Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli

Artikel makalah tentang Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – meliputi dari pengertian, jenis, fungsi, tujuan, makna, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu pendidikan, Hal merupakan ilmu pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya sehingga melalui dengan pengajaran yang terencana untuk mewujudkan suasana secara aktif dengan mengembangkan potensi kekuatan yang spiritual.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini yang akan kami jelaskan secara terperinci di dalam artikel kami :

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan merupakan suatu proses dengan pembelajaran dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan sekumpulan manusia yang memberikan wariskan dari satu genereasi ke generasi yang selanjutnya melalui pengajaran.

Dengan demikian pendidikan juga dapat mengatakan suatu usaha yang sadar yang dapat dilakukan secara sistematis dengan mewujudkan suasana belajar dan mengajar supaya para peserta didik akan dapat mengembangkan potensi dirinya.

Dengan adanya pendidikan juga maka seseorang akan dapat memiliki kecerdasan dan akhlak yang mulia dalam kepribadian dan keterampilan yang bermanfaat dalam hidup masyarakat.

Baca Juga: Pembukaan Pidato

Makna Pendidikan

Makna pendidikan memang sangat sederhana dapat diartikan juga sebagai usaha manusia akan dapat membina kepribadiannya yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma dalam masyarakat yang akan terjadinya suatu proses pendidikan.

Maka dari itulah pendidikan akan di nyatakan salah bentuk hakikat yang dapat melestarikan hidupnya dan dapat mengeluarkan tindakan dengan merealisasikan potensi anak bangsa yang dibawa dunia.

Baca Juga: Contoh Naskah Berita

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan akan sering terjadi dengan bimbingan orang lain akan tetapi juga dapat memungkinkan secara otodidak dalam pendidikan yang terdapat dengan tahapan seperti prasekolah atau universitas.

Pendidikan juga akan membentuk sebagian kecil orang tua dalam memilih untuk pendidikan yang berjenis home-schooling, e-learning hingga mewujutkan pendidikan anak-anak mereka.

Secara garis besar pendidikan dapat menjalani melalui dua hal adalah sebagai berikut:

Pendidikan formal : merupakan pendidikan yang akan didapat dengan mengikuti beberapa kegiatan atau program dengan pendidikan yang terstruktur untuk mencapai badan pemerintahan.

Pendidikan non formal : merupakan pendidikan yang akan didapat melalui beberapa aktivitas dengan kehidupan sehari-hari yang terikat dengan lembaga dari bentukan pemerintahan.

Pengertian Pendidikan Secara Etimologi

Pengertian pendidikan yang sering de kenal secara etimologi berasal dari bahasa Latin dan tersusun dari beberapa etimologi sehingga dapat dikembangan melalui proses mengembangkan dalam kemampuan diri sendiri dengan kekuatan individu.

Berikut beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Pendidikan adalah proses atau cara untuk melakukan perbuatan denga mendidik sehingga dapat pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dengan tujuan usaha demi mendewasakan manusia melalui upaya dengan pengajaran dan pelatihan.

2. Menurut John Dewey

Pendidikan adalah suatu proses dalam pembaharuan makna dengan pengalaman yang akan terjadi dalam pergaulan dengan orang dewasa atau dengan orang muda sehingga dapat menghasilkan kesinambungan social.

3. Menurut Edgar Dalle

Pendidikan adalah sebuah usaha yang sadar yang akan dilakukan oleh keluarga dengan melalui kegiatan bimbingan dan pengajaran yang berlangsung di sekolah sehingga dapat mempersiapkan peserta didik dengan peranan dalam lingkungan hidup.

4. Menurut Plato

Pendidikan adalah sesuatu proses yang dapat membantu dengan perkembangan secara individu dari jasmani dengan akal sehat yang akan memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan sehingga dapat memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Menurut Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah suatu proses dalam kehidupan anak-anak yang akan mengarahkan ke semua kekuatan yang ada di alam supaya peserta didik sebagai manusia yang bermasyarakat dengan keselamatan yang tinggi .

6. Menurut Muhibbin Syah

Pendidikan adalah suatu peroses yang dapat memelihara dan memberi latihan sehingga diperlukan adanya ajaran dan tuntunan dengan mengenai akhlak dan kecerdasan dalam pikiran.

7. Menurut Ahmad D. Marimba

Pendidikan adalah suatu peroses di mana akan membimbingan secara sadar oleh yang terdapat dengan perkembangan jasmani dan rohani untuk menuju terbentuknya keperibadian yang utama.

8. Menurut Driyarkara

Pendidikan adalah suatu peroses yang akan disimpulkan sebagai satu usaha dalam hidup manusia yang muda atau pengangkatan dengan skala yang insani.

9. Menurut H. Horne

Pendidikan adalah suatu proses yang terus menerusyang akan penyesuaian bagi makhluk manusia yang berkembang secara fisik dan mental sehingga termanifestasi dalam intelektual yang sadar.

10. Menurut Martinus Jan Langeveld

Pendidikan adalah suatu upaya dengan menolong anak-anak didik untuk dapat melakukan tugas secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab dengan tujuan menjadi manusia yang dewasa d

11. Menurut Darnelawati 

Pendidikan adalah suatu pendidikan yang terdapat di sekolah yang secara teratur dan bertingkat jelas dan ketat untuk mendidik dalam menyikapi trampil dalam suatu bidang.

12. Menurut Repert C. Lodge

Pendidikan adalah suatu peroses yang menyangkut pendidikan dengan adanya pengalaman serta dapat mendidik dengan kehidupan yang lebih baik sehingga dapat menjadikan anak-anak yang cerdas.

13. Menurut Joe Park

Pendidikan adalah sebagai Tearth of proces of inforting dengan suatu tekanan dalam kegiatan pendidikan di letakkan pada pengajaran sehingga menjadikan kepribadian yang di bina dalam aspek kognitif dan kebiasaan.

Demikianlah yang dapat kami sampikan mengenai beberapa informasi tentang Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli , dan beberapa contoh, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Penelitian Kuantitatif