Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Komunikasi merupakan suatu segala hal yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa serta dengan hasil atau akbiat apa. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan mengulas materi Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komusikasi

Komunikasi adalah sebuah proses yang mana seseorang atau sekelompok orang, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi supaya terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Biasanya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang kedua hal tersebut dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi tersebut.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak pendapat para ahli mengenai pengertian komunikasi di bawah ini ;

1. Drs. Redi Panuju, Msi

Komunikasi merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga dapat menghasilkan suatu sinergi.

2. Gerald R. Miller

Komunikasi akan terjadi apabila satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku penerima.

3. Raymond Ross

Komunikasi merupakan proses memilih, dan pengiriman simbol-simbol dengan berbagai rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/makna dari pemikiran yang serupa seperti apa dimaksudkan oleh komunikator.

4. Hoben

Komunikasi adalah pertukaran pikiran, ide, atau gagasan secara verbal.

5. Carl I. Hovland

Komunikasi yakni adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) yang bertujuan untuk mengubah perilaku orang lain.

6. Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Komunikasi ialah proses pemberian informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lainnya dengan menggunakan simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dan lainnya.

7. Colin Cherry

Komunikasi merupakan proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama selain itu komunikasi ialah kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan juga pembangkitan balasannya.

8. William J. Seller

Komunikasi merupakan proses yang mana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti oleh komunikator.

9. Onong Uchjana Effendy

Komunikasi yakni merupakan proses penyampaian pesan oleh kepada orang lain untuk memberitahu, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan atau tidak langsung.

10. Steven

Komunikasi akan terjadi kapan saja suatu organisme Bereaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Baik itu berasal dari seseorang maupun berasal dari lingkungannya.

11. John R. Wenburg & William W Wilmot

Komunikasi merupakan suatu usaha untuk memperoleh makna.

12. Judy C Pearson & Paul E Melson

Komunikasi merupakan proses memahami dan berbagi makna.

13. Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss

Komunikasi ialah proses makna diantara dua orang atau lebih.

14. David K. Berlo

Komunikasi ialah sebagai instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk mengetahui dan juga memprediksi setiap orang, serta untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dalam masyarakat.

15. Harorl D. Lasswell

Komunikasi merupakan suatu segala hal yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa serta dengan hasil atau akbiat apa.

16. William I. Gordon

Komunikasi didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan perasaan serta gagasan.

17. Prof Dr. Alo Liliweri

Komunikasi merpakan pengalihan suatu pesan dari sau sumber pada penerima agar bisa dimengerti oleh penerima

18. Markman

Komunikasi merupakan suatu komunikasi dengan tujuan membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

19. Aristoteles

Komunikasi yakni adalah alat dimana warga masyarakat bisa berpartisipasi dalam demokrasi.

20. M. Djenamar. SH,

Komunikasi merupakan seni untuk menyampaikan informasi, ide seseorang kepada orang lain.

21. Ruesch

Komunikasi merupakan suatu proses yang menghubungkan 1 bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

22. Weaver

Komunikasi ialah bentuk seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang bisa mempengaruhi pikiran orang lainnya.

23. Willian Albig

Komunikasi yakni adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu.

Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang ada.

24. Barnlund

Komunikasi ada karena didorong oleh berbagai kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif dan juga mempertahankan atau memperkuat ego.

25. Gode

Komunikasi merupakan suatu proses yang membuat sesuatu dari yang awalnya dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh 2 orang bahkan lebih.

Fungsi Komunikasi

Berdasarkan unsur komunikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pihak yang mengirim pesan kepada seseorng maupun orang banyak disebut komunikator. Sebagai pelaku dalam komunikasi, komunikator memegang peranan yang sangat penting terutama sekali dalam berjalannya sebuah komunikasi. Sehingga pesan tersebut dapat diterima dengan baik.

Manusia melakukan hal berkomunikasi untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri dan guna membangun interaksi sosial terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya serta agar dapat mempengaruhi orang lain untuk berpikir, merasa, dan juga bertingkah seperti yang diharapkan. (Thomas M. Scheidel)

Komunikasi memiliki 2 fungsi. Yang pertama yaitu fungsi sosial, yaitu untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan hubungan dengan orang lain, menjaga dan memelihara hubungan. Yang kedua, fungsi pengambilan keputusan, yaitu memutuskan untuk melakukan maupun tidak melakukan sesuatu pada saat-saat tertentu. (Rudolf F. Verderber)

Demikianlah ulasannya kami mengenai Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :