15 Pengertian Masalah Menurut Para Ahli Dan jenis- Jenis Masalah

Posted on

Pengertian Masalah Menurut Para Ahli – Masalah merupakan kondisi atau situasi yang dapat menghambat individu atau organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di harapkan. Untuk labih jelas lagi kami akan membahas materi makalah definisi mengenai pengertian masalah menurut beberapa ahli. Jadi simaklah pembahasannya di bawah ini.

Pengertian masalah

 

Dalam menjalani kehidupan, kita sebagai manusia tidak akan terlepas dari sebuah masalah baik itu masalah yang rumit maupun masalah yang ringan, Karena itu merupakan hal yang harus ada dalam menjalani kehidupan.

Sebagai manusia, kita tidak bisa terhindar dari masalah. Kebanyakan orang berpendapat bahwasannya masalah itu merupakan sebuah kesialan atau sebuah bencana bagi mereka. Sedangan apabila kita cermati lebih dalam, masalah adalah persoalan yang harus diselesaikan atau dipecahkan

Di sisi lain sebenarnya sebuah masalah dapat menjadi suatu bentuk peluang untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada diri. Karena dengan adanya masalah secara tidak langsung memaksa kita untuk berpikir mengenai cara penyelesaian atau memecahkan masalah yang menimpa tersebut, Naum tak bisa di pungkiri, ada sebagian kecil orang karena tertimpa masalah menjadikan dia berbuat buruk atau melakukan hal yang negatif itu dikarekan orang tersebut tidak dapat memecahkan masalah dengan baik.

Pengertian Masalah Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah Pengertian Masalah menurut beberapa pendapat ahli, diantaranya :

  • Irmansyah Effendi

Masalah adalah salah satu bentuk pelajaran ketika anda sadar, sebagai kesadaran jiwa anda dapat melihat dengan mudah berbagai kelemahan dan masalah dalam kehidupan anda.

  • Kartini Kartono

Masalah merupakan kondisi atau situasi yang memiliki karakteristik yang belum mapan atau belum diketahui untuk selesaikan atau diketahui secara pasti.

  • Mustika Zed

Masalah merupakan sesuatu yang belum ditemukan cara penyesaiannya atau jawabannya, yang menjadi teka-teki yang menuntut pemecahan (penelitian) ilmiah, karena untuk menemukan jawabannya hanya mungkin didapatkan melalui penelitian atau cara kerja ilmiah.

  •  Notoadmojo

Masalah yakni merupakan suatu kesenjangan antara apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang sudah terjadi tentang suatu hal atau kesenjangan antara kenyataan yang terjadi dengan yang seharusnya terjadi serta harapan dan kenyataannya dari masalah tersebut.

  • Hudojo

Masalah adalah salah satu bentuk pertanyaan kepada seseorang yang dimana orang tersebut tidak mempunyai hukum yang bisa digunakan dengan segera untuk menemukan jawaban dari pertanyaan (masalah) tersebut.

  • Dorothy Craig

Masalah merupakan situasi yang akan datang yang tidak diharapkan.

  • James Stoner

Masalah merupakan kondisi atau situasi yang dapat menghambat organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di harapkan.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Seperti yang telah tercantum dalam kamus besar bahsa indonesia, yakni masalah adalah sesuatu yang harus dipecahkan atau diselesaikan.

  • Roger Kaufman

Masalah merupakan suatu kesenjangan yang harus rahasiakan antara hasil yang telah  dicapai pada saat ini atau sebelumnya dengan hasil yang diharapkan.

  • Abdul Cholil

Masalah merupakan salah satu dari  bagian kecil dalam kehidupan, Karena setiap manusia pasti akan memiliki atau menghadapi masalah baik dari kesalahan diri sendiri atau bersumber dari orang lain.

  • Jeffey Liker

Masalah adalah salah satu peluang untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

  • Richard Carlson

Masalah merupakan sarana terbaik dalam  melatih diri sehingga hati menjadi lebih terbuka. Selain itu masalah juga merupakan bagian penting yang harus ada dalam kehidupan maunusia.

  • Prajudi Atmosudirjo

Masalah adalah sesuatu yang menyimpang dari apa yang telah diharapkan, direncanakan dan ditentukan untuk dicapai sehingga masalah menjadi rintangan atau tantangan menuju tercapainya sebuah tujuan tersebut.

  • Istijanto

Masalah adalah salah satu bagian yang paling utama dan terpenting dalam proses riset, karena masalah dapat memberikan pedoman jenis informasi yang nantinya akan dicari penyelesaiannya.

  • Alinis Ilyas

Masalah adalah kesenjangan antara apa yang seharusnya dengan apa yang terjadi pada kenyataan. Dengan kata lain, masalah merupakan bentuk kesenjangan antara teori dengan kenyataan atau kenyataan dengan kenyataan.

Jenis Masalah

Dalam kehidupan ini kita akan dan telah menjadi kepastian akan datangnya masalah yang dimana masalah tersebut harus kita hadapi dengan bijak dan berusa untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah tersebut, Adapun masalah yang akan kita hadapi nanti berupa masalah yang rumit dan masalah yang sederhana, Adapun definisi mengenai kedua jenis masalah tersebut akan kita bahas di bawa ini.

  • Masalah sederhana

Masalah sederhana adalah bentuk masalah yang relatif mudah untuk depecahkan karena tidak memiliki sangkut paut dengan masalah yang lain serta tidak memiliki konsekuensi yang besar. Cara menyelesaikan jenis masalah ini tidak memerlukan pemikiran yang luas dan mendalam seta bisa diselesaikan secara individu.

  • Masalah rumit

Kemudian jenis masalah yang kedua yakni masalah rumit atau masalah kompleks yang memiliki skala besar karena memiliki kaitan erat dengan masalah yang lainnya serta memikili konsekuensi yang besar. Adapun cara pemecahan masalah ini membutuhkan pemikiran keras atau analisis yang tepat.

Ada dua jenis dari masalah rumit ini yakni terstruktur dan tidak terstruktur. Masalah terstruktur maksudnya adalah masalah yang jelas penyebabnya karena sering terjadi sehingga pemecahannya sudah dapat diprediksi. Adapun maksud dari masalah tidak terstruktur yakni masalah yang tidak jelas penyebab dan konsekuensinya, karena bukan jenis masalh yang sering terjadisehingga sulit untuk di prediksikan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Masalah, Semoga dengan adanya artikel ini bisa kita mengambil suatu kesimpulan yang baik, Agar menjadikan kita menjadi manusia yang bijak di kala ada masalah yang datang atau ada masalah yang harus kita hadapi.

Artikel lainnya :