25 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

Pengertian Pembelajaran MenurutPara Ahli – Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi Pendidik (guru) dan Peserta didik (siswa/murid) yang saling bertukar informasi. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi Pendidik (guru) dan Peserta didik (siswa/murid) yang saling bertukar informasi.

Selain itu, pembelajaran yakni adalah suatu bantuan yang diberikan oleh pendidik agar bisa terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan juga tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan terhadap peserta didik. Pengertian pembelajaran yakni adalah suatu proses dalam membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik dan benar.

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan pembelajaran, berikut ulasannya:

  • Dimyati dan Mudjiono

Menurut mereka, pembelajaran adalah kegiatan pendidik secara terprogram melalui desain instruksional supaya peserta didik bisa belajar dengan aktif dan lebih menekankan pada sumber belajar yang telah disediakan.

  • Corey

Menurut Corey, pembelajaran yakni ialah suatu proses yang mana suatu lingkungan secara disengaja dikelola untuk mendapatkan respon mengenai situasi dan kondisi tertentu yang mana pembelajaran ini adalah substansi dari pendidikan.

  • Warsita

Menurut Warsita, pembelajaran yakni ialah bentuk usaha yang mana usaha ini adalah agar membuat peserta didik mau belajar dengan kata lain yakni suatu bentuk kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.

  • Sudjana

Pembelajaran merupakan usaha yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan aktivitas interaksi yang edukatif antara pendidik(Guru) dan peserta didik.

  • A. Kimble

Mneurut A. Kimble, Pembelajaran merupakan perubahan yang kekal secara relatif dalam usaha tingkah laku akibat dari latihan yang diperkuat.

  • Trianto

Menurut Trianto, pembelajaran yakni sebagai salah satu aspek dari kegiatan manusia secara kompleks yang tidak semuanya bisa dijelaskan dan dijabarkan. Selain itu, pembelajaran ialah produk dari interaksi yang berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman.

  • Munif Chatib

Menurut Munif, pembelajaran yakni adalah suatu proses transfer ilmu dari 2 arah yakni antara pendidik yang mana pendidik ini sebagai sumber ilmu atau informasi dan peserta didik yang mana sebagai penerima informasi.

  • Knowles

Menurut Knowles, pembelajaran yakni adalah cara pengkoordinasian peserta didik dalam menggapai tujuan dari pendidikan

  • Woolfolk

Menurut Woolfolk, pembelajaran bisa berlaku apabila pengalaman menghasilkan perubahan yang kekal dalam tingkah laku dan pengetahuan seseorang.

  • Slavin

Menurut Salvin, pembelajaran yakni ialah perubahan tingkah laku seseorang yang disebabkan oleh sebuah pengalaman.

  • Rahil Mahyuddin

Menurut rahil, pembelajaran yakni ialah suatu proses perubahan tingkah laku yang didalamnya melibatkan keterampilan keognitif yakni penguasaan terhadap ilmu dan perkembangan keterampilan yang intelektual.

  • Achjar Chalil

Menurut Achjar, pembelajaran yakni merupakan suatu proses interaksi antara guru(Pendidik) dengan Muridnya (Yang di didik) dan sumber belajar terhadap lingkungan belajar.

  • Syaiful Sagala

Menurut Syaiful, Pembelajaran merupakan membelajarkan peserta didik dengan menerapkan asas pendidikan ataupun teori belajar yang mana pembelajaran yakni penentu terpenting dan utama dalam keberhasilan pendidikan.

  • Komalasari (2013:3)

Menurut Komalasari, pembelajaran yakni ialah suatu sistem atau proses membelajarkan si pembelajar yang telah direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis supaya pembelajar bisa mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.

  • Oemar Hamalik

Menurut Oemar, pembelajaran yakni ialah kombinasi yang tersusun dari segala unsur manusiawi, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Selain itu, Oemar Hamalik juga mengemukakan 3 rumusan yang dianggap penting tentang pembelajaran, yakni :

Baca Juga :  Pengertian Perpustakaan - Fungsi, Tujuan, dan jenis-Jenis
  1. Pembelajaran ialah usaha dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa.
  2. Pembelajaran ialah usaha penting untuk mempersiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan.
  3. Pembelajaran yakni ialah suatu proses untuk membantu siswa dalam menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.
  • David Ausubel

Menurut David, teori belajar yakni adalah teori belajar bermakna, belajar bisa diklasifikasikan dalam dua dimensi yaitu:

  1. Pertama, dimensi yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa dengan cara penerimaan atau penemuan.
  2. Dan yang kedua, dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa bisa mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang sudah ada , Struktur kognitif yakni adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang sebelumnya sudah dipelajari dan diingat oleh siswa.
  • Briggs

Menurut Briggs, pembelajaran yakni adalah berbagai peristiwa yang mempengaruhi belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memdapatkan kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.

  • Sanjaya (2011:13-14)

Menurut Sanjaya, pembelajaran yakni ialah sebuah sistem yang kompleks yang keberhasilannya bisa dilihat dari 2 aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran jika dilihat dari sisi produk yakni keberhasilan siswa mengenai hasil yang didapat dengan mengabaikan proses pembelajaran.

  • G.A Kimbleg

Menurut G.A Kimbleg, pembelajaran yakni adalah perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkuat.

  • Crow & Crow

Pembelajaran yakni merupakan pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.

  • Arifin (2010:10)

Menurut Arifin, pembelajaran yakni adalah proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang sifatnya interaktif dan komunikatif antara pendidik dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar siswa.

  • Syah (2010:215)

Menurut Syah, pembelajaran yakni adalah bentuk usaha yang dilakukan seseorang agar orang lain belajar.

  • Gagne (1977)

Menurut gagne, pembelajaran yakni adalah peristiwa -peristiwa eksternal yang dibuat guna mendukung beberapa proses belajar yang sifatnya internal.

  • Sugandi, dkk (2004:9)

Mereka semua mengemukakan bahwa pembelajaran yakni terjemahan dari kata “instruction” yang berarti self instruction (internal) dan eksternal instructions. Pembelajaran yang bersifat eksternal yakni yang datang dari guru yang disebut pengajaran. Dalam pembelajaran yang sifatnya eksternal prinsip-prinsip belajar secara otomatis akan menjadi prinsip-prinsip pembelajaran.

  • Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20

Pembelajaran yakni ialah proses interaksi antara peserta didik dengan yang pendidik dan juga sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.

Baca Juga :  Pengertian Islam Secara Umum [Pembahasan Lengkap]

Demikianlah ulasan kami mengenai Materi Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli, Semoga bermnafaat.

Artikel lainnya :

 

25 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli [Lengkap]
5 (100%) 5 vote[s]