Pengertian Pemerintah Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Pemerintah Menurut Para Ahli – Pemerintah merupakan sebuah organisasi yang mempunyai kekuasaan dalam membuat & menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pemerintahan

Pengertian Pemerintahan

Pemerintah merupakan sebuah organisasi yang mempunyai kekuasaan dalam membuat & menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu. Memiliki beberapa definisi mengenai sistem pemerintahan. Sama halnya, terdapat bermacam-macam jenis pemerintahan yang ada di dunia.

Pengertian Pemerintah Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai pengertian pemerintahan, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Syafie Inu Kencana

Pemerintahan merupakan suatu ilmu yang isi nya adalah mempelajari bagaimana cara melakukan pengurusan badan eksekutif. Pengaturan sebuah badan legislatif, kepemimpinan, dan juga koordinasi pemerintahan baik pusat dengan daerah,ataupun rakyat dan pemerintahannya dalam setiap kejadian dan juga gejala pemerintahan.

  • M. Kusnardi

Mendahulukan gagasan pemerintah sebagai yang peduli dibuat oleh suatu negara yang bertujuan untuk mengatur kesejahteraan rakyat atau warga dan untuk kepentingan warganya dan untuk melaksanakan dan melakukan tugas eksekutif, legislatif & yudikatif.

  • W.S. Saire

Mengatakan bahwasanya pemerintah dalam arti terbaik merupakan organisasi suatu negara-negara yang berdiri dan berjalan kekuasaan. Sementara Merriam memberitahukan suatu tujuan pemerintah yang mencakup keamanan eksternal, agar intern, keadilan, kesejahteraan warga, dan kebebasan untuk masyarakat.

  • Suradinata

Pemerintah merupakan suatu yang mempunyai kekuatan yang sangat besar di sebuah negeri, termasuk urusan publik, teritorial, dan suatu urusan kekuasaan untuk mencapai tujuan negara.

  • H Muhammad Rohidin Pranadjaja

Dalam buku H Muhammad Rohidin Pranadjaja yang judulnya adalah “Hubungan antara instansi pemerintah”, gagasan-gagasan Pemerintah menjelaskan bahwasanya “Istilah tersebut berasal dari Pemerintah kata perintah, yang memiliki arti kata-kata yang bertujuan disuruh melakukan sesuatu kegiatan, sesuatu yang harus dilakukan. Pemerintah merupakan orang-orang, badan ataupun aparat dihapus dan memberi perintah “.

  • Wilson (1903:572)

Pemerintah ialah suatu kekuatan pengorganisasian, tidak semua selalu dikaitkan dengan organisasi angkatan bersenjata, tetapi 2 atau sekelompok orang dari berbagai macam kelompok masyarakat yang diselenggarakan dari suatu organisasi agar mewujudkan suatu tujuan & sasaran dengan mereka, dengan cara memberikan hal-hal yang memperhatikan urusan publik

  • Haryanto

Menunjukkan bahwasanya sistem tersebut struktur pemerintahan fungsional & organisasi dari berbagai fungsi yang dijalankan pada hal yang tertentu yang mendasar dalam mencapai suatu tujuan sebuah negara.

  • Ndraha

Pemerintah merupakan sesuatu peralatan di negara ataupun negara lembaga yang sangat memiliki fungsi sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan. Dan demikian, pemerintah ialah sekelompok otoritas individu yang memiliki untuk melaksanakan suatu kekuasaan atau sekelompok individu yang memiliki & melakukan otoritas yang sah dan melindungi serta peningkatan melalui jalan penerapan suatu tindakan dan keputusan pemerintah yang dibuat berdasarkan hukum atau tidak.

  • Apter (1965:84)

Pemerintah ialah merupakan anggota yang paling biasanya memiliki tanggung jawab khusus untuk menjaga sistem yang mencakup rentang tersebut, itu merupakan bagian & monopoli praktis kekuasaan koersif.

  • H. A. Brasz

Pemerintahan adalah ilmu yang isinya untuk mempelajari teknis maupun cara-cara lembaga umum disusun & digunakankan dengan sebaik-baiknya secara intern & ekstern terhadap warga negaranya.

  • R. Mac. Iver

Menjelasakan suatu pengertian pemerintah sebagai organisasi orang yang mempunyai kekuasaan, bagaimana orang bisa diatur. Sementara pemerintah mendefinisikan Apter ialah merupakan anggota satuan yang paling umum yang mempunyai tanggung jawab khusus untuk menjaga sistem yang mencakup rentang; monopoli yang praktis kekuasaan koersif.

  • J. S. T. Simorangkir

Mendahulukan gagasan pemerintah sebagai suatu tugas & fungsi pemerintah negara bagian.

  • Affan

Pemerintah ialah merupakan kegiatan terorganisir orang atau warga di wilayah suatu negara berdasarkan dalam dasar kedaulatan negara & bersumber untuk mencapai suatu tujuan dari orang &  warga di daerah itu sendiri.

  • U. Rosenal

pemerintahan ialah merupakan suatu ilmu yang isinya adalah untuk mempelajari cara petunjuk kerja ekstern & intern struktur dan juga proses- pemerintahan secara global.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

 

5/5 - (1 vote)