Pengertian Kreativitas

Posted on
Pengertian Kreativitas

Artikel makalah membahas tentang Pengertian Kreativitas meliputi dari faktor, bentuk, usaha, ciri ciri, metode, manfaat, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa kreativitas itu,,, Hal ini merupakan salah satu proses untuk menghasilkan hal yang baru, baik dalam bentuk ide atau yang dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas individu terhadap yang harus dikembangkan. Maka dalam pengembangan kreativitas harus di lakukan juga keinginan yang tinggi sehingga dapat menciptakan suasana yang mendorong pemikiran kreatif.

Untuk lebih jelasnya lagi lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Kreativitas

Kreativitas adalah suatu kemampuan dalam menciptakan atau sebagai sarana memberikan ide-ide yang kreatif untuk menyelesaikan masalah sehingga untuk jiwa yang perduli sesama.

Dengan demikian kreativitas sebagai salah satu kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu ide yang baru dengan memiliki gagasan yang relative berbeda pada ide yang sebelumnya.

Maka pengertian dalam menciptakan kreativitas yang tinggi akan memunculkan ide dan gagasan atau sebuah keinginan yang baru dari pemikiran yang memiliki kemampuan untuk menciptakan tindakan sesuatu yang bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Kualitatif

Faktor Yang Mempengaruhi Kreativitas

Dari ulasan yang singkat di atas maka kami juga akan memberikan faktor dalam mekanisme untuk mengungkapkan suatu kreativitas yang tinggi.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi Kreativitas adalah:

  • Faktor dorongan untuk memenuhi potensi anak suoaya menjadi kreatif dan dapat menentukan masa depan nya.
  • Faktor sarana yang harus disediakan untuk merangsang penelitian dan eksplorasi pada elemen yang penting.
  • Faktor lingkungan keluarga dan sekolah harus dapat mendorong kreativitas dan dapat memberikan panduan untuk membuat remaja menjadi kreatif.
  • Faktor kelebihan dan pengetahuan yang dapat mengembangkan pikiran yang positif.
  • Faktor waktu hal yang semacam ini dapat mengembangkan ide yang ada di kalangan remaja.

Bentuk Kreatif

Pada pembahsan yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akam=n memerikan beberapa bentuk yang dapat mewujudkan kreativitas diantaranya adalah.

A. Gagasan

Gagasan adalah salah satu bentuk Kreatifitas yang dapat juga mewujudkan dari berbagai ide dan gagasan untuk mengatasi masalah yang ada.

B. Ide

Ide adalah salah satu bentuk kreativitas yang dapat menghasilkan ide yang unik sehingga dapat juga menciptakan solusi yang baru pada kehidupan di masyarakat.

C. Produk

Produk adalah salah satu bentuk kreativitas yang dihasilkan sehingga terjadinya proses untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen.

Usaha Mengembangkan Kreativitas

Dari beberapa ulasan yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan memberikan usaha untuk mengembangkan kreativitas serta memberikan pemahaman nya.

Berikut beberapa usaha dalam mengembangangkan kreativitas adalah:

  • Anak-anak atau siswa dapat memahami latar belakang dan pengalaman serta berprilaku yang baik pada setiap kalangan individu atau secara berkelompok yang dapat mengembangkan potensi mereka.
  • Guru dan orang tua dapat menciptakan suasana serta dapat dipromosikan untuk menghilangkan hambatan dalam melakukan kreativitas yang akan dikembangkan.
  • Anak-anak atau siswa memiliki kesempatan untuk berlatih dalam berpikir pada suasana yang terkendali.
  • Para orang tua dapat mengembangkan imajinasi anak-anak dan dapat meningkatkan kecerdasan dalam menghasilkan ide-ide yang berguna.
  • Para guru dan orang tua perlu menyediakan pengajaran dengan cara semantik untuk menggunakan imajinasi yang dapat memunculkan potensi perkembangan remaja.

Baca Juga: Pengertian Sistem

Ciri Ciri Orang Kreatifitas

Setelah mengetahui dari beberapa ulasan yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa ciri-ciri orang memiliki jiwa kreatifitas.

Berikut ciri-ciri orang yang kreatifitas adalah:

1. Mudah Beradaptasi

Mudah Beradaptasi hal ini adalah salah satu ciri orang yang memiliki rasa kreatif pada kalangan individu atau secara kelompok sehingga dapat menemukan ide dan berfikir secara cepat untuk menghasilkan gagasan dalam penyelesaian masalah.

2. Sering Berimajinasi

Sering Berimajinasi hal ini adalah salah satu ciri yang sanagt mempengaruhi dalam melakukan sutu tindakan yang kreativitas sehinga mereka mudah berimajinasi dalam mengembangkan hal yang positif.

3. Pribadi Yang Misterius

Pribadi Yang Misterius hal ini adalah salah satu ciri dalam menumbuhkan rasa yang kreativitas sehingga mereka sulit ditebak dan terkadang ide nya sangat membingungkan orang lain.

4. Menyukai Tantangan

Menyukai Tantangan hal ini adalah salah satu ciri yang dapat membangun jiwa yang kreativitas sehinbgga dapat memicu potensi secara umum dalam menghadapi tantangan.

Contoh Perilaku Kreatif

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.

Beikut beberapa contoh kreatifitas adalah:

  • Barang bekas yang tidak dibutuhkan bisa digunakan untuk sesuatu. Contohnya, membuat pot bunga dari bahan plastik bekas.
  • Ganti barang yang rusak yang tidak dapat diubah menjadi sesuatu yang baru dan dapat digunakan. Contohnya menghasilkan lampu dekorasi yang rusak.
  • Mengubah bahan alami yang tidak digunakan menjadi sesuatu yang bisa digunakan. Contohnya, tas unik yang terbuat dari daun kering.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bagas mengenai ulasn tentang Kreativitas dan beberapa tujuan dan menfaatnya, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat utnuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Promosi