Pengertian Panca Indera, Macam-Macam, Fungsi dan Gambarnya

Posted on

MateriBelajar.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang panca indera, mulai dari Pengertian Panca Indera, Macam-Macam, Fungsi dan Gambarnya. Berikut ini akan dibahas secara lengkap dan detil, simaklah sampai habis pembahasan dibawah ini.

pengertian panca indera

Pengertian Panca Indera

Panca Indera adalah organ tubuh yang di bisa menerima segala macam jenis rangsangan tertentu. Panca indera adalah alat untuk mengenal dunia lingkungan sekitar kia. Pada manusia mempunyai 5 alat indera yaitu :
a. Mata. Sebagai indera penglihatan.
b. Telinga. Sebagai indera pendengaran
c. Hidung. Sebagai indera pembau/penciuman
d. Lidah. Sebagai indera pengecap
e. Kulit. Sebagai indera peraba

Sistem saraf yang ada dalam organ tubuh tersebut harus menerima dan juga memproses informasi mengenai dunia luar untuk bereaksi, berkomunikasi, serta menjaga tubuh tetap sehat juga aman. Saraf tersebut menyalurkan sinyal ke otak, yang kemudian menafsirkannya ialah sebagai penglihatan, suara (pendengaran), penciuman, rasa (gustasi), serta sentuhan (persepsi taktil).

Macam-Macam Panca Indera

Berikut ini adalah macam-macam panca indera :

Panca Indra mata

Mata merupakan indera yang berfungsi untuk melihat melihat. Banyak sekali yang bisa dilihat oleh mata, misalnya lingkungan sekitarnya dalam bentuk gambar, sehingga dengan mata tersebut dapat mengenali benda-benda yang ada di sekitaranya dengan cepat. Mata merupakan indra penglihat yang menerima sebuah rangsang yang berupa cahaya (fotooreseptor). Tambahan mata tersusun atas bola mata, otot bola mata, dan saraf optik II yang mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari gangguan disekitarnya. Alis mata ini fungsinya untuk dapat melindungi mata dari keringat, sedangkan pada kelopak mata untuk melindungi mata dari adanya benturan dan pada bulu mata itu berfungsi untuk dapat melindungi mata dari cahaya yang kuat, debudan kotoran.

Baca Juga :  Metamorfosis lebah - Gambar, Proses, Tahapan, dan Penjelasannya
panca indera mata
panca indera mata

Bagian-bagian mata

Ada beberapa bagian dari mata, antara lain adalah :

1. Kornea
Fungsi dari kornea mata adalah untuk meneruskan cahaya yang masuk kedalam mata dan berakhir pada retina.

2. Iris
Iris atau Selaput pelangi terletak di belakang kornea mata. Fungsi dari celah yang ada di tengah selaput pelangi adalah untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.

3. Lensa
Fungsi dari lensa mata adalah untuk memfokuskan agar cahaya yang masuk ke mata jatuh tepat pada retina. Dengan demikian benda yang dilihat akan tampak jelas. Lensa mata mempunyai kemampuan mencembung dan memipih.

4. Badan Bening
Fungsi dari badan bening adalah untuk meneruskan cahaya yang telah melalui lensa mata.

5. Retina
Retina berguna untuk menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata.

6. Saraf mata
Fungsi dari saraf mata adalah untuk meneruskan rangsangan cahaya ke dalam otak.

Panca Indra pendengaran

Telinga adalah indra pendengaran yang menerima sebuah rangsangan itu berupa suara (fonoreseptor). Telinga berfungsi untuk mendengar suara yang ada di sekitar kita. selain untuk pendengaran, fungsi lain dari telinga adalah sebagai alat keseimbangan.

panca indera telinga
panca indera telinga

Bagian -Bagian Telinga

Telinga terdiri atas tiga bagian yaitu :

1. Telinga Luar
Bagian telinga luar adalah daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Fungsi dari telinga luar adalah untuk menangkap getaran suara.

2. Telinga Tengah
Telinga bagian tengah terdiri dari selaput pendengaran (gendang telinga), tulang-tulang pendengaran, dan saluran Eustachius.

3. Telinga Dalam
Telinga bagian dalam terdiri dari bagian yang disebut tingkap jorong dan rumah siput. Fungsi dari telinga dalam adalah untuk meneruskan rangsang suara ke otak.

Panca indra peraba

Kulit adalah salah satu alat indera yang dapat menerima rangsangan dari luar, misalanya temperatur suhu, rasa sakit, tekanan, tekstur. Pada kulit terdapat mekanoreseptor yang peka terhadap sebuah rangsangan fisik yang disebut dengan .

Baca Juga :  Koloid - Pengertian, Sifat, Jenis Jenis, dan Fungsi (Lengkap)
panca indera kulit
panca indera kulit

Bagian Kulit

Bagian kulit yang sangat peka terletak pada ujung jari dan bibir. Kulit tersebut dapat membedakan kasar, halus, panas, dingin, serta sakit. Ada tiga lapisan jaringan utama pada kulit, yaitu : epidermis luar, dermis tengah, dan hipodermis bagian dalam.

Panca indra Penciuman

Panca Indera lainnya adalah Hidung. Hidung adalah salah satu indera yang kita gunakan untuk dapat mengenali suatu lingkungan sekitar dan juga aroma. Serabut-serabut pada saraf penciuman itu terdapat pada bagian atas selaput lendir hidung. Fungsi dari serabut-serabut olfaktori adalah untuk mendeteksi rangsang zat kimia dalam bentuk gas di udara (kemoreseptor).

panca indera hidung
panca indera hidung

Bagian-bagian hidung :

Ada beberapa bagian dari hidung, antara lain :
1. Rambut halus penyaring udara
2. Rambut halus yang peka terhadap bau
3. Kumpulan ujung saraf pembau

Panca indra pengecap

Lidah adalah salah satu panca indera yang mempunyai fungsi untuk merasakan sebuah rangsangan rasa dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Lidah akan merespon berbagai jenis makanan dan minuman yang terdiri dari berbagai macam rasa seperti misalnya rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin.

Ada dua kelompok otot pada lidah, yaiut otot intrinsik (melakukan sebuah gerakan halus) dan otot ekstrinsik (melakukan sebuah gerakan kasar saat mengunyah dan menelan serta mengaitkan lidah pada bagian sekitarnya).

panca indera lidah
panca indera lidah

Bagian Bagian Lidah

Ada 3 bagian utama pada lidah, yaitu :
1. Ujung lidah peka terhadap rasa manis
2. Samping lidah peka terhadap rasa asin dan asam
3. Pangkal lidah peka terhadap rasa pahit

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Panca Indera, Macam-Macam, Fungsi dan Gambarnya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua tentang panca indera yang ada ditubuh kita.

Baca Juga :  Fungsi Usus Besar dan Bagian Bagian Usus Besar

Artikel Lainnya :

Pengertian Panca Indera, Macam-Macam, Fungsi dan Gambarnya
5 (100%) 1 vote[s]