22 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli – Apa yang di maksud dengan kompetensi ? Kompetensi merupakan suatu wewenang atau kekuasaan dalam menetapkan atau memutuskan sesuatu. Kali ini kami akan membahas materi makalah definisi Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

PENGERTIAN KOMPETENSI MENURUT PARA AHLI

Pengertian Kompetensi

Kompetensi merupakan suatu wewenang atau kekuasaan dalam menetapkan atau memutuskan sesuatu. Definisi lain yakni kompetensi merupakan faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang mana orang tersebut memiliki kemampuan lebih, yang menjadikan dirinya berbeda dengan seorang yang memiliki kemampuan rata-rata.

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang mendefinisikan pengertian kompetensi seperti ada dibawah ini.

  1. Stephen Robbin (2007:38)

    Menurut Stephen Robbin Kompetensi merupakan kemampuan atau kapasitas seseorang dalam mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, yang mana kemampuan tersebut ditentukan oleh 2 faktor yakni kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

  2. E.Mulyasa (2004:37-38)

    Menurut E.Mulyasa kompetensi yakni merupakan perpaduan anatara pengetahuan, keterampilan, dan nilai serta sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir & bertindak.

  3. Purwadarminta (1982:51)

    Purwadarminta mengemukakan pendapatnya bahwanya kompetensi sebagai kewenangan atau kekuasaan untuk menentukan sesuatu hal

  4. Suparno (2012:27)

    Menurut Suparno kompetensi merupakan kecapakan yang memadai untuk melakukan tugas atau sebagai keterampilan dan kecakapan yang diisyratkan.

  5. Poerwadarminta (1993:518)

    Menurut pendapat yang berbeda dari Poerwadarminta bahwasanya kompetensi adalah kekuasaan (kewenangan) untuk menentukan atau memutuskan suatu hal.

  6. Echols dan Shadily,1983:132

    Mereka berpendapat bahwa kompetensi secara etimologi berasal dari kata bahasa Inggris “competency” yang artinya kecakapan atau kemampuan.

  7. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel (1998:212)

    Mereka berpendapat bahwa kompetensi yakni adalah sebuah karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektifitas performa, karakteristik yang dapat dilihat dari gaya bertindak, berperilaku, dan berpikir orang tersebut

  8. Sedarmayanti (2008:126)

    Menurut Sedarmayanti kompetensi merupakan karakteristik yang mendasar yang mana dimiliki seseorang yang berpengaruh langsung , atau dapat memprediksikan kinerja yang sangat baik.

  9. Mitrani (2002:109)

    Menurut Mitrani kompetensi merupakan salah satu bagian kepribadian yang mendalam dan melekat pada seseorang serta perilaku yang dapat diprediksi pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan.

  10. Mangkunegara (2005:113)

    Menurut Mangkunegara kompetensi merupakan faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang memiliki kemampuan lebih, yang membuatnya menjadi berbeda dengan seseorang yang memiliki kemampuan rata-rata atau biasa saja.

  11. Byars & Rue (1997)

    Menurut Byars & Rue, kompetensi merupakan suatu sifat atau karakteristik yang dibutuhkan seorang yang memiliki jabatan agar bisa melaksanakan jabatan dengan baik dan benar, pengertian lain bahwa kompetensi yakni adalah karakteristik eseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan perilaku  dari seseoarng itu.

  12. Webstre’s Ninth New Collegiate Dictionary Dalam Sri Lastanti (2005)

    Kompetensi merupakan keterampilan dari seorang ahli, ahli disini didefinisikan sebagai seseorang yang mempunyai tingkat keterampilan tertentu dan pengetahuan yang tinggi dalam subyek tertentu yang didapatkannya melalui pelatihan dan pengalaman.

  13. Boyatzis Dalam Hutapea & Nurianna Thoha (2008)

    Kompotensi merupakan kapasitas yang ada pada seseorang yang mana dapat membuat orang tersebut bisa memenuhi apa yang diisyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang diinginkan.

  14.  Spencer Dalam Palan (2007)

    Menurut Spencer Dalam Palanm kompetensi yakni sebagai karakteristik dasar yang dimiliki seorang yang berhubungan secara kausal untuk memenuhi kritersia yang dibutuhkan dalam menduduki suatu jabatan.

  15. Fogg (2004:90)

    Menurut Fogg menjelaskan bahwa kompetensi dibagi menjadi dua yaitu kompetensi dasar (Threshold) & Komptensi pembeda (differentiating).

    • Kompetensi dasar yakni merupakan karakteristik utama, yang berupa pengetahuan atau keahlian dasar seperti kemampuan untuk membaca.
    • Kompetensi pembeda merupakan kompetensi yang membuat seseorang berbeda dari yang lain.
  16. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

    Kompetensi yakni merupakan kewenangan atau kekuasaan untuk menentukan (memutuskan sesuatu); kemampuan menguasai gramatikan suatu bahasa secara abstrak atau batiniah.

  17. Undang-Undang No.13 Tahun 2003

    Menurut UU No.13 Tahun 2013 kompetensi yakni merupakan kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditentukan

  18. Kepala Badan Kepegawaian Negeri Nomor: 46A tahun 2003

    Kompetensi merupakan kemampuan serta karakteristik yang dimiliki oleh seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang dibutuhkan dalam menjalani tugas dari jabatannya.

  19. Spencer & Spencer dalam Palan (2007)

    Menurutnya kompetensi yakni karakteristik mendasar yang dimiliki seorang individu yang berhubungan secara kausal untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan dalam menduduki suatu jabatan.

  20. Wibowo (2007:86)

    Menurut Wibowo kompetensi merupakan bentuk kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang didasari dengan keterampilan dan pengetahuan kerja yang dituntut oleh pekerjaan yang jalani.

  21. Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

    Kompetensi yakni merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melasanakan tugas keprofesionalan.

  22. Spencer dan Spencer dalam Hamzah B. Uno (2007:63)

    Kompetensi merupakan karakteristik yang sangat menonjol pada seseorang dan menjadi cara-cara berperilaku serta berfikir dalam segala situasi, dan berlangsung dalam periode waktu panjang.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat,

Artikel lainnya :