Pengertian Organisasi – Tujuan, Ciri, Unsur, dan Manfaat

Posted on

Pengertian Organisasi – Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Secara terperinci mengenai pengertian organisasi adalah yakni sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpul serta berkerja sama secara rasional. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Organisasi mulai dari Pengertian Organisasi, Tujuan Organisasi, Ciri Ciri Organisasi, Unsur Unsur Organisasi, dan Manfaat Oragnisasi di bawah ini.

Pengertian Organisasi

 

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Secara terperinci mengenai pengertian organisasi adalah yakni sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpul serta berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan juga terkendali, untuk memanfaatkan sumber daya baik itu berupa uang, metode, material, dan lingkungan, maupun sarana-prasarana, data dan lainnya yang digunakan secara efisen dan efektif dalam mencapai tujuan organisasi,

Tujuan Organisasi

Setiap manusia tentunya memiliki kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda, nah hal inilah yang menjadi sebab adanya tujuan dalam organisasi, dengan menyatukan kepentingan serta tujuan yang berbeda-berbda untuk menjadi kepentingan dan tujuan yang sama dan dalam mencapainya juga secara bersama-sama.

Adanya tujuan dalam sebuah organisasi berpengaruh dalam mengembangkan organisasi baik dalam perekrutan anggota, dan pencapaian apa yang hendak dilakukan dalam berjalannya organisasi tersebut. Adapun tujuan-tujuan organisasi yakni sebagai berikut :

  1. Mengatasi terbatasnya kemampuan seseorang, kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya dalam mencapai tujuannya.
  2. Tempat mencapai tujuan dengan selektif dan efisien karena melakukan secara bersama-sama
  3. Sebagai tempat mengelola dalam lingkungan bersama-sama
  4. Sebagai tempat mendapatkan penghargaan
  5. Tempat dalam mendapatkan kekuasaan dan pengawasan
  6. Sebagai tempat mendapatkan jabatan dan pembagian tugas.
  7. Menjadi salah satu tempat mencari keuntungan bersama-sama
  8. Menjadi tempat menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang

Ciri Ciri Organisasi

Mengacu pada pengertian organisasi dan tujuan organisasi diatas, maka kita dapat mengetahui ciri-ciri organisasi tersebut. Adapun penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri organisasi yakni sebagai berikut :

1. Terdiri Dari Sekelompok Orang

Sebuah organisasi tentunya memiliki anggota yang terdiri dari dua orang bahkan ada yang lebih dari 2 orang, namun pada umumnya organisasi lebih dari 2 orang.

2. Memiliki Tujuan

Alasan mengapa beberapa orang bekerjasama membentuk organisasi yakni karena memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. Dengan adanya tujuan tersebut, para anggota organisasi akan saling membantu dalam melakukan usaha dalam mencapai tujuan yang sebelumnya telah direncanakan.

3. Saling Bekerjasama

Dalam mencapai tujuan organisasi maka para anggotanya harus saling bekerjasama atau saling bahu membahu. Tanpa adanya kerjasama antar anggota organisasi maka tujuan tersebut tentunya tidak dapat tercapai secara efektif dan efisien.

4. Peraturan

Setiap organisasi tentunya memiliki peraturan masing-masing. Peraturan ini bertujuan guna mengatur dan membatasi sumberdaya yang dimiliki agar saling bersinergi dalam sebuah proses pencapaian tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dan terartur dalam organisasi.

5. Pembagian Tugas dan Tanggungjawab

Dengan adanya peraturan tentu harus disertai dengan pembagian tugas dan tanggungjawab yang jelas pada setiap anggota organisasi. Pembagian tugas tersebut dapat dilakukan dengan pembentukan beberapa divisi yang bertanggung jawab terhadap tugas tugas dan tanggungjawab.

Unsur Unsur Organisasi

Supaya sebuah organisasi berjalan dengan baik, maka harus ada beberapa unsur penting dalam organisasi tersebut. Nah, berikut ini merupakan beberapa unsur yang penting yang harus ada dalam organisasi, yaitu :

1. Personil (Man)

Personil merupakan menjadi unsur terpenting di dalam sebuah organisasi dimana masing-masing personil memiliki tingkatan dan tugas, dan tanggungjawab tersendiri.

2. Kerjasama (Team Work)

Organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama apabila anggota dalam organisasi tersebut melakukan tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama.

3. Tujuan Bersama

Tujuan bersama yakni bentuk sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi itu sendiri, baik dari sisi prosedur, program, pola, sampai dengan hasil akhir dari pekerjaan organisasi tersebut.

4. Peralatan (Equipment)

Dalam mencapai berbagai tujuan diperlukan sarana dan prasarana yang memadai yakni kelengkapan sebuah organisasi, seperti; kantor atau gedung, material, uang, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

5. Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan juga memiliki peran yang penting karena akan sangat berpengaruh terhadap sebuah organisasi. Misalnya sosial budaya, anggaran, kebijakan, peraturan, serta kondisi ekonomi.

6. Sumber Daya Alam

Selain lingkungan, sumber daya alam juga menjadi unsur penting yang harus mana sumber daya alamnya harus memadai agar organisasi berjalan dengan baik. Contohnya seperti air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, bahkan flora dan fauna.

Manfaat Organisasi

Mengacu pada tujuan organisasi, banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kita masuk kedalam sebuah organisasi, adapun manfaat secara umum yaitu ialah :

  • Memudahkan dalam mencapai tujuan bersama
  • Melatih mental seseorang agar lebih baik karena akan selalu bertemu dengan orang banyak
  • Memudahkan dalam pemecahan masalah
  • Melatih kepemimpinan seseorang
  • Pergaulan akan menjadi lebih luas
  • Menambah wawasan para anggota organisasiBisa membentuk karakter seseorang

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Organisasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01