Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli – Modernisasi merupakan sebuah proses perubahan dari suatu perubahan ke arah yang lebih baik, maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan. Untuk lebih jelasnya lagi maka simkalah Materi Makalah Pengertian Modernisasi Menurut Beberapa Ahli di bawah ini.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Modernisasi

Modernisasi dalam ilmu sosial lebih mengarah kepada sebuah bentuk perubahan dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang menuju arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, sejahtera dan makmur.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai pengertian modernisasi, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Ahmad Baso

Modernisasi merupakan suatu peristiwa yang akhirnya akan membawa kepada musnahnya perbedaan dasar antara ruang privat dan ruang publik yakni tenggelamnya kedua-duanya.

  • Wijoyo Nitisastro

Menurut Wijiyo, Modernisasi merupakan suatu proses perubhaan secara total dari kehidupan bersama yang bersifat tradisional dalam arti teknologi suatu organisasi sosial menuju arah pola-pola ekonomi dan politis.

  • Abdul Syam

Modernisasi merupakan sebuah proses perubahan dari suatu perubahan ke arah yang lebih baik, maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan.

  • Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Modernisasi usaha merupakan untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dengan dunia yang sekarang.

  • Alvin Hadiwono

Modernisasi merupakan era puncak kebudayaan inderawi.

  • Soerjono Soekanto

Menurutnya, Modernisasi merupakan suatu bentuk dari perubahan sosial, yakni perubahan sosial yang lebih terarah (directed change) dan didasarkan oleh suatu perencanaan (social palnning).

  • Ougburn dan Nimkoff

Modernisasi merupakan sebuah usaha untuk mengarahkan masyarakat agar bisa memproyeksikan diri kemasa depan yang nyata dan bukan hanya angan-angan yang semu.

  • Schoorl

Modernisasi merupakan penggantian teknik produksi dari cara yang tradisional ke cara-cara yang tertampung dalam Revolusi Industri.

  • Astrid S. Susanto

Modernisasi merupakan sebuah proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan dan kemakmuran.

  • Wibert E. Moore

Modernisasi merupakan suatu perbuhan secara total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh berbagai negara bagian Barat yang telah stabil.

  • R. Soekmono

Modernisasi merupakan zaman yang coraknya ditentukan oleh pengaruh Eropa Barat

  • Diderot

Modernisasi merupakan kehadiran manusia yang menaruh kepentingan diatas makhluk yang lainnya.

  • Alex Thio

Modernisasi merupakan sebuah bentuk perubahan sosial yakni berupa perubahan yang bermula masyarakat pertanian kemudian menjadi masyarakat industri.

  • Harold Rosenberg

Modernisasi merupak suatu tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau telah sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat.

  • Giddens

Giddens mendefinisikan modernitas dilihat dari empat dimensi mendasar, yaitu sebagai berikut :

    1. Kapitalisme, yang mana hal ini ditandai oleh produksi komoditi, tenaga kerja tanpa ada property, pemilikan pribadi atas modal, dan sistem kelas yang berasal dari ciri-ciri tersebut.
    2. Industrialisme, yang mana dalam hal ini melibatkan penggunaan sumber daya alam (SDA) dan mesin atau alat  untuk memproduksi barang. Industralisme tersebut tidak hanya terbatas oleh tempat berkerja dan industrialisme bisa berpengaruh pada sederetan lingkungan lain seperti transportasi, komunikasi, hingga kehidupan rumah tangga.
    3. Kemampuan pengawasan yang mana dalam hal ini megacu kepada pengawasan atas kegiatan warga negara individual dalam bidang politik misalnya trafic camera, satelite, dan CCTV.
    4. Kekuatan militer, yakni pengendalian atas alat-alat kekerasan, ialah politik pemerintah di dalam mengambil alih seluruh instrumen kekerasan, ini bertujuan agar masyarakat sipil tidak boleh menggunakan kekerasan kecuali pemerintah, termasuk juga pada industrialisasi peralatan perang.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Modernisasi Mneurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :