Pengertian Penelitian

Posted on
Pengertian-Penelitian

Artikel makalah membahas tentang Pengertian Penelitian dalam studi kasus, meliputi dari fungsi, ciri ciri, manfaat, tujuan, syarat, sikap, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa penelitian itu,,, Hal ini perupakan salah sastu proses dalam sebuah penyelidikan sehinga dapat dilakukan secara aktif untuk menemukan fakta-fakta dan dapat juga mengidentifikasikan secara umum, Nah bagi anda yang akan melakukan penelitian kami dari materibelajar.co.id akan memberikan beberapa wawasan tentang sebuah penelitian sacara gratis, lansung saja simak pada artikel di bawah ini:

Pengertian Penelitian

Penelitian merupakan salah satu proses dengan melakukan bermacam kegiatan mencari tentang kebenaran pada suatu peristiwa atau fenomena sehingga akan mendapatkan fakta yang sedang terjadi secara sistematis.

Dengan demikian bahwa penelitian sebagai proses untuk melakukan investigasi secara capat dan secara sistematis untuk menemukan sumber dan dapat membangun dari berbagai fakta-fakta yang baru.

Maka penelitian dapat juga sebagai proses dalam pengumpulan data untuk keperluan sehinga penelitian dapat di riset secara ilmiah diantaranya:

  • Sistematis Hal ini adalah sebuah penelitian yang harus dilakukan dengan mengetahui beberapa langkah-langkah dengan cara teratur yang sesuai dengan sistem pada penelitian.
  • Empiris Hal ini adalah sebuah penelitian yang harus didasarkan dari sumber dengan pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan indera manusia.
  • Rasional Hal ini adalah sebuah penelitian yang harus dilakukan dengan cara yang rasional sehingga dapat dicapai melalui akal manusia.

Baca Juga: Definisi Pengertian 

Penelitian Menurut Para Ahli

Dari ulasan singkat di atas, maka kami juga akam memberikan beberapa penjelasan menurut beberapa para ahli diantranya:

Menurut Soerjono Soekanto Telah menyatakan bahwa penelitian adalah salah satu kegiatan yang bersifat ilmiah dan didasarkan dari konstruksi dengan analisis, sehingga bertujuan dapat mengungkapkan tentang fakta dan kebenarannya.

Menurut Soetrisno HadiTelah menyatakan bahwa penelitian adalah salah satu usaha yang dapat di lakukan dengan tindakan dan dapat menemukan tentang kebenaran.

Menurut Woody Telah menyatakan bahwa penelitian adalah salah satu metode yang dapat menemukan ide atau pikiran terhadap permasalahan yang sedang di hadapi.

Menurut Parson Telah menyatakan bahwa penelitian adalah salah satu pencarian segala permasalahan dan dapat di lakukan dengan cara sistematis.

Ciri Ciri Penelitian

Setelah mengetahui dari berbagai ulasan yang sudah kami bahas di atas, maka kami juga akam memberikan beberapa ciri pada kegiatan penelitian.

Berikut ciri-ciri penelitian adalah:

  • Bersifat ilmiah bahwa penelitian dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang menggunakan bukti dan fakta yang diperoleh secara objektif.
  • Dapat diproses secara berkelanjutan sehibgga dapat ditingkatkan melalui proses yang berkelanjutan.
  • Berkontribusi pada unsur yang memiliki nilai yang dapat mengetahui faktanya.
  • Penelitian dapat dilakukan secara analitis dan harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan metode ilmiah.

Sikap Seorang Peneliti

Beberapa ulasan di atas, disini juga kami akan menyampaikan beberapa sikap pada saat melakukan penelitian.

Berikut sikap oleh seorang peneliti adalah:

  • Seorang peneliti harus dapat memisahkan pendapat pribadi dari kenyataan yang ada.
  • Seorang peneliti yang baik harus dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode dan teknik penelitian tertentu.
  • Seorang peneliti harus melakukan penelitian yang berdasarkan fakta yang diperoleh.

Baca Juga: Pengertian Komunitas

Syarat Penelitian

Dari beberapa ulasan di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa syarat untuk melakukan penelitian.

Berikut syarat pada saat melakukan penelitian adalah:

  • Secara sistematis dapat menggunakan pola yang tertentu sehinga dapat juga di lakukan dengan cara yang sangat sederhana dengan melalui beberapa kompleks untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  • Harus direncanakan secara sengaja dan sebelumnya dirancang dari berbagai konsep untuk melakukan langkah implementasi.
  • Kegiatan penelitian harus sesuai dengan langkah-langkah dari tahap penelitian yang telah ditentukan.

Tujuan Penelitian

Dari beberapa ulasan di atas, maka kami juga akan memberikan tujuan yang terdapat pada penelitian sehingga dapat dimanfaatkan.

Berikut tujuan penelitian adalah:

1. Tujuan Eksploratif

Dalam hal ini terdapat sebagai tujuan eksploratif adalah salah satu untuk menemukan pengetahuan yang pernah ada pada sebelumnya sehingga fakta masalah nya terdapat dalam tubuh manusia.

2. Tujuan Verifikatif

Tujuan verifikatif adalah salah satu tujuan untuk membuktikan atau menguji tentang kebenaran sebuah karangan ilmiah dan dapat juga membuktikan kebenaranya.

3. Tujuan Pengembangan

Tujuan pengembangan adalah salah satau tujuan untuk menggali sebuah informasi dari fakta-fakta untuk mengetahui pengembanan penelitian yang sedang berjalan.

Dari ketiga tujuan ini bahwa penelitian dapat dilakukan secara efektif untuk mengetahui fakta dari sebuah permasalahan pada kelompok – kelompok permasalahan yang sedang di hadapai.

Contoh Penelitian

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan contoh dalam sebuah penelitian.

Berikut contoh pada peneletian adalah sebagai berikut:

  • Judul: merupakan sebuah metode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar.
  • Teknik Observasi: merupakan sebuah bentuk observasi terhadap metode pengajaran yang dapat menentukan tahap pembelajaran.
  • Sumber data: merupakan sebuah lingkungan sekolah sebagai sumber data yang utama.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Pengertian Penelitian, semoga apa yang sudah kami bahas di atas dapat menambah wawasan kita semua, dan bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Apresiasi