Pengertian Malaikat – Tugas dan Sifat Sifat Malaikat

Posted on

Pengertian Malaikat – Sebagai Seorang yang beragama Islam sudah sepatutnya kita muslim kita mengetahui dan meyakini adanya malaikat. Karena Iman kepada malaikat juga menjadi rukun iman yang ke-2 dari 6 iman yang harus di yakini bagi umat islam. Untuk itu kita harus mempelajari Apa Arti dari malaikat apa saja tugas dan sifat sifatnya, Untuk itu simaklah pembahasan kami mengenai Malaikat mulia dari Pengertian Malaikat, Tugas-Tugas Malaikat dan Sifat-Sifat Malaikat di bawah ini.

Pengertian malaikat

Pengertian Malaikat

Malaikat atau dalam Bahasa Arab yaitu Malaikah merupakan makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah. Malaikat adalah ciptaan Allah yang ghaib, yang tidak memiliki nafsu dan pikiran, tidak memiliki orang tua, juga tidak beranak. Malaikat hanya patuh terhad

ap apa apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Sebenarnya Malaikat Allah SWT sangatlah banyak, tapi yang wajib diimani hanya 10.

10 Malaikat dan Tugasnya

Berikut ini adalah Malaikat beserta tugas-tugasnya harus kita tahu, yaitu :

  1. Jibril : Menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul Allah
  2. Mikail : Memberi rezeki kepada manusia
  3. Israfil : Meniup sangkakala pada hari kiamat
  4. Izrail : Mencabut nyawa
  5. Munkar : Menanyakan dan memeriksa amal manusia di alam kubur
  6. Nakir : Menanyakan dan memeriksa amal manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar
  7. Raqib / Rokib : Sebagai pencatat amal baik setiap manusia pada saat disunia atau semasa hidup
  8. Atid / Atit bertugas mencatat perbuatan buruk setiap manusia saat masih hidup
  9. Malik : Sebagai penjaga pintu neraka
  10. Ridwan : Sebagai penjaga pintu surga

Sifat-Sifat Malaikat

Sama seperti manusia dan jin, malaikat juga memiliki sifat namun sangatlah jauh perbedaan antara sifat malaikat dibandingkan dengan manusia dan jin, adapun sifat-sifat malaikat yaitu ialah :

  • Selalu Bertasbih Kepada Allah SWT Siang dan Malam

Malaikat selain memiliki tugasnya masing-masing, ternyata juga selalu bertasbih siang dan malam tak pernah berhenti.

  • Selalu Takut dan Taat Kepada Allah

Tidak seperti manusia yang seringkali tidak patuh terhadap perintah Allah SWT, Berbeda dengan Malaikat yang selalu takut, tunduk dan taat terhadap Allah SWT.

  • Malaikat Suci dari Sifat Manusia dan Jin

Suci di sini maksudnya yaitu suci dari hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, berdebat, bercanda, dan lain-lainnya.

  • Memiliki Kekuatan dan Kecepatan Cahaya

Malaikat memang makhluk Allah yang diciptakan oleh cahaya (nur) dengan memiliki tugas atau misinya masing-masing. Ternyata, malaikat juga memiliki suatu kuatan yang dahsyat. Tidak hanya diberikan kekuatan, melainkan juga diberi anugerah kecepatan cahaya.

  • Tidak Jenuh dan Tidak Letih

Para malaikat selalu patuh terhadap perintah Allah SWT sehingga mereka selalu beribadah kepada Allah, melakukan ketaatan kepada-Nya, serta melaksanakan perintah-perintah-Nya tanpa merasakan lelah dan bosan, tidak seperti diri manusia.

  • Malaikat Mendengar, Melihat dan Berbicara

Allah juga memberikan karunia kepada malaikat, berupa pendengaran, melihat dan berbicara sehingga mereka bisa berdialog dengan Allah. Dalam berdialog, malaikat tak pernah mendahului perkataanNya.

  • Tidak Pernah Berbuat Maksiat

Malaikat tak pernah berbuat maksiat sama sekali dan akan senantiasa untuk selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan oleh-Allah SWT.

  • Memiliki Sifat Malu

Malaikat juga memiliki sifat malu, Seperti dalam hadits yang berbunyi :

Nabi Muhammad bersabda, “Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya”.” (HR Muslim).

  • Terganggu oleh Bau yang Tidak Sedap, Anjing, Hingga Patung

Para malaikat tidak suka dengan aroma yang bau. Tidak hanya itu saja, gonggongan anjing juga menjadi salah satu pertanda adanya setan, serta keberadaan dari patung sendiri seperti berhala atau menyerupai makhluk hidup, sehingga malaikat enggan datang ke rumah yang ada anjing dan patungnya.

  • Tidak Makan dan Minum

Berbeda dengan manusia para malaikat tidak akan pernah merasakan lapar dan haus, sehingga mereka tidak makan dan minum.
Seperti yang dijelaskan dalam surat Az Zariyat ayat 27-28.

Terjemahan surat Az Zariyat ayat 27 : “Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata : “Silakan Anda makan”.

Terjemahan surat Az Zariyat ayat 28 : “(Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata : “Janganlah kamu takut”, dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak).

  • Mampu Berubah Wujud

Walaupun memang benar jika malaikat itu adalah makhluk ghaib, ternyata malaikat juga bisa mengubah wujudnya sendiri menjadi rupa orang lain. Tentunya atas kehendak Allah SWT.

  • Merasakan Kematian

Sebagai makhluk yang diciptakan, malaikat juga akan merasakan Kematian.

Seperti yang dijelaskan dalam Q.S Al Qasas ayat 88.

Artinya : “Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

  • Memiliki Ilmu

Allah SWT membebani para malaikat dengan berbagai macam tugas baik itu di langit dan di bumi. Oleh karena itu, maka malaikat dibekalai ilmu, berkenaan dengan tugas yang berikan kepada mereka.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Malaikat, Tugas Tugas Malaikat dan Sifat-Sifat Malaikat. Semoga bisa menambah Iman kita kepada Allah SWT. Amiin.

Artikel lainnya :

5.0
01