Pengertian Paragraf

Posted on
 Pengertian Paragraf

Artikel makalah tentang Pengertian Paragraf dan contohnya meliputi dari fungsi, ciri-ciri, jenis, manfaat, syarat dan contonya supaya mudah di pahami.

Apa Paragraf Itu,,, hal ini merupakan salah satu kumpulan kara atau kalimat dengan penulisannya menggunakan garis atau sebuah karangan yang saling berhubungan sehingga lebih mudah untuk di pahami, Paragraf juga sering di sebut sebagai ungkapan alinea baru dan saling berhubungan sdan dapat menghasilkan suatu informasi yang sangat berguna.

Nah untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak pembahasn di bawah ini :

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah salah satu kumpulan kata yang memiliki posisi lebih tinggi dan lebih luas sehingga dapat diartikan sebagai kalimat dan berisikan informasi dari penulis.

Paragraf memiliki beberapa kalimat yang saling berhubungan pada satu kalimat dan kalimat yang lainnya untuk mengahasilkan sebuah informasi yang dapat di gunakan dalam penulisan dengan karangan secara singkat. Maka paragraf juga adalah sebuah rangkaian yang memiliki kalimat dengan gagasan utama.

Baca Juga: Pengertian Sosial 

Ciri Ciri Paragraf

Setelah mengetahui beberapa ulasan yang sudah kami sampaikan di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada sebuah sebuah paragraf.

Berikut beberapa ciri-cirinya paragraf adalah:

  • Kalimat nya terdapat di baris pertama yang mencakup pada jarak dan dalam komposisi yang berbeda dan baris berikutnya lebih maju dari kalimat yang pertama.
  • Kalimatnya memiliki dua jenis atau dua klausa dan di sertai penjelasnnya
  • Paragraf biasanya terdiri dari beberapa kalimat beserta penjelasannya.

Baca Juga: Pengertian Konflik

Fungsi Paragraf Secara Umum

Seteleh mengetahui beberapa pembahasn di atas, disini juga akan kmi berikan beberapa fungsi pada karangan paragraf.

Adapun fungsi dari paragaf adalah:

Mengekspresikan Gagasan Hal ini dapat memberikan sebuah gagasan atau sebuah perasaan yang dapat melalui rangkaian dengan beberapa kalimat yang telah disusun untuk membentuk ide yang baru.

Menandai Peralihan Yang Baru Hal ini merupakan sebuah tulisan atau karangan yang memiliki beberapa paragraf sehinga terdapat beberapa gagasan yang berbeda.

Memudahkan Menulis Dalam Membaca Hal ini merupakan salah satu ide dari seorang penulis sehingga akan lebih mudah untuk memahami ide dari suatu tulisan yang baik.

Membantu Pengembangan Topik Hal ini merupakan sebuah kata dengan pengembangan topik dalam tulisan karena kan terbentuk dalam pembagian paragraf.

Mengendalikan Variabel Hal ini merupakan sebuak topik yang dapat memudahkan dalam penulisan dengan beberapa variabel pada karangan yang baik.

Jenis Jenis Paragraf

Dari beberapa ulasan di atas, maka disini juga kami akan memberikan beberapa jenis dari paragraf.

Berikut jenis-jenis paragraf adalah:

1. Paragraf Narasi

Paragraf Narasi adalah sebuah paragraf yang akan menceritakan sesuatu peristiwa dari kronologis sehingga dalam perkembangannya akan menghasilkan sesuatu ungkapan dari akhir cerita.

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi adalah salah satu jenis merupakan paragraf yang bertujuan supaya dapat memaparkan sebuah informasi dengan menerangkan dari gagasan atau dari suatu topik.

3. Paragraf Agumentasi

Paragraf Agumentasi adalah salah satu jenis paragraf yang dapat diguakan sebagai upaya dalam mengungkapkan ide dari gagasan, atau ungkapan dari penulis yang disertai fakta yang benar.

4. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi adalah salah satu jenis paragraf yang memiliki tujuan supaya dapat membetuk objek atau gagasan untuk melakuan sesuatu yang di inginkan dari penulis.

5. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah salah satu jenis paragraf yang memiliki kalimat utama yang terlatak pada awal paragraf sehingga pada kalimat seterusnya akan lebih mudah menemukan pembehasan yang pokok.

6. Paragraf induktif

Paragraf induktif adalah salah satu jenis paragraf dalam penulisannya menggunakan huruf yang mudah di mengerti.

7. Paragraf campuran

Paragraf campuran adalah salah satu jenis paragraf yang terletak di awal atau pada akhir paragraf.

Nah Sobat demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasn tentang pengertian paragraf meliputi dari fungsi serta jenis nya, Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua terutama untuk penulis sendiri. Sekian dan terima Kasih

Baca Juga: Pengertian Analisis