Pengertian Novel

Posted on
Pengertian Novel

Artikel makalah tentang Pengertian Novel secara umum, meliputi dari fungsi, tujuan, unsur, jenis, ciri-ciri, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu novel,,, Hal ini merupakan salah satu hasil karya sastra yang terdapat beberapa bentuk prosa dan didalamnya juga terdapat dua unsur sehinga dapat dikatakan bahwa novel adalah sebuah ungkapan yang menceritakan tentang kehidupan seseorang tokoh yang jelas, Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Novel 

Novel adalah sebauh karya sastra yang berbentuk prosa dengan narasi yang panjang sehingga dapat diceritakan tentang kehidupan dan karakter yang terdapat pada manusia.

Dengan demikian novel juga akan bercerita tentang karakter dan peristiwa yang sangat penting sehingga dapat mengubah nya secara implisit atau tersembunyi.

Maka ada juga juga yang mengatakan bahwa novel adalah suatu karangan yang berbentuk prosa dan di dalam nya menceritakan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Dan ada juga beberapa pengertian novel menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

Drs. Rostamaji M.Pd Telah menyatakan bahwa pengertian novel adalah salah satu karang dengan karya sastra yang memiliki bebeberapa unsur diantaranya unsur intrinsik atau unsur ekstrinsik sehingga keduanya akan berkaitan pada sebuah karya sastra.

Dr. Nurhadi Telah menyatakan bahwa pengertian novel adalah salah satu bentuk karya sastra dan di dalamnya terdapat beberapa nilai-nilai sosial, moral dan budaya serta nilai pendidikan.

Paulus Tukam Telah menyatakan bahwa pengertian novel adalah salah satu suatu karya sastra yang memiliki prosa serta dan di dalamnya juga terdapat unsur-unsur intrinsik.

Drs. Jakob Sumardjo Telah menyatakan bahwa pengertian novel adalah salah satu suatu bentuk karya sastra yang populer dalam dunia maya atau pun publik dan banyak beredar pda komunitasnya di masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Paragraf

Unsur Unsur Novel

Dari beberapa pembahasn di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa unsur novel berdasarkan pengetahuan yang dapat mengungkapkan dan di dasari dari beberapa unsur.

Berikut ini adalah unsur yang terdapat pada novel adalah:

A. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang terdapat dari elemen yang berasal dari luar sehingga elemen yang terdapat dalam bentuk eksternal dan terdapat juga latar belakang dari penulis dengan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya.

B. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik salah satu unsur yang terdapat pada elemen yang berasal dari dalam sehingga dapat membangun novel dalam bentuk aktual seperti tema, alur, latar, karakter dan gaya bicara.

Jenis Jenis novel

Dari ulasan di atas, maka di sini juga kami akan memberikan beberapa jenis yang terdapat pada novel.

Berikut ini adalah jenis-jenis novel diantaranya:

1. Jenis novel berdasarkan kejadian

  • Buku nonfiksi adalah salah satu jenis novel yang terjadi dalam kehidupan yang nyata atau tidak pernah terjadi seperti novel nonfiksi sebagai laskar pelangi.
  • Novel yang tidak nyata adalah salah satu jenis sebuah kisah yang menceritakan dalam kehidupan yang nyata, seperti novel Harry Potter.

2. Jenis novel berdasarkan ceritanya

  • Novel inspirasi adalah sebuah novel yang menceritakan kisah inspiratif, seperti novel komedi.
  • Novel Horor adalah salah satu jenis novel yang menceritakan kisah menakutkan seperti novel uang kertas kosong.
  • Novel komedi adalah salah satu jenis novel yang akan menceritakan hal-hal yang lucu sehingga yang membaca atau sebagai pendengar akan tertawa seperti novel komedi kambing jantan.
  • Novel misteri adalah salah satu jenis novel yang kisahnya mengandung misteri seperti novel film thriller.
  • Novel romantis adalah salah satu jenis novel yang menceritakan tentang cinta dan kasih sayang seperti novel romantis.

3. Jenis novel berdasarkan isi

  • Novel dewasa adalah salah satu jenis novel yang berisi cerita tentang orang dewasa.
  • Novel Songlit adalah salah satu jenis novel yang isinya dibuat atau diambil dari sebuah lagu.
  • Novel Chicklit adalah salah satu jenis novel yang berisi cerita tentang wanita muda dengan masalah mereka
  • Teenlit Roman adalah salah satu jenis dari sebuah novel yang isinya adalah cerita tentang remaja.

Baca Juga: Pengertian Analisis

Ciri Ciri Novel

Dalam sebuah karya sastra memiliki beberapa bentuk novel, maka di sini juga kami akan memberikan beberapa karakteristik atau ciri ciri yang terdapat pada novel.

Berikut adalah ciri-ciri dari novel diantaranya:

  • Cerita dalam novel berisikan kata-kata yang panjang, tetapi banyak kalimat atau kata yang diulang – ulang.
  • Novel ditulis dengan narasi dan deskripsi untuk menggambarkan suasana dan sebuah peristiwa di dalamnya.
  • Secara umum novel membutuhkan setidaknya 120 menit untuk membaca nya.
  • Plot dalam sebuah novel sangat kompleks dan terdapat beberapa kesan, efek, dan emosi.
  • Secara umum novel terdiri dari setidaknya 100 halaman atau jumlah kata lebih dari 30.000 kata.

Nah demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang pengertian novel, fungsi, makna, tujuan, jenis, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat utnuk kita semua, terutama untuk penulis sendiri, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Pengertian Konflik