Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli – Pengendalian Intern merupakan kebijakan & prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memberi kepastian bahwa informasi usaha akurat, dan memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturan dipatuhi sebaik mungkin. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi Makalah Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

Pengertian Pengendalian Intern

Pengendalian Intern atau kontrol intern diartikan sebagai suatu proses, yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM) dan sistem teknologi informasi, yang buat untuk membantu organisasi mencapai suatu tujuan / objektif tertentu.

Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian Pengendalian Intern Menurut Para ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Niswonger Warren Reeve Fees

Pengendalian Intern merupakan kebijakan & prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memberi kepastian bahwa informasi usaha akurat, dan memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturan dipatuhi sebaik mungkin.

  • American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Pengendalian Intern mencangkup struktur organisasi, seluruh metode-metode & berbagai ketentuan yang terkoordinasi yang dianut dalam sebuah perusahaan guna melindungi harta kekayaan, yang terkoordinasi dan dianut dalam suatu perusahaan untuk menjaga harta kekayaan, memeriksa ketelitian, serta sudah seberapa jauh data akuntansi bisa dipercaya mengembangkan efisiensi usaha serta mendorong dipatuhi kebijakan perusahaan yang sudah diterapkan.

  • Romney dan Steinbart (2009:229)

Pengendalian Intern adalah rencana organisasi & berbagai metode bisnis yang digunakan untuk menjaga asset, menyediakan informasi yang akurat dan andal mendorong serta memperbaiki efisiensi jalannya organisasi, serta mendorong kesesuaian dengan kebijakan yang sudah ditentukan.

  • Committee of Sponsoring Organization

Pengendalian Intern ialah sistem, struktur / proses yang diimplementasikan oleh dewan komisaris, dan karyawan dalam perusahaan yang bertujuan menyediakan jaminan yang memadai bahwa tujuan pengendalian tersebut diraih, meliputi efektifitas serta efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan bisa dicapai.

  • Sukrisno Agoes (2008:79)

Pengendalian Intern merupakan suatu proses yang lalui oleh dewan komisaris, manajemen & personel lain entitas yang didesain untuk keyakinan memadai mengenai pencapaian 3 golongan tujuan, seperti keandalan laporan keuangan, dan kepatuhan terhadap hukum serta peraturan yang berlaku.

  • Hery (2013:159)

Pengendalian Intern merupakan seperangkat kebijakan serta prosedur untuk melindungi aset atau kekayaan perusahaan dari semua bentuk tindakan penyalahgunaan, menjamin adanya informasi akuntansi perusahaan yang akurat, serta memberi kepastian bahwa semua ketentuan hukum atau undang-undang serta kebijakan manajemen sudah dipatuhi atau dijalankan sesuai dengan ketetapan oleh seluruh karyawan perusahaan.

  • James Hall (2011:180)

Pengendalian intern merupakan kewajiban pihak manajemen yang penting. Hal yang mendasar dari tanggung jawab penyediaan informasi pihak manajemen yaitu memberikan jaminan yang sesuai bagi pemegang saham bahwa perusahaan dikendalikan dengan semestinya. Selain itu pihak manajemen akan bertanggung jawab dalam melengkapi pemegang saham serta investor dengan informasi keuangan yang andal & tepat waktu.

  • Nugroho Widjayanto (1985:4)

Pengendalian Intern merupakan sistem yang terjalin dalam sebuah organisasi dengan cara menerapkan metode-metode dan cara atau tolak ukur lainnya dengan tujuan supaya kegiatan berjalan sesuai dengan apa yangtelah digariskan.

  • Romney dan Steinbart (2003)

Pengendalian internal ialah rencana organisasi & metode penggunaan bisnis untuk menjaga aset, menyediakan informasi yang akurat dan bisa diandalkan, mempromosikan serta meningkatkan efisiensi operasional dan juga mendorong kepatuhan untuk menentukan kebijakan manajerial.

  • Mulyadi (2013:164)

Menurut Mulyadi, Pengendalian Intern yakni mencangkup struktur organisasi, metode & ukuran yang dikoordinasikan guna menjaga dan melestarikan kekayaan organisasi, mengecek ketelitian serta keandalan data akuntasi, mendorong efisiensi dan  dipatuhinya kebijakan manajemen.

  • Ardiyos (2012:11)

Menurut Ardiyos, Pengertian Pengendalian Intern yakni :

  • Pengendalian internal merupakan sebuah sstem yang disusun, sehingga antara bagian yang satu akan mengawasi bagian yang lainnya.
  • Pengedalian internal merupakan suatu pengujian kebenaran yang dilakukan dengan mencocokkan angka-angka & transaksi yang dilakukan oleh petugas yang berbeda.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

 

5/5 - (1 vote)