Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli – Lingkungan hidup adalah suatu wilayah yang menjadi tempat dari berlangsungnya  berbagai macam interaksi sosial diantara  kelompok beserta juga pranatanya dengan simbol serta nilai. untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup ialah segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup terutama manusia dan berhubungan timbal balik Lawan dari lingkungan hidup yaitu lingkungan buatan, yang meliputi wilayah dan berbagai komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Selain itu, Makhluk hidup dan lingkungannya menjadi  dua hal yang tidak akan terpisahkan serta saling membutuhkan, yakni maksudnya makhluk hidup membutuhkan tempat atau lingkungan untuk hidup dan lingkungannya membutuhkan perawatan dari makhluk hidup terutama manusia. Hamparan lautan, danau, sungai, samudera, bukit, pegunungan, dan masih banyak lagi lagi yang mana semuanya ini adalah bagian dari lingkungan alam.

Lingkungan alam merupakan salah satu bagian dari lingkungan hidup itu sendiri. Selain itu, lingkungan hidup mencakup seluruh lingkungan alam ialah yakni seperti lingkungan fisik, biologi, dan juga sosial. Maka hal inilah mengapa pengertian lingkungan hidup tersebut lebih luas jika dibanding dengan lingkungan alam.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertian Lingkungan Hidup, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Jonny Purba

Lingkungan hidup adalah suatu wilayah yang menjadi tempat dari berlangsungnya  berbagai macam interaksi sosial diantara  kelompok beserta juga pranatanya dengan simbol serta nilai.

  • Sri Hayati

Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan bermacan-macam benda serta keadaan makhluk hidup. Yang termasuk di dalamnya adalah manusia serta juga perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

  • Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup ialah seluruh aspek kondisi eksternal biologis, yang mana organisme hidup dan ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme tersebut.

  • Otto Semarwoto

Lingkungan hidup ialah seluruh benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang mempengaruhi kehidupan kita.

  • Bintarto

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik itu dalam benda maupun non-benda yang bisa mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan manusia.

  • Munajat Danu Saputra

Lingkungan hidup adalah benda dan juga kondisi yang termasuk di dalamnya manusia dan juga kegiatan, yang ada didalam ruang yang mana manusia ada didalamnya serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

  • Emil Salim

Lingkungan hidup adalah keseluruhan benda, kondisi, dan keadaan, serta pengaruh yang terdapat dalam suatu ruangan yang manusia ada di dalamnya atau manusia tempati serta juga mempengaruhi hal yang hidup termasuk didalam kehidupan manusia.

  • UU Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup terutama manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan kehidupan, serta kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

  • Soedjono

Lingkungan hidup merupakan lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam yang mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Lingkungan Hidup. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :