15 Pengertian Moral Menurut Para Ahli, Secara Umum, dan Etomologi

Posted on

15 Pengertian Moral Menurut Para Ahli – Moral merupakan suatu hukum tingkah laku yang di tetapkan kepada setiap manusia agar dapat bersosialiasi dengan baik dan benar agar terjalinnya rasa saling menghormati. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas materi tentang moral Mulai dari Pengertian Moral Secara Umum, Pengertian Moral Secara Etomologi, dan Pengertian Moral Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawa ini.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Moral

Secara umum, Moral merupakan suatu hukum tingkah laku yang di tetapkan kepada setiap manusia agar dapat bersosialiasi dengan baik dan benar agar terjalinnya rasa saling menghormati. Kata moral selalu mengacu pada baik dan buruknya prilaku manusia (akhlak).

Pengertian Moral Secara Etomologi

Moral (Bahasa Latin Moralitas) merupakan kata istilah untuk manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam prilaku yang bernilai positif . Adapun manusia yang tidak mempunyai moral maka manusia itu disebut dengan amoral yang memiliki arti dia “tidak bermoral” dan tidak mempunyai tingkah laku bernilai positif di mata manusia(orang) lainnya.

Jadi moral adalah hal mutlak yang mesti dimiliki oleh setiap manusia. Moral secara ekplisit merupakan hal-hal yang menyangkut dengan proses sosialisasi individu tanpa adanya moral manusia tidak akan bisa melakukan proses sosialisasi.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendapat dari beberapa ahli mengenai pengertian moral, Adapun para ahli tersebut diantaranya;

  •  Chaplin (2006)

Menurut Chaplin, moral menunjukan pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau berhubungan dengan hukum dan adat (kebiasaan) yang mengatur prilaku.

  • Dian Ibung

Menurut Dian Ibung, pengertian dari moral adalah nilai (value) yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang.

  • Merriam-webster

Menurut Merriam webster yang dimaksud dengan moral yaitu hal-hal yang berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia dan masyarakat, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang jika prilakunya sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada suatu kelompok atau masyarakat tersebut.

  • Hurlock (1990)

Menurut Hurlock, moral adalah prilaku sopan santun, adat istiadat, kebiasaan,  dan aturan tingkah laku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

  • Imam Sukardi

Menurut Imam Sukardi, moral merupakan prilaku baik yang disesuaikan dengan ukuran ukuran tindakan yang diterima oleh masyarakat atau umum, mencakup kesatuan sosial ataupun lingkungan tertentu.

  • W. J. S. Poerdarminta

W. J. S. Poerdarminta mengatakan bahwa ajaran moral terlihat dari perbuatan baik, buruk dan perilaku.

  • Dewey

Dewey mengatakan tentang masalah moral yang berhubungan dengan nilai-nilai moral.

  • Baron dkk

Baron dkk mengatakan bahwa moral adalah suatu hal yang terkait dengan pelaranggaran & mendiskusikan benar salahnya tindakan.

  • Wantah (2005)

Menurut Wantah, Moral yaitu suatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan baik buruknya prilaku.

  • Maria Assumpta

Menurut Maria Assumpa, moral adalah aturan aturan mengenai sikap dan perilaku manusia (human behavior) sebagai mana mestinya manusia

  • Sonny Keraf 

Menurut Sonny Keraf, moral dapat digunakan untuk mengetahui kadar baik dan buruknya sebuah prilaku sebagai mana mestinya prilaku manusia didalam anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang mempunyai posisi tertentu atau pekerjaan tertentu.

  • Imam Sukardi

Menurut Imam sukardi, moral adalah kebaikan bahwa seorang pria dengan cara yang diambil oleh aksi bersama.

  • Magnis-Susino

Magnis-Susino Mengukakan bahwa moral selalu merujuk kepada orang miskin sebagai manusia, sehingga aspek moral kehidupan manusia dalam hal kebaikan sebagai manusia.

  • Zainuddin Saifullah nainggolan

Menurut Zainuddin Saifullah nainggolan, yang dimaksud dengan moral adalah kebiasaan spiritual untuk melakukan serangkaian standar untuk mengatur perilaku orang dan masyarakat.

  • Gunarsa

Menurut Gunarsa, moral merupakan seperangkat nilai-nilai berbagai perilaku yang harus diikuti

Demikianlah ulasan kami  mengenai materi Pengertian Moral Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

 

5.0
02