Pengertian Konflik

Posted on
Pengertian Konflik

Artikel makalah tentang Pengertian Konflik dan contohnya, meliputi dari fungsi, manfaat, faktor, bentuk, dampak, jenis, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa Konflik itu,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk proses sosial dari berbagai individu atau kelompok sehingga masing-masing kelompok akan berusaha untuk menyelesaikan masalah atau dapat juga menyingkirkan pihak yang akan memberikan perlawanan terhadap ancaman atau kekerasan yang sedang terjadi.

Nah untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Pengertian Konflik

Konflik adalah salah satu paktor perjuangan dalam masyarakat, seperti individu atau kelompok sosial sehingga dapat mencapai tujuan mereka untuk melawan kekerasan dan ancaman.

Lalu menurut Taquiri Newstorm pada tahun 1977 telah menyatakan bahwa konflik merupakan sebuah warisan dalam kehidupan sosial dan yang berakaitan dengan ketidaksetujuan atas terjadinya kontroversi dan pertentangan secara berterusan.

Dan menurut Organizational Communication pada tahun 1994 telah menyatakan bahwa konflik adalah sebuh ekspresi dalam pertikaian antara individu dengan individu yang lain sehinga dari berbagai kelompok akan melakukan sebuah kekerasan.

Sedangkan menurut Robbin tahun 1996 telah menyatakan bahwa konflik adalah sebuah persoalan International dalam sebuah Management dan dalam organisasi, konflik akan dianggap sebuah kinerja kelompok untuk mencapai suatu kerusuhan.

Sedangkan dalam pandangan tradisional bahwa konflik merupakan salak satu hal yang buruk dan akan menyebabkan sesuatu yang negatif dan akan merugikan banyak orang.

Maka dapat disimpulkan konflik merupakan sebuah reaksi yang terjadi atas perdebatan dan perbedaan atas pendapat atau pandangan yang mengenai hal yang akan menyingkirkan pihak yang akan membuat kerusakan lingkungan.

Baca Juga: Pengertian Hubungan Internasional

Jenis Jenis Konflik

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis yang terdapat pada konflik yang sering terjadi pada kalangan masyarakat.

Adapun jenis konflik nya adalah sebagai berikut :

1. Konflik Internasional

Konflik internasional merupakan salah satu konflik yang sering terjadi antara negara-negara yang ada di dunia, baik dari negara berkembang maupun negara industri sehinga hal ini akan terjadi peperangan yang sangat besar dan akan merugikan banyak orang.

2. Konflik Agama

Konflik agama adalah salah satu konflik yang terjadi antar kelompok yang berbeda agama dan kepercayaan sehinga kebanyakan orang menganggap agama sebagai salah satu panduan dan cara hidup yang harus diikuti.

3. Konflik Politik

Konflik politik merupakan salah satu konflik yang sering terjadi di sebabkan adanya perbedaan dalam pandangan kehidupan politik sehingga akan meyenbabkan perselisihan dari masing-masing kelompok yang ingin merebut kekuasaan.

4. Konflik Sosial

Konflik sosial merupakan salah satu konflik yang sering terjadi di dalam kehidupan sosial sehingga masyarakat akan mendapatkan kerusakan dalam pergaulan dan dalam masalah ekonomi.

5. Konflik Antar Kelas Sosial

Konflik Antar Kelas Sosial adalah salah satu konplik yang sering terjadi pada kelompok-kelompok kelas pada masyarakat dan akan menyebabkan konflik yang berkepanjangan untuk mempertahankan peran dan status dalam kelompok masyarakat sering kali mengarah pada konflik.

6. Konflik Rasial

Konflik rasial merupakan salah satu konflik yang sering terjadi antar ras atau perbedaan pendapat dan keyakinan sehingga dalam konflik ini akan terjadi pada setiap orang yang mementingkan kelompoknya sendiri.

7. Konflik Pribadi

Konflik pribadi merupakan sasalah satu konflik yang terjadi antara beberapa individu dengan individu yanglainnya sehinga membetuk kelompok masyarakat dalam bentuk keluarga, dunia kerja, dan yang lainnya.

Faktor Faktor Penyebab Konflik

Dari beberapa ulasn yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan memberikan bebrapa faktor yang terdapat dan yang menyebabkan terjadinya konflik ini.

Berikut beberapa faktor penyebab terjadi nya konplik adalah:

  • Penyebab perbedaan individu dan perbedaan posisi atau perasaan
  • Ada perbedaan latar belakang budaya untuk membentuk kepribadian yang berbeda sehingga seseorang akan dipengaruhi oleh pemikiran dan struktur kelompok
  • Perbedaan kepentingan antara individu dan kelompok dapat mempengaruhi ekonomi, politik dan sosial.
  • Terjadinya perubahan nilai dalam masyarakat

Baca Juga: Pengertian Produksi

Bentuk Penyelesaian Konflik Sosial

Dari ulasan di atas, maka kami juga akan memberikan baberapa bentuk penyelesaian konflik terdiri atas beberapa bentuk.

Berikut penyelesaian konflik nya adalah :

  • Pemecahan masalah dalam jalan buntu (berhenti), karena masing-masing memiliki kekuatan yang seimbang.
  • Kompromi untuk menyelesaikan perselisihan dengan mengurangi persyaratan bersama.
  • Supaya konsiliasi untuk menyatukan keinginan para pihak dalam perselisihan.
  • Toleransi
  • Batasan akomodasi didasarkan pada paksaan.
  • Mengatur solusi konflik dengan melibatkan pihak ketiga sebagai perantara / penasihat.
  • Arbitrase dalam penyelesaian konflik melalui keterlibatan pihak ketiga yang dipilih bersama dan menempati posisi yang lebih tinggi.
  • Penilaian penyelesaian masalah oleh pengadilan.

Dampak Konflik Sosial

Tentunya dari ulasan yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan memberikan beberapa dampak pada individu terhadap terjadinya konplik.

Berikut dampak konflik adalah:

  • Dia menambahkan rasa solidaritas kepada kelompok.
  • Perubahan sikap atau kepribadian mengarah pada hal-hal negatif dan positif.
  • Perubahan sosial yang mengancam integritas kelompok.
  • Jatuhnya korban manusia, kerusakan dan kehilangan harta benda dalam tabrakan fisik.
  • Dominasi kelompok yang menang melawan kelompok yang kalah.
  • Akomodasi terjadi, kompromi muncul (para pihak memiliki kekuatan yang seimbang).
  • Unit grup instationary atau terfragmentasi.
  • Kerusakan harta benda dan jatuhnya korban manusia.

Nah demikianlah yang dapat kami bahas mengenai pengertian konflik, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Negosiasi