Pengertian Komitmen Organisasi – Komitmen organisasi adalah suatu sikap atau tingkah laku dari seseorang terhadap organisasi berupa loyalitas serta tercapainya visi, misi dan juga tujuan organisasi. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas tentang Materi makalah Komitmen organisasi materi mulai dari Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator dan Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Organisasi. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.
Daftar Menu Artikel
Pengertian Komitmen Organisasi
Komitmen organisasi adalah suatu sikap atau tingkah laku dari seseorang terhadap organisasi berupa loyalitas serta tercapainya visi, misi dan juga tujuan organisasi. Bisa disebut memiliki komitmen apabila seseorang memiliki komitmen yang tinggi kepada organiasi, hal ini dapat kita nilai dengan melihat ciri-ciri diantaranya kepercayaan dan juga penerimaan yang kuat terhadap tujuan & nilai-nilai organisasi, memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja demi organisasi dan kemauan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi tertentu.
Manfaat Komitmen Organisasi
Menurut Juniarari (2011) mengemukakan bahwa manfaat dari komitmen organisasi yaitu diantaranya :
- Karyawaan yang serius dalam menunjukkan komitmen tinggi kepada organisasi memiliki kemungkinan yang jauh lebih tinggi untuk menunjukkan tingkat keikutsertaan yang tinggi dalam sebuah organisasi.
- Memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bekerja di organisasi yang sekarang dan selalu memberikan sumbangan untuk mencapai tujuan..
- Dengan kesungguhan terlibat dengan pekerjaan, karena pekerjaan tersebut ialah mekanisme kunci & saluran individu untuk memberikan sumbangan untuk tercapainya tujuan organisasi.
Bentuk Komitmen Organisasi
Menurut Meyer & Allen (1991), terdapat tiga bentuk komitmen organisasi, diantaranya yakni :
1. Affective Commitment (Komitmen Efektif )
Bentuk komitmen yang satu ini lebih mengarah pada hubungan emosional antara anggota terhadap organisasi. Orang yang selalu ingin terus bekerja diorganisasi tertentu karena mereka searah dengan tujuan dan nilai-nilai dalam organisasi tersebut.
Orang yang memiliki tingkat komitmen afektif yang tinggi mempunyai keinginan untuk selalu tetap tinggal di organisasi karena mereka mendukung tujuan organisasi dan selalu siap membantu mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
2. Continuance Commitment (Komitmen Berkelanjutan)
Bentuk komitmen ini lebih mengarah pada keinginan seorang karyawan yang memiliki harapan untuk tetap tinggal pada organisasi karena ada perhitungan atau analisis mengenai untung dan rugi yang mana nilai ekonomi yang dirasa bertahan dalam organiasi daripada meninggalkan organisasi yang ia berada di dalamnya sekarang ini.
Karena semakin lama karyawan tinggal di dalam organisasi, maka akan semakin takut kehilangan yang apa sudah mereka investasikan dalam organisasinay selama ini.
3. Normative Commitment (Komitmen Normatif )
Komitmen yang satu ini lebih mengarah pada perasaan karyawan yang mana mereka haruskan untuk tetap tinggal dalam organisasi tertentu karena adanya tekanan dari yang lain. Karyawan yang mempunyai tingkat komitmen normatif tinggi akan selalu memperhatikan apa yang dinyatakan orang lain tentang mereka jika meninggalkan organisasi tersebut, mereka tidak ingin mengecewakan pimpinan dan khawatir jika rekan kerja mereka memiliki pikiran buruk terhadap pengunduran diri oarng tersebut.
Indikator Komitmen Organisasi
Tidak semua orang menyadari bahwa komitmen tidak hanya tentang perasaan loyalitas yang pasif. Seseorang yang memiliki perasan aktif terhadap hubungan dirinya dengan organisasi yang memiliki tujuan yang sama, terdapat 3 faktok atau indikator yang menjadi pengaruh komitmen organisasi, yakni sebagai berikut :
- Kepercayaan & penerimaan yang kuat terhadap tujuan serta nilai-nilai organisasi
- Keinginan untuk mengusahakan terwujudnya kepentingan organisasi
- Memiliki kehendak yang sangat kuat untuk mempertahankan keanggotaan organisasi
Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Organisasi
Menurut Allen dan Meyer (1990), terdapat tiga faktor yang akan memengaruhi komitmen organisasi yakni sebagai berikut :
- Pengalaman Organisasi
Pengalaman organisasi ini mencangkup kepusasn & motivasi anggota organisasi selama berada dalam organisasi, peran dalam organisasi dan keterkaitan antara anggota dan supervisor pimpinan pada organisasi tersebut. - Karakteristik Organisasi
Organisasi ini mencakup hal yang berkenaan dengan struktur organisasi, desain kebijaksanaan dalam organisasi serta bagaimana kebijakan organisasi disosialiasikan. - Karakteristik Pribadi Induvidu
Karakter pribadi individu inbi terbagi dua yakni variabel demografis & variabel disposisional. Adapun variabel demografis inimeliputi jenis kelamin, status pernikahan, usia, tingkat pendidikan dan lamanya seseorang bekerja dalam sebuah organisasi. Sementara faktor disposisional ini meliputi kepribadian dan nilai yang dimiliki oleh para anggota organisasi, variabel ini berkaitan kuat dengan komitmen organisasi, karena terdapat perbedaan pengalaman dari setiap anggota organisasi tersebut.
Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator, Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi. Semoga bermanfaat.
Artikel lainnya :
- Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap
- Teks Ulasan : Contoh, Struktur, Tujuan, Ciri-Ciri dan Kaidah Teks Ulasan
- Uang Giral : Pengertian, Kelebihan, Kelemahan, Gambar dan Contoh Uang Giral