12 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Posted on

Pengertian Pemasaran Menurut Para AhliPemasaran yakni adalah suatu proses perencanaan serta pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan juga distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Untuk lebihnya kami akan membahas Materi makalah definisi Pengertian Pemasaran ini mulai dari Pengertian Secara Umum dan Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran

Pemasaran yakni adalah hal yang mengkaitkan kegiatan produksi dengan konsumsi. Adapun pemasaran ini terdiri dari berbagai kegiatan yang melibatkan konsumen, permintaan konsumen, penetapan harga, penerapan produk baru,periklanan, penentuan posisi, analisis pasar, umpan balik, review, pendistribusian, penjualan, komunikasi serta identifikasi perancangan dan juga pengembangan produk.

Selain itu, pemasaran ini sendiri meliputi usaha atau bisnis dari perusahaan atau perorangan yang awalnya mencari sesuatu informasi mengenai sesuatu yang dibutuhkan konsumen agar mereka merasa puas. Pemasaran juga akan menjadi penentu barang maupun jasa apa yang ingin dijual. Setelah itu adalah menentukan harga barang atau jasa yang sesuai dengan kualitas barang atau jasa tersebut.

Mempromosikan barang dan jasapun juga harus dilakukan supaya pemasaran berhasil. Kemudian yang terakhir yakni menjual barang atau jasa tersebut. Kesimpulan secara umum yakni pemasaran pada dasarnya ialah beberapa kegiatan yang saling berhubungan dan merupakan suatu sistem.

Pengertian Pemasaran menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran

Nah, berikut ini adalah pbeberapa pendapatpara ahli mengenai pengertian pemasaran, dapun para ahli tersebut diantaranya ;

1. Kotler & Amstrong

Menurut Kotler & Amstrong, Pemasaran yajni adalah sebuah proses managerial yang diman orang-orang yang berada didalamnya memperoleh apa yang mereka inginkan atau mereka butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.

2. William J. Stanton

Menurut William J, Pemasaran yakni adalah sistem secara keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis atau usaha yakni yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa yang sesuai, mempromosikan barang dan jasa, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen.

3. Philp Kotler

Menurut Philp, Pemasaran yakni merupakan suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan melalui proses pertukaran.

4. Hasan

Menurut Hasan, pemasaran merupakan proses identifikasi, membuat dan juga menginformasikan nilai, serta menjaga hubungan yang memuaskan konsumen untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

5. Philip & Duncan

Menurut mereka, pemasaran yakni adalah sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang dipakai untuk menempatkan barang yang diperjual belikan ke tangan pembeli.

6. Swastha & Irawan, 2008:5

Menurut mereka, pemasaran yakni salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha yang mana dalam usahanya itu untuk mempertahankan kehidupanya, untuk berkembang dan juga mendapatkan untung yang besar.

7. Swasta

Dalam buku yang diterbitan Swasta juga dirujuk definisi mengenai pemasaran yang juga mengarah ke suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan baik dari penjual maupun pembeli yang ke dua-duanya melakukan serangkaian proses tawar menawar maupun tukar menukar dengan tujuan mengadakan hubungan guna memperoleh keuntungan demi memenuhi kebutuhan hidup..

8. American Marketing Association

Pemasaran yaitu merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk membuat, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan menggunakan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.

9. Firdaus

Menurut Firdaus, pemasaran yakni merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang seperti halnya pengusaha untuk mempertahankan kelangsung hidupnya dan memenuhi kebutuhan serta mendapatkan keuntungan.

10. Basu & Hani (2004:4)

Sedangkan menurut dua ahli diatas juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran yang meliputi beberapa proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan juga jasa, penetapan harga barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusian yang semuanya memiliki tujuan yakni untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan dari proses pemasaran yang mereka lakuakan.

11. Hair dan Mc. Daniel

Menurut mereka, Pemasaran yakni merupakan proses perencanaan serta pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan juga distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

12. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pemasaran yakni merupakan proses, cara, kegiatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di kalangan masyarakat pada umumnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat…

Artikel lainnya :

5.0
01