Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli – Lingkungan kerja merupakan suatu tempat orang-orang berkerja atau tempat melakukan pekerjaan. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja merupakan suatu tempat orang-orang berkerja atau tempat melakukan pekerjaan. Lingkungan kerja sangat membutuhkan perhatian khusus karena di sanalah yang dapat menetukan hasil produksi yang akan di dapatkan. Lingkungan yang aman dan nyaman akan dapat membuat pekerjaan lebih mudah di lakukan dan mendapat hasil yang baik yang sesuai dengan yang di harapkan oleh perusahaan.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendaoat dari beberapa ahlimengenai pengertian lingkungan kerja, adapun para ahli tersebut diantaranya :

1. Schultz & Schultz (2006) 

Menurut mereka berdua, Lingkungan kerja ialah suatu kondisi yang berkaitan dengan ciri-ciri dari tempatnya melakukan pekerjaan terhadap prilaku dan sikap yang di berikan pekerja di mana hal itu berhubungan dengan proses terjadinya berbagai perubahan psikologis yang di sebabkan oleh hal yang di alami di dalam pekerjaannya atau di dalam kondisi tertentu yang perlu mendapat perhatian yang lebih oleh organisasi yang bisa memberikan kebosanan dalam berkerja, kerja yang selalu monoton serta kelelahan kerja.

2. Lewa & Subowo (2005) 

Mereka berpendapat bahwa lingkungan kerja harus mempunyai desain yang sedemikian rupa supaya pekerja bisa menciptakan  hubungan kerja yang mengikat para pekerja terhadap lingkungannya. Lingkungan kerja baru bisa dikatakan baik apabila para pekerja dapat melaksanakan kegiatan berkerja dengan aman, sehat, dan nyaman karena lingkungan kerja yang buruk bia memberikan dampak yang buruk pula bagi perusahaan karena membuat para pekerjanya tidak dapat berkerja secara optimal.

3. Sedarmayati (2009:21) 

Menurut Sdarmayati, Lingkungan kerja yakni sebagai alat perkakas dan juga bahan yang di hadapi, lingkungan di sekitarnya yang mana sebagai temapt pekerja berkerja, metode kerjanya, dan peraturan kerjanya baik dia melakukannya perseorangan ataupun berkelompok.

4. Alex S. Nitisemito (2000:183) 

Menurutnya, Lingkungan kerja yakni ialah segala sesuatu yang berada di sekitar para pekerja yang sangat berperan penting dan bisa mepengaruhi diri pekerja tersebut dalam menjalankan tugas-tugas yang di berikan oleh perusahaan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Adapun manfaat dari lingkungan kerja yakni ialah menciptakan semangat kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja ada peningkatan. Manfaat yang didapat karena bekerja dengan orang-orang yang termotivasi yakni adalah pekerjaan bisa terselesaikan dengan tepat, artinya pekerjaan akan diselesaikan sesuai standar yang benar dan dalam skala waktu yang telah ditentukan. Produktivitas dan prestasi kerjanya akan dipantau oleh seseorang yang bersangkutan dan tidak akan menimbulkan yang terlampau banyak pengawasan serta semangat juangnya meningkat.

Jenis Lingkungan Kerja

Secara garis besar, jenis lingkungan kerja terbagi menjadi dua yakni sebagai berikut :

Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik yakni ialah semua keadaannya berbentuk fisik yang terdapat disekitar tempat kerja yang bisa mempengaruhi  pekerja secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan kerja fisik terbagi menjadi 2 kategori yakni sebagai berikut :

  1. Lingkungan kerja yang secara langsung berhubungan dengan para pekerja seperti pusat kerja, kursi meja dan lainnya.
  2. Lingkungan perantara atau lingkungan umum bisa juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi para pekerja misalnya seperti temperatur, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, warna dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar memperkecil pengaruh lingkungan fisik yang di rasakan oleh karyawan, maka langkah yang pertama harus mempelajari manusia, baik itu yang berkenaan dengan fisik dan tingkah lakunya, kemudian digunakan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik.

Lingkungan Kerja Non Fisik

Lingkungan kerja non-fisik yakni ialah suatu keadaan yang terjadi yang berkenaan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan pimpinan maupun hubungan dengan sesama rekan kerja maupun hubungan dengan bawahan.

Perusahaan harusnya bisa mencerminkan kondisi yang mendukung kerja sama antar tingkat atasan, bawahan maupun yang memiliki status yang sama. Kondisi yang harusnya diciptakan oleh setiap perusahaan yakni suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan pengendalian diri, jadi lingkungan kerja non fisik ini juga ialah kelompok lingkungan kerja yang tidak dapat diabaikan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Parhli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :