Pengertian Lingkungan adalah – Penyebab, Dampak, Pencegahan

Posted on

Pengertian Lingkungan adalah – Apa itu Lingkungan? Lingkungan merupakan kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan SDA (Sumber daya alam) seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta hewan dan tumbuh tumbuhan yang tumbuh di darat maupun di laut, dengan berbagai lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik.  Untuk leboh jelasanya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Lingkungan mulai dari Pengertian Lingkungan Secara Umum, Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli, Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan, dan Mencegah Kerusakan Lingkungan di bawah ini.

Pengertian Lingkungan Adalah

Pengertian Lingkungan

Lingkungan merupakan kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan SDA (Sumber daya alam) seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta hewan dan tumbuh tumbuhan yang tumbuh di darat maupun di laut, dengan berbagai lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik. Selain itu, lingkungan juga bisa diartikan ke dalam segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan salah satu mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan sendiri terdiri dari komponen komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup (biotik) danbenda-benda mati di permukaan bumi (abiotik). komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). Sedangkan Komponen abiotik adalah semua benda mati seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, suara, dan cahaya.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa para ahli yang dimana mereka mengemukakan pendapatnya mengenai definisi lingkungan, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup yaitu ialah semua benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang saat ini manusia tempati dan mempengaruhi kehidupan manusia.

  • Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup merupakan semua hal yang mencakup aspek eksternal biologis, yang mana organisme yang hidup dan ilmu lingkungan menjadi tempat belajar aspek lingkungan organisme tersebut.

  • Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang saat ini kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

  • Bintarto

Lingkungan hidup merupakan segala hal yang berada di lingkungan kita. Baik itu benda maupun makhluk hidup yang bisa terpengaruh oleh segala kegiatan yang kita lakukan.

  • Darsono (1995)

Pengertian lingkungan yaitu ialah semua benda dan kondisi, termasuk manusia beserta berbagai kegiatannya, yang terkandung dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.

  • St Munajat Danusaputra

Lingkungan merupakan semua benda dan kondisi yang termasuk di dalamnya manusia dan segala kegiatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik yang lain.

Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan di akibatkan dengan 2 faktor, baik faktor secara alami atau karena tangan jahil manusia. Pentingnya lingkungan terawat terkadang dilupakan oleh manusia, dan bisa membuat ekosistem dan bukan maksimum hidup di lingkungan itu.

Penyebab kerusakan Lingkungan

Berikut ini adalah faktor penyebab kerusakan lingkungan, baik secara alami maupun di sebabkan oleh perbuatan manusia, yaitu :

  • Faktor Alami

    Bencana alam dan cuaca yang tidak baik menjadi penyebab kerusakan lingkungan. Ini dapat menjadi bencana alam banjir, tanah longsor, tsunami, letusan gunung berapi, tornado, badai, gempa bumi atau. Selain berbahaya bagi manusia serta makhluk yang lainnya, bencana ini akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

  • Faktor buatan

    Manusia sebagai makhluk yang cerdas dan memiliki kemampuan tinggi jika di bandingkan dengan makhluk yang lain akan terus berkembang dari gaya hidup sederhana menuju kepada kehidupan modern. Dengan perkembangan kehidupan, tentu saja, juga perlu sangat diperluas, salah satunya eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan.

Kerusakan lingkungan akibat faktor manusia yaitu seperti penenbangan liar yang menyebabkan banjir atau tanah longsor, dan pembuangan limbah di tempat terutama aliran sungai dan laut akan membuat pencemaran lingkungan.

Upaya Pelestarian Lingkungan

Upaya pelestarian lingkungan

Adapun cara mencegah atau menjaga keseimbangan lingkungan ada beberapa cara, yaitu diantaranya :

  • Penanaman kembali hutan gundul (Reboisasi)
  • Tidak membuang limbah maupun sampah di sembarang tempat
  • Adanya tindakan tegas dari pemerintahan seperti memberi sanksi tegas terhadap pelaku pencemar lingkungan
  • Menghentikan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan
  • Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian tanah, air, udara, dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya lingkungan yang sehat yang tentunya agar tercipta lingkungan yang sehat bagi manusia maupun mahkluk hidup lainnya kita harus menjaga dan mencegah tindakan yang akan merusak lingkungan.

Artikel lainnya :