Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan bersama. Secara terperinci, organisasi adalah sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpul serta berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, serta terkendali. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan bersama. Secara terperinci, organisasi adalah tempat atau wadah untuk orang berkumpul serta berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, serta terkendali, untuk memanfaatkan sumber daya baik itu berupa uang, metode, material, dan lingkungan, maupun sarana-prasarana, data dan lainnya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi menurut para ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya menegani pengertian organisasi, adapun para ahli tersebut diantaranya :

1. Chester I. Bernard

Organisasi adalah sebuah sistem kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh 2 orang ataupun lebih dalam melaksanakan suatu kegiatan yang didalamnya dibutuhkan sebuah komunikasi dengan pencapaian tujuan bersama. Chester I. Barnard menekankan peranan pada setiap orang anggotanya yang harus diberikan informasi dan motivasi dan sebagian sebagian anggota lainnya yang harus membuat sebuah keputusan.

2. Pfiffner &  Sherwood

Organisasi merupakan sebagai pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berinteraksi, bertatap muka, dan secara intim serta terikat dalam suatu tugas yang sifatnya rumit, berinteraksi satu sama yang lainnya secara sengaja, memutuskan untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan semula secara teratur.

3. Max Weber

Organisasi merupakan suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya terdapat wewenang, tanggung jawab serta pembagian kerja dalam menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

4. Richard Scott

Organisasi adalah suatu kolektivitas yang disengaja dan dibentuk dalam mencapai suatu tujuan tertentu yang didasarkan pada asas kelangsungan.

5. Stephen P. Robbinss

Organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan dengan batasan-batasan yang relatif bisa diidentifikasi dan bekerja terus menerus agar bisa mencapai tujuan bersama.

6. Stoner

Organisasi merupakan suatu pola hubungan melalui orang atau sekelompok orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.

7. W.J.S. Poerwadarminta

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

8. Janu Murdiyamoko & Citra Handayani

Organisasi adalah sebuah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan juga cara kerja, serta daftar anggota yang tertur secara terperinci.

9. Victor A. Thompson

Organisasi adalah suatu integrasi dari sejumlah orang yang ahli yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal dalam mencapai tujuan – tujuan yang spesifik & sudah disepakati sebelumnya.

10. James D. Mooney

Organisasi merupakan suatu bentuk perserikatan orang / sekelompok manusia dalam mencapai tujuan bersama yang telah di sepakati.

11. Schein

Organisasi merupakan suatu bentuk koordinasi segala kegiatan yang rasional oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan melalui pembagian dalam pekerjaan dan fungsi hirarki otoritas serta tanggungjawab dari masing-masing anggota.

12. Kochler

Organisasi adalah sebuah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang dalam mencapai tujuan.

13. Dahlan Al Barry

Organisasi adalah pengaturan dan penyusunan bagian-bagian tertentu hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan dari berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan gabungan kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

14. Rosenweigh

Menurut rosenweigh organisasi adalah:

  • Sistem sosial, yakni orang-orang yang berada dalam kelompok
  • Integrasi dari berbagai kegiatan orang-orang yang bekerja sama
  • Orang-orang yang berorientasi / berpedoman pada tujuan bersama

15. Bakke

Organisasi merupakan suatu sistem yang sifatnya berkelanjutan dari penggunaan, pemindahan kegiatan manusia yang diberi tanggung jawab dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan juga sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan masalah.

16. Harleigh Trecker (1950)

Organisasi adalah perbuatan / proses mengumpulkan atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berinterkasi dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

17. Ralp Currier Davis (1951)

Organisasi merupakan sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan.

18. Matthias Aroef

Organisasi akan terlaksana apabila segolongan orang bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuannya

19. John D. Millet (1954)

Organisasi merupakan orang-orang yang bekerja sama, dengan mengandung ciri-ciri dari hubungan antar manusia yang tampak dari sebuah kelompok.

20. John Price Jones (1955)

Organisasi adalah struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda yang mana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01