12 Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli – Mengajar merupakan bentuk dari usaha yang bertujuan menciptakan suatu system lingkungan yang memungkinkan untuk terjadinya proses belajar dengan sebaik-baiknya. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas Materi Makalah Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli

Pengertian Mengajar

Mengajar adalah suatu kemampuan yang harus di miliki oleh para pengajar atau guru, dan ilmu yang di pelajari yakni untuk menambah kemampuan dalam mengajar yang tentunya kemampuan tersebut digunakan untuk menghadapi anak didik yang mereka semua memiliki karakter yang beranekaragam, serta kemampuan dan keinginan yang pastinya berbeda-beda.

Pengajar di haruskan untuk bisa mengkomodir keinginan yang di miliki oleh semua anak didiknya. Setiap pengajar di harapkan bisa mengerti karakter dari setiap anak didik yang di ajarkannya supaya anak didiknya tersebut mampu untuk menangkap pelajaran yang di berikan si pengajar.

Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli

berikut ini merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian mengajar, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Usman (1994:3)

Mengajar ialah membimbing siswa dalam aktivitas belajar & mengajar atau denagn kata lain bahwa mengajar adalah suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik yang mana bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar.

  • Nasution (1982:8)

Mengajar merupakan segenap kegiatan kompleks yang dilakukan oleh guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungan dengan sebaik-baiknya yang kemudian menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar dan mengajar.

  • HR Ibn Abdil-Barr

Mengajar merupakan cara yang terbaik untuk bersedekah. Mengajarkan ilmu bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • George Picket & John J. Hanlon

Mengajar merupakan sebuah profesi dan juga keterampilan. Tidak semua orang bisa mendapatkan tantangan seperti itu karena berdasarkan kepada pelatihan, temperamen, dan juga pengalamannya.

  • Roymond H. Sinamora

Mengajar merupakan bentuk prilaku yang kompleks. Prilaku kompleks dalam mengajar di artikan sebagai penggunaan secara integratif komponen yang ada pada tindakan mengajar untuk bisa menyampaikan pesan pengajaran.

  • Nana Sudjana (1989:29)

Mengajar adalah suatu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang berada di sekitar anak didik sehingga bisa menumbuhkan & mendorong siswa melakukan proses belajar dan mengajar.

  • Gulo

Mengajar merupakan bentuk dari usaha yang bertujuan menciptakan suatu system lingkungan yang memungkinkan untuk terjadinya proses belajar dengan sebaik-baiknya.

  • Hamalik (2001:44-53)

Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan kepada anak didik, usaha mengorganisasi lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi siswa, memberikan bimbingan belajar kepada murid, mewariskan kebudayaan kepada generasi muda, kegiatan yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik, suatu proses membantu siswa dalam menghadapi kehidupan di lingkungan masyarakat sehari-hari.

  • Highet, 1954

Mengajar adalah bentuk “menjadi” ataupun “Tidak dijadikan”, nilai-nilai yang di miliki oleh setiap pengajar di luar dari garapan ilmiah, emosi, dan itu sebabnya mengajar diartikannya sebagai suatu seni bukanlah ilmu.

  • Doni Koesoema A

Mengajar merupakan suatu panggilan dan tugas suci di dalam kehidupannya.

  • Muhammad Ali (1992:12)

Mengajar merupakan bentuk yang disengaja dalam rangka memberi kemungkinan bagi peserta didik untuk terjadinya proses belajar sesuai dengan tujuan yang sudah dirumuskan. Sasaran yang terakhir dari proses pembelajaran yakni ialah siswa belajar dengan upaya yang disengaja & penuh dengan rasa tanggung jawab untuk mencapai tujuan.

Tujuan akan bisa tercapai dengan melalui proses pembelajaran, belajar terjadi dengan berbagai cara seperti guru langsung mengajar di dalam kelas atau bisa juga dengan menggunakan alat pembelajaran lain.

  • Rohani (2004)

Mengajar adalah sebuah proses membimbing pengalaman belajar. Pengalaman itu sendiri hanya bisa didapat apabila siswa dengan keaktifannya sendiri bereaksi terhadap lingkungannya. Misalnya seperti jika seorang siswa ingin memecahkan masalah maka ia perlu berpikir menurut langkah-langkah tertentu.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli. Semoga menambah wawasan kita.

Artikel lainnya :