Pengertian Manajemen Menurut Ahli dan Etimologi Beserta Teori dan Fungsi

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian manajemen menurut para ahli dan menurut etimologi beserta penjelasan mengenai teori manajemen dan fungsi manajemen. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian manajemen

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah seni menyelesaikan suastu pekerjaan melalui orang lain”

Definisi manajemen menurut Mary Parker Follet memiliki arti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain guna mencapai tujuan organisasi.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya guna mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif memiliki arti bahwa tujuan mampu dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan dengan benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Manajemen belum mempunyai definisi yang luas dan diterima secara universal

Etimologi

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu ménagement, yang mempunyai arti “seni melaksanakan dan mengatur.

Kata manajemen mungkin juga berasal dari bahasa Italia maneggiare yang memiliki arti “mengendalikan,” terutama pada konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”

Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur.

Teori Manajemen

Terdapat 6 macam teori manajamen diantaranya yaitu :

Aliran klasik
Aliran ini mendefinisikan bahwa manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian serta kemampuan manajemen dibutuhkan dalam penerapan fungsi-fungsi tersebut.

Aliran perilaku
Aliran ini banyak disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.

Aliran manajemen Ilmiah
Aliran ini memakai matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif adalah sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.

Aliran analisis sistem
Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.

Aliran manajemen berdasarkan hasil
Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal tahun 1950-an. Aliran ini memfokuskan pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.

Aliran manajemen mutu
Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran usaha-usaha guna mencapai kepuasan pelanggan dan konsumen.

Fungsi

Fungsi manajemen adalah elemen dasar yang selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang ingin dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan seorang industrialis Perancis yang bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, serta mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut sudah diringkas menjadi tiga yaitu:

Perencanaan (planning) yaitu memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan guna menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan bisa di pakai untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi lainnya tak mampu berjalan.

Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer ketika melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang sudah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian bisa dilakukan dengan cara menentukan tugas yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas itu dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

Pengarahan (directing) adalah tindakan untuk mengusahakan agar seluruh anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian manajemen, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :