Pengertian Musik, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis, dan Fungsi

Posted on

Pengertian Musik, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis, dan Fungsi – Musik yakni merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu serta keharmonisan, suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan sebuah irama.  Untuk lebih jelasnya kami kan membahas secara lengkap mengenai Materi makalah definisi musik ini mulai dari Pengertian, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis, dan fungsi. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Musik

Pengertian Musik

Musik yakni merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu serta keharmonisan, suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan sebuah irama. Adapun seni musik berasal dari 2 kata yakni “seni” & “musik”, makna seni adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang nyatakan dalam berbagai sarana. Sementara musik yakni adalah hasil pengolahan suara, melodi, harmoni dan ritme, vokal serta tempo.

Unsur-Unsur Musik

Musik

Berikut ini unsur-unsur musik yang membentuk sebuah lagu.
1. Melodi
Melodi sendiri yaitu suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah secara teratur. Melodi sebagai daya tarik dari suatu musik.
2. Irama
Irama adalah pergantian panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama yakni menjadi penentu ketukan dalam musik.
3. Birama
Birama adalah unsur seni yang berupa ketukan ataupun ayunan berulang-ulang yang hadir dengan teratur dalam waktu yang bersamaan. Adapun birama yang nilai penyebut nya genap maka disebut birama bainar, sementara birama yang penyebut nya ganjil disebut birama tenair.
4. Harmoni
Harmoni adalaha sekumpulan nada yang mana jika dimainkan bersama-sama akan menghadirkan bunyi yang dapat dinikmati (didengar). Selain itu harmoni juga dapat diartikan dengan suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras & dimainkan sebagai iringan musik.
5. Tangga Nada
Tangga Nada ialah deret nada yang disusun bertingkat, ada dua jenis tangga nada yakni tangga nada diatonis & pentatonis. Tangga nada diatonis sendiri tersusun dari tujuh buah nada dengan dua jarak (1/2 & 1), sementara pentatonis tersusun dari lima buah nada dengan jarak tertentu.
6. Tempo
Tempo yakni ialah ukuran kecepatan birama lagu yang apabila makin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Ada delapan kategori tempo:

  • Adagio (Lambat)
  • Lento (Lebih Lambat)
  • Largo (Lambat Sekali)
  • Allegro (Cepat)
  • Andante (Sedang)
  • Moderato (Sedang Agak Cepat)
  • Vivace (Lebih Cepat)
  • Presto (Cepat Sekali).
7. Dinamika
Dinamika yakni ialah tanda untuk memainkan sebuah nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika ini sangatlah penting dalam musik karena dapat menunjukan nuansa dari sebuah lagu (senang, riang, agresif, datar, dan yang lainnya).
8. Timbre
Timbre yakni ialah kualitas atau warna bunyi. Timbre sendiri sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup berbeda dengan alat musik petik, walaupun dimainkan pada nada yang sama.
9. Ekspresi
Ekspresi yakni merupakan ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melalui ekspresi, seperti ekspresi sedih, senang, gembira, romantis, dll. Maka dari itu penyanyi harus bernyanyi secara total supaya pendengar terbawa suasana.

Jenis-Jenis Musik

Beriku ini merupakan jenis-jenis musik, diantaranya yaitu:

  1. Pop “Populer”
    Pop ialah bentuk musik modern dari rock & roll, Pop ini terbentuk tahun 1950-an, jenis musik pop ini menjadi genre paling populer sampai saat ini.
  2. Rock
    Rock yakni ialah musik populer yang berasal dari musik rock & roll di Amerika Serikat pada tahun 1950-an, Jenis musik ini mendapat pengaruh dari Klasik, Jazz, Blues, dan lainnya, musik rock lebih kepada suara gitar listrik, grup band rock umumnya didominasi oleh lelaki.
  3. Dangdut
    Dangdut adalah genre musik yang sudah tidak asing lagi di kuping masyarakat indonesia, jenis musik ini berpusat dari musik Melayu di tahun 1940-an, Penyanyi dangdut yang paling terkenal dengan ratusan lagunya yakni raja dangdut Rhoma Irama dan Ratu dangdut Elvi Sukaesih.
  4. RnB (rhythm & blues)
    RnB yakni ialah genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an, satu band RnB terdiri dari pianis 1 atau 2 gitaris, vokalis, bass, drum serta saxophone.
  5. Country
    Country merupakan jenis musik yang berasal dari AS selatan di Atlanta dan Georgia tahun 1920, ciri khas musik country yakni sebagai besar menggunakan instrumen string. Jenis musik identik dengan konoi, musik ini pas untuk dinikmati apabila kita melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari, Artis populer jenis musik ini adalah Taylor Swift
  6. Blues
    Blues musik blues ialah lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang-ulang empat kali. Adapun musik blues ini berasal dari Afrika-Amerika yang muncul pada abad ke 19,
  7. Electronic
    Electronic merupakan musik yang seluruhnya menggunakan teknologi elektronik, alat-alat musiknya ialah gitar listrik, telharmonium & organ hammond.
  8. Hip Hop
    Hip-Hop adalah jenis musik yang terdiri dari musik berirama yang biasanya bergaya rap dan vokal ritmis, vokalisnya pun biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa namun dengan ritme tertentu.
  9. Reggae
    Reagge merupakan genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1960-an, Reggae sendiri terpengaruh oleh musik Jazz Amerika dan Rnb, Adapun elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae ini yakni ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano.
  10. Jazz
    Jazz juga merupakan jenis musik yang bersal dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19 musik ini memiliki alunan yang merdu, Jazz mendapatkan pengaruh besar dari budaya Afrika Barat.
  11. Klasik
    Klasik merupakan jenis musik yang berakar pada tradisi musik Barat dan telah ada sejak abad ke-11, Beethoven dan Johann Sebastian Bach mereka adalah tokoh musik klasik yang terkenal.

Fungsi Musik

  1. Menjadi sarana komunikasi, contoh jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus sebagai isyarat bahwa upacara akan dimulai.
  2. Sebagai penyambut tamu, Seperti menyambut para pemain sepakbola yang masuk ke lapangan.
  3. Menyampaikan Emosi, Maksudnya berfungsi untuk meluapkan emosi baik oleh penulis lagu maupun para pendengar musik.
  4. Sebagai sarana hiburan, Maksudnya apabila dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan suara yang ramai dan dapat menghibur.
  5. Sebagai sarana bisnis, pada saat ini industri musik menjadi salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Contoh dari penjualan tiket konser, dan sponsor serta merchandise,.
  6. Menenangkan jiwa, Maksudnya musik digunakan sebagai salah satu sarana relaksasi dan penenang jiwa.
  7. Meningkatkan kecerdasan, Karena telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik bisa meningkatkan kecerdasan.
  8. Pengiring pertunjukan, film dan pentas drama selalu diiringi musik yang mana musik tersebut disesuaikan dengan suasana adegannya.
  9. Menjadi sarana pendidikan, musik juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.
  10. Menajadi ciri khas kebudayaan, contohnya Indonesia memiliki berbagai musik tradisional sebagai ciri khas kebudayaan yang dimiliki.
  11. Pengiring tarian, musik juga digunakan sebagai pengiring tarian seperti tari tari aceh dan lainya bahkan pencak silat pun terkadang diiringi musik.

Demikianlah ulasan kami mengenai Musik, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

 

5.0
01