Franz Magnis Suseno

Etika merupakan ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan petunjuk dan pijakan pada tindakan manusia.

Drs. Sidi Gajabla

Etika yakni ialah sebagai teori yang berkenaan dengan tingkah laku atau perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan sisi buruknya sejauh mana bisa ditetapkan oleh akal sehat manusia.

Ramali & Pamuncak

Etika merupakan pengetahuan mengenai prilaku yang benar dalam satu profesi.

Sumaryono (1995)

Etika merupakan studi yang berkenaan dengan kebenaran dan ketidak benaran berdasarkan kodrat manusia yang dinyatakan melalui kehendak manusia dalam bertingkah laku atau bertindak.

W. J. S. Poerwadarminto

Etika merupakan ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan asas-asas akhlak (moral).

Soergarda Poerbakawatja

Etika merupakan ilmu yang memberikan arahan atau petunjuk, acuan, serta pijakan kepada tindakan manusia.

Ahmad Amin

Beliau mengemukakan bahwa definisi etika yakni ialah satu pengetahuan yang menjelaskan mengenai arti baik & buruk serta apa tindakan yang seharusnya diambil ataupun dilakukan oleh manusia, dan juga menyatakan satu tujuan yang perlu dicapai oleh manusia dalam perbuatannya serta menunjukkan arah untuk melakukan apa yang seharusnya didilakukan oleh manusia tersebut.

H. A. Mustafa

Etika merupakan ilmu yang menyelidiki, mana yang baik dan yang buruk dengan melihat amal perbuatan manusia sejauh yang bisa diketahui oleh akal pikiran manusia.

Suseno

Etika merupakan suatu ilmu yang membicarakan mengenai bagaimana dan mengapa kita mengikuti ajaran moral tertentu atau bagaimana kita dalam mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan ajaran moral.

Tujuan Kode Etik

Dalam pembentukan kode etik tentu terdapat banyak sekali tujuan didalamnya yaitu diantaranya agar profesional bisa memberikan jasa dengan sebaik-baiknya kepada para pengguna ataupun para nasabahnya. Dengan adanya kode etik dapat melindungi dari perbuatan yang tidak profesional. Selain itu, ketaatan dari tenaga profesional terhadap kode etik yang ada yakni ialah sebuah ketaatan yang naluriah, yang memang telah bersatu dengan pikiran, jiwa dan juga perilaku dari tenaga profesional tersebut.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Kode Etik, Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli, dan Tujuan Kode Etik. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :