25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Komitmen organisasi adalah sikap atau tingkah laku seseorang terhadap organisasi berupa loyalitas dan tercapainya visi, misi serta tujuan organisasi. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi makalah Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komitmen Organisasi

Komitmen organisasi adalah sikap atau tingkah laku seseorang terhadap organisasi berupa loyalitas dan tercapainya visi, misi serta tujuan organisasi. Seseorang baru bisa dikatakan memiliki komitmen jika seseorang memiliki komitmen yang tinggi kepada organiasi, hal ini bisa dilihat dengan melihat ciri-ciri diantaranya kepercayaan dan juga penerimaan yang kuat terhadap tujuan dan juga nilai-nilai organisasi, mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk bekerja untuk organisasi dan kemauan yang kuat untuk selalu bisa menjadi anggota organisasi tertentu.

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pendapat dari para ahli mengenai definisi komitmen organisasi menurut ahlinya, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Robbins (1989)

Menurut Robbins, Komitmen organisasi yakni ialah sebagai suatu sikap yang merefleksikan perasaan suka maupun tidak suka dari karyawan terhadap organisasi.

  • Sri Kuntjoro

Menurut Sri Kuntjoro, komitmen organisasi merupakan rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

  • Mowday (1992)

Menurut Mowday, Komitmen organisasi merupakan komitmen kerja, selain itu komitmen merupakan dimensi perilaku manusia yang digunakan untuk menilai loyalitas karyawan terhadap organisasinya.

  • O’Reilly (1989)

Menurut O’Reilly, komitmen organisasi ialah sebagai ikatan kejiwaan seseorang terhadap organisasi yang meliputi keterlibatan kerja, kesetiaan & perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasi.

  • Lincoln dalam Bashaw dan Grant (1994)

Menurut Lincoln, Komitmen organisasi ialah mencakup anggota, kesetiaan anggota serta kemauan anggota pada organisasi.

  • McShane & Von Glinow (2008:119)

Menurut mereka komitmen Organisasi ialah pengaruh yang paling kuat, dimana seseorang mengidentifikasi terhadap permintaan yang sangat termotivasi untuk melaksanakannya, bahkan pada saat sumber motivasi tidak lagi hadir.

  • Luthans (2006)

Menurutnya, Komitmen organisasi merupakan keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi tertentu, kehendak untuk berusaha keras yang sesuai dengan keinginan organisasi & keyakinan tertentu juga penerimaan nilai serta tujuan organisasi.

  • Steers & Porter (1983:442)

Menurut mereka komitmen organisasi merupakan suatu sikap dimana seseorang mengidentifikasikan dirinya terhadap bebrapa tujuan dan harapan organisasi tempat seseorang bekerja serta berusaha menjaga keanggotaan dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan sebuah organisasi tersebut.

  • Griffin

Menurut Griffin, komitmen organisasi merupakan sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang mengenal dan terikat pada organisasinya. Seseorang yang mempunyai komitmen tinggi pada peruasahaan kemungkinan akan melihat dirinya yang menjadi anggota sejati dalam organisasi.

  • Greenberg & Baron (2003:160)

Menurut Greenberg & Baron, Komitmen organisasi merupakan derajat yang mana karyawan terlibat di dalam organisasinya & berkeinginan untuk tetap menjadi anggota pada organisasi tersebut, yang mana didalamnya mengandung sikap kesetiaanserta kesediaan karyawan untuk bekerja secara maksimal bagi sebuah organisasi.

  • Robbins

Menurut Robbins, Komitmen organisasi merupakan suatu keadaan yang mana seorang pegawai memihak pada suatu organisasi tertentu dantujuannya serta berniat untuk memelihara keanggotaan dalam sebuah organisasi.

  • Rosyid, Robbins, dan Judge (2009:100)

Menurut mereka, komitmen organisasi yakni ialah sebagai suatu keadaan dimana seorang pekerja memihak organisasi tertentu serta tujuan-tujuan pegawai tersebut dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan dalam sebuah organisasi.

  • Mathins & Jackshon (2000)

Menurut Mathins & Jackshon, Komitmen organisasi ialah derajat dimana karyawan mempercayai dan menerima berbagai tujuan organisasi serta tidak akan meninggalkan organisasi tersebut.

  • Richard M. Steer

Komitmen organisasi merupakan rasa identifikasi (kepercayaan terhadap berbagai nilai organisasional sebagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap berbagai nilai organisasi), keterlibatan (kesediaan untuk selalu beruasaha sebaik mungkin demi kepentingan organisasi, dan loyalitas keinginan untuk selalu berusaha menjadi anggota yang bersangkutan) yang diwujudkan oleh seorang karyawan terhadap perusahaannya.

  • Spector (2000)

Menurut Spector, Komitmen organisasi merupakan komitmen yang melibatkan keterikatan individu terhadap pekerjaannya.

  • Allen dan Meyer

Menurut Allen & Meyer, Komitmen organisasi merepukan kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu dengan organisasi serta kehendak untuk tetap menjadi anggota organisasi.

  • Zurnali C, 2010, p.127

Menurut Zurnali C, Komitmen organisasi merupakn sutau keadaan psikologi yang mengkarakteristikan hubungan karyawan dengan organisasi atau impikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam sebuah organisasi atau tidak, yang teidentifikasi dalam 3 komponen yakni komitmen afektif, komitmen kontinyu, dan juga komitmen normatif.

  • Dessler dalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi (2001)

Menurut Dessler, Komitmen organisasi merupakan hubungan antara karyawan dengan organisasi yang merupakan orientasi karyawan pada perusahaan sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan mengikatkan diri melalui kegiatan dan keterlibatan dalam perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.

  • Mathis & Jackson (2001)

Menurut Mathis & Jackson, komitmen organisasi merupakan tingkat kepercayaan &  penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan memiliki keinginan untuk selalu ada didalam organisasi tersebut yang pada akhirnya tergambar dalam statistik ketidakhardiran & masuk keluar tenaga kejanya.

  • Salancik (1977)

Menurut Salancik, Komitmen organisasi ialah keadaan ayang mana perilaku karyawan menjadi terikat pada organisasi dan karyawan mempunyai keyakinan untuk meneruskan perilaku dan keterlibatannya.

  • Mowday, Porter dan Steers dalam Luthans (2006)

Menurut Mowday, Porter dan Steers, Komitmen Organisasi yakni terdiri dari 3 faktor, yakni: Faktor keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota dalam sebuah organisasi, keinginan yang besar untuk berusaha bagi organisasi dan kepercayaan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai serta tujuan organisasi.

  • Fred Luthan (2005)

Komitmen organisasi menurut Fred Luthan yakni adalah sebagai berikut :

  1. Kemauan yang kuat untuk selalu menjadi anggota organisasi tertentu.
  2. Keinginan untuk selalu berusaha keras yang tentunya sesuai keinginan organisasi.
  3. Kepercayaan tertentu, dan penerimaan berbagai nilai dan tujuan organisasi. Selain itu, komitmen organisasi merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan terhadap organisasi dan proses yang berkelanjutan di mana anggota organisasi menunjukan perhatiannya terhadap organisasi & keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan.
  • Wp

Pengertian komitmen organisasi yakni sebagai suatu keadaan dimana seorang karyawan berpihak pada organisasi tertentu serta tujuan-tujuan & keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

  • L. Mathis-John H. Jackson

Komitmen organisasi ialah tingkat sampai dimana karyawan yakin & menerima tujuan organisasional dan berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada akhirnya tercemin pada ketidakhadiran dan angka perputaran pekerja.

  • Colquitt LePine & Wesson

Menurut Colquitt LePine & Wesson, komitmen organisasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengingatkan seseorang mengenai keanggotaannya dalam suatu organisasi tertentu.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :