Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian morfologi secara definisi dan menurut beberapa ahli dalam bidangnya, Untuk lebih lengkapnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian morfologi

Definisi Morfologi

Dalam bahasa Indonesia memiliki berbagai bentuk. Kata sedih, gembira, dan senang yaitu suatu morfem. Kata bersedih, bergembira, dan bersenang adalah dua morfem, yaitu morfem ber- sebagai afiks, dan morfem sedih yaitu bentuk dasarnya begitu juga dengan morfem bergembira dan bersenang terdiri atas dua morfem.

Kata senang-senang terdiri atas dua morfem yaitu morfem senang sebagai bentuk dasar yang diikuti oleh senang sebagai morfem ulang. Semua yang berhubungan denngan bentuk kata itu yang menjadi objek dari suatu ilmu disebut dengan morfologi.

Morfologi digunakan pada berbagai cabang ilmu. Secara harafiah, morfologi memiliki arti ‘pengetahuan tentang bentuk’ (morphos).

Berikut beberapa ilmu yang memakai nama morfologi:

  • Morfologi (linguistik)
    Suatu bidang ilmu linguistik yang mengkaji pembentukan kata atau morfem dalam suatu bahasa.
  • Morfologi (biologi)
    Ilmu yang mempelajari bentuk organisme, terutama hewan dan tumbuhan yang mencakup bagiannya.
  • Geomorfologi
    Ilmu yang mempelajari batuan dan bentuk luar bumi.

Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian tentang morfologi menurut para ahli yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Berikut adalah pengertian morfologi menurut ahli

Zaenal Arifin dan Juaiyah
Memberikan pengertian bahwa morfologi yaitu ilmu bahasa tentang seluk-beluk bentuk struktur kata.

J. W. M. Verhaar
Memberikan pengertian bahwa morfologi merupakan salah satu cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal tulisan.

Ramlan
Memberikan pemahaman morfologi yaitu bagian dari ilmu bahasa yang khusus membicarakan struktur kata dan pengaruh perubahan-perubahan struktur kata kepada arti kata.

Nida (dalam Syahwin Nikelas; 1993)
Menyertakan bahwa morfologi merupakan kajian tentang morfem-morfem dan penyusunan morfem pada pembentukan kata.

Crystal
Morfologi yaitu suatu cabang tata bahasa yang membahas struktur dan bentuk kata, utamanya struktur dan bentuk kata itu melalui penggunaan morfem.

Baue
Mengartikan bahwa morfologi yaitu struktur internal bentuk kata.

Rusmaj
Mengutarakan bahwasanya morfologi merupakan pemabahasan mengenai kata, bagian-bagiannya, dan juga proses terbentuknya kata.

O’Grady dan Dobrovolsky
Mengatakah bahwa morfologi yaitu komponen bahasa generatif transformasional yang khusus membicarakan struktur internal kata, khususnya kata yang bersifat kompleks.

Kridalaksana
Mengatakan bahwa morfologi yaitu suatu bidang linguistik yang mempelajari tentang morfem dan segala kombinasinya dari struktur bahasa.

Verhaar (1996: 97)
Menyatakan bahwa morfologi yaitu cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan yang gramatikal.

Samsuri (1988: 15)
Mendefinisikan morfologi sebagai cabang linguistik yang mempelajari struktur dan bentuk kata.

Ramlan (1978:2)
Morfologi yaitu bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan serta mempelajari seluk beluk antara struktur kata dan pengaruh perubahan struktur kata kepada golongan dan arti kata.

Nida (1974: 1)
Menyatakan bahwa morfologi merupakan kajian tentang morfem dan penyusunan morfem pada rangka pembentukan kata.

Rusmaji (1993: 2)
Morfologi mencakup kata, bagian, dan proses

Dari pengertian morfologi di atas bisa disimpulkan bahwa morfologi yaitu tata kelola bahasa yang dipakai dalam membentuk kalimat, agar sistematis dan juga mudah dicerna oleh khalayak ramai, Karena identik dengan proses dan penggunaannya.

Contoh Morfologi

1. Contoh morfologi pada hewan

Berbagai hewan yang terdapat di muka bumi ini mempunyai cara adaptasinya masing-masing karena menyesuaikan diri dengan lingkungan habitatnya. Berikut ini beberapa contoh morfologi yang terdapat pada hewan:

Morfologi belalang
Belalang merupakan sejenis serangga yang memakan tumbuhan. Belalang mempunyai sepasang antena, dua mata majemuk dan warnanya kecoklatan. Belalang juga mempunyai dua pasang sayap depan yang ukurannya sempit dibandingkan sayap belakangnya.

2. Contoh pada tumbuhan

Tak hanya pada hewan , morfologi merupakan cabang ilmu yang mengupas tuntas terkait bentuk dari tumbuhan juga. Tentunya hewan dan tumbuhan mempunyai karakteristik yang berbeda.

Morfologi tumbuhan
Tempat hidup tumbuhan berbeda-beda mulai dari tempat kering, berair sampai lembab. Tentunya tumbuhan pun beradaptasi sesuai dengan tempat dimana dirinya hidup. Contoh mudahnya yaitu pada kaktus dimana bentuk daun dari kaktus berduri. Hal ini disebabkan karna tumbuhnya kaktus adalah di tempat kering. Selain itu akar kaktus juga panjang dimana memiliki fungsi untuk bisa mencari air di tanah.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian morfologi, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :

 

4.0
03