Pengertian Motivasi

Posted on

Pengertian Motivasi

Pengertian Motivasi – Motivasi adalah sebuah perubahan perasaan yang dapat mendorong dirinya lebih baik lagi untuk memenuhi segala kebutuhannya. 

Pengertian Motivasi

Motivasi sangat di butuhkan oleh banyak orang untuk membuat dirinya lebih baik lagi sehingga cita – citanya akan mudah tercapai.

Fungsi Motivasi

Adapun beberapa fungsi dari motivasi adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Arah yang Ingin Dicapai

Motivasi memiliki fungsi untuk mengarahkan, maksudnya sebuah motivasi akan menunjukan arah yang benar terhadap kegiatan yang di lakukan untuk pencapaian tujuan baik positif maupun  negatif.

2. Menyeleksi Perbuatan

Motivasi sebagai salah satu bahan evaluasi untuk membentuk sebuah penyeleksian perbuatan. Dengan adanya motivasi maka hal – hal yang sekiranya melenceng dari pencapaian tujuan akan di perbaiki sehingga dapat mencapai tujuan yang sebenarnya.

3. Menentukan Cepat atau Lambatnya Suatu Tindakan

Dengan adanya motivasi maka sebuah tindakan dapat di terka hal yang akan terjadi baik cepat atau lambat. Mesin penggerak dalam sebuah tujuan adalah motivasi maka dengan adanya kekuatan individu akan lebih terarah lagi tindakannya.

Jenis-Jenis Motivasi

Beberapa jenis motivasi di antarnya sebagai berikut :

1. Motivasi Intrinsik

Motivasi ini timbul karena keinginan sendiri karena beberapa faktor yang berasal dari dirinya sendiri. Dalam motivasi jenis ini tidak ada lagi pengaruh dari luar karena segala tujuan sudah ada di dalam  pikiran masing – masing.

Adapun beberapa contoh dari motivasi ini adalah sebagai berikut : seorang yang memiliki ketrampilan ingin bekerja untuk memenuhi kehdiupannya sendiri. Ini adalah sebuah bentuk motivasi yang timbul dari diri sendiri tanpa melibatkan orang lain.

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivai ini merupakan motivasi yang timbul karena dorngan dari orang lain atau dari luar darinya dengan tujuan tertentu. Motivasi ini seperti halnya saat anda bekerja kemudian ada klasifikasi untuk naik jabatan dengan jam kerja sekian lalu anda giat bekerja untuk mencapai kenaikan jabatan tersebut.

Dalam hal ini sebenarnya motivasi yang terbaik adalah datang dari diri sendiri. Pasalnya dirinya paling mengerti beberapa hal yang akan di inginkan sehingga semuannya sesuai dengan keinginan.

Faktor-Faktor Motivasi

Beberapa faktor mengenai maotivasi adalah sebagai berikut :

1. Faktor Internal (Intern) Pengertian Motivasi

Pengertian Motivasi

Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri seseorang. Adapun beberaapa hal mengenai faktor internala adalah sebagai berikut :

Harga diri dan Prestasi

Ini merupakan sebuah  motivasi yang timbul dari dalam dirinya mengenai hal – hal yang dia kembangakan sendiri demi mencapai tujuan yang dapat meningkatkan harga dirinya.

Kebutuhan

Faktor ini sering kali terjadi karena dirinya terdsak untuk melakukan sesuatu. Sehingga adanya sebuah tindakan dapat di karenakan oleh kebutuhan yang harus di penuhi dalam waktu lama atau dekat.

Harapan

Harapan dalam hal ini adalah keinginan yang timbul dari dalam seseorang yang bisa membuat dirinya mampu bertindak sesuai keinginan dengan tujuan tertentu.

Tanggungjawab

Faktor ini merupakan suatu hal yang menjadi beban dalam dirinya yang biasanya akan membuat dirinya harus bertindak agar beban tersebut ringan.

Kepuasan kerja

Umumnya kepuasan kerja ini di inginkan oleh seseorang dalam meningkatkan kualittas kerjanya agar lebih baik lagi sehingga dirinya dapat pencapaian –pencapaian tertentu.

2. Faktor Eksternal (Ekstern)

Faktor eksternal dalam hal ini merupakan faktor yang berasal dari luar dirinya entah itu dipengaruhi oleh orang lain atau organisasi. Adapun beberapa hal yang masuk dalam faktor eksternal adalah sebagai berikut :

Jenis dan sifat pekerjaan

Pengertian MotivasiPengertian Motivasi

Faktor ini merupakan hal yang memotivasi seseorang karena pekerjaan tertentu dengan jenis dan sifat yang di inginkan oleh pimpinan. Hal ini sangat  mempengaruhi gaji atau imbalan yang di dapat oleh para pekerjannya.

Kelompok kerja

Kelompok kerja akan mempengaruhi seseorang mau tidak mau harus melakukan peningkatan kerja agar semuanya berjalan dengan lancar.

Kondisi kerja

Faktor ini akan  meingkatkan motivasi seseorang untuk lebih baik lagi karena demi menjalankan tugasnya dengan baik.

Keamanan dan keselamatan kerja

Faktor ini membuat motivasi akan timbul dengan sendirinya sehingga orang tersebut dapat melakukan pekerjaan dengan aman.

Hubungan interpersonal

Hubungan ini merupakan sebuah hubungan antar teman atau dengan atasan. Seseorang dalam hal ini perlu adanya motivasi untuk lebih di hargai dan menghargai sebuah organisasi yang harmonis.

Itulah beberapa hal yang sangat penting mengenai pengertian motivasi yang dapat praktekan di kehidupan sehari – hari.

FAQ

Apa itu motivasi?

Motivasi adalah sebuah perubahan perasaan yang dapat mendorong dirinya lebih baik lagi untuk memenuhi segala kebutuhannya. 

Apa fungsi motivasi?

1. Menentukan Arah yang Ingin Dicapai
2. Menyeleksi Perbuatan
3. Menentukan Cepat atau Lambatnya Suatu Tindakan

BACA JUGA