Pengertian Musyawarah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contoh.

Posted on

Pengertian Musyawarah – Musyawarah adalah suatu usaha bersama dengan sikap rendah hati guna memecahkan persoalan (mencari Penyelesaian/ jalan keluar)  Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah musyawarah ini mulai dari Pengertian Musyawarah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Musyawarah. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Musyawarah

Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah suatu usaha bersama dengan sikap rendah hati guna memecahkan persoalan (mencari Penyelesaian/ jalan keluar) untuk dapat mengambil suatu keputusan bersama dalam penyelesaian atau juga pemecahan yang menyangkut urusan keduniawian.

Berdasarkan penjelasan diatas, bahwa kata musyawarah ini berasal dari bahasa Arab yaitu Syawara yang artinya berunding atau urun rembug.

Musyawarah ini memiliki tujuan yakni untuk mencapai mufakat atau juga persetujuan bersama. Pada dasarnya prinsip musyawarah ini merupakan bagian dari demokrasi. Maka musyawarah sampai saat ini sering dikaitkan dengan dunia politik.

Ciri-Ciri Musyawarah

Pengertian Musyawarah

Berasarkan pelaksanaannya, musyawarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Dilaksanakan berdasarkan atas kepentingan bersama.
  2. Hasil dari keputusan musyawarah bisa diterima oleh akal sehat serta sesuai dengan hati nurani.
  3. Pendapat yang diusulkan oleh anggota dalam musyawarah mudah dimengerti ataupun dipahami dan tidak memberatkan anggota dari musyawarah tersebut.
  4. Adanya pertimbangan moral yang bersumber dari hati nurani yang luhur.

Tujuan Musyawarah

Dilakuakan musyawarah ini tentunya memiliki tujuan yang harus dihasilkan atau juga diputuskan diantaranya seperti berikut :

  1. Memperoleh kesepakatan dari seluruh pihak anggota musyawarah sehingga pada keputusan akhir yang diambil dalam musyawarah tersebut bisa diterima dan juga dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.
  2. Menyelesaikan suatu masalah yang sulit serta memberikan kesempatan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang hingga keputusan yang diperoleh sesuai dengan standar anggota musyawarah atau sesuai dengan persepsi anggota musyawarah. Dengan begitu pengambilan keputusan melalui musyawarah tersebut akan lebih berbobot karena di musyawarah tersebut terdapat pemikiran, pendapat serta juga ilmu dari para anggotanya.

Manfaat Musyawarah

Di lihat dari Manfaat musyawarah hakikatnya mengajarkan pada para anggota musyaarah tentang nilai-nilai keadilan , menghargai dan kebersamaan. Musyawarah mesti menghasilkan keputusan yang seadil-adil demi kepentingan bersama.

Demi kelancaran musyawarah, para anggota perlu untuk mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku, misalnya dengan cara menghargai pandapat orang lain meskipun pendapat tersebut berentangan dengan pihak-pihak tertentu, tidak boleh memotong pembicaraan anggota musyawarah saat ia menyampaikan pendapat, supaya musyawarah bisa berjalan dengan aman dan tertib. Secara garis umum manfaat musyawarah sebagai berikut ;

  1. Melatih untuk mengemukakan pendapat (ide)
  2. Masalah dapat segera terpecahkan
  3. Keputusan yang dihasilkan mempunyai nilai keadilan
  4. Dapat mengambil kesimpulan yang benar
  5. Mencari kebenaran dan menjaga diri dari kekeliruan
  6. Menghindari celaan
  7. Terciptanya stabilitas emosi
  8. Hasil Keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak
  9. Dapat menyatukan pendapat yang berbeda
  10. Adanya kebersamaan

Contoh Musyawarah

  1. Musyawarah Keluarga
    Musyawarah keluarga yakni seperti dalam memutuskan atau menentukan tempat rekreasi, dan lain-lain
  2. Musyawarah Dalam Lingkungan Masyarakat
    Musyawarah dalam lingkungan masyarakat biasanya di lakukan dalam hal pembentukan panitia kegiatan desa, musyawarah didalam perbaikan jalan desa, musyawarah didalam pembagian siskamling, dan lainnya.
  3. Musyawarah Dalam Lingkungan Negara
    Muyawarah Rapat anggota DPR, Musyawarah dalam merumuskan undang-undang dan lain sebgiannya.
  4. Musyawarah Dalam Lingkungan Sekolah
    Musyawarah ini dilakukan untuk pemilihan ketua kelas dan juga wakil ketua kelas, musyawarah didalam mengadakan lomba, pemilihan Osis dan Wakil ketua Osis kelas serta lain-lain.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Musyawarah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaa, dan Contoh Musyawarah. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :