Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya

Posted on

Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli – Secara istilah, penilaian merupakan proses kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program yang sudah ditetapkan sebelumnya berhasil dengan baik atau tidak baik. Mengenai pendapat para ahli maka simaklah Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli

Pengertian Penilaian

Secara istilah, penilaian merupakan proses kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program yang sudah ditetapkan sebelumnya berhasil dengan baik atau tidak baik. Agar mengetahui informasi mengenai penilaian tersebut, digunakan pengukuran, baik itu menggunakan instrumen tes maupun nontes. Tes sendiri artinya adalah penyajian seperangkat pertanyaan atau tugas untuk dijawab atau dikerjakan. Nontes meliputi kuisioner, wawancara, pengamatan, penugasan dan portofolio.

Jadi, penilaian adalah sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dan dalam hal apa, bagaimana ketercapaian tujuan pendidikan, apa dan bagaimana yang belum tercapai dan apa yang menjadi penyebabnya, serta apa tindak lanjutnya.

Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli

Jika di atas tadi pengertian secara umum, berikut ini pengertian penilaian menurut para ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Cangelosi (1995: 21)

Penilaian merupakan keputusan tentang nilai. Oleh sebab itu, langkah selanjutnya sesuadah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian dilakukan setelah siswa menjawab beberapa soal yang terdapat pada tes. Kemudian hasil jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.

  • Suharsimi Arikunto (2009)

Penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk. Penilaian bersifat kualitatif.

  • Dalam PP.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab I pasal 1 ayat 17

Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik”.

  • NAEYC & NAESC/ SDE, 1991

Penilaian adalah proses mengamati, merekam dan mengumpulkan berbagai data atau dokumentasi dari hasil karya yang sudah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya.

  • NSW Departement of Education (dikutip Arthur, 1996: 324

Penilaian merupakan proses mengumpulkan fakta-fakta dan membuat keputusan mengenai kebutuhan siswa, kekuatan, kemampuan, dan kemajuannya.

  • Bonnie Campbell Hill & Cynthia Ruptic (1994).

Penilaian merupakan proses mengumpulkan peristiwa dan mendokumentasikan pertumbuhan dan pembelajaran anak.

  • Djadja Rahardja

Penilaian merupakan sebuah proses pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat keputusan pendidikan tentang penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu.

  • S. Eko Putro Widoyoko, 2012: 3

Penilaian ialah sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria dan aturan-aturan tertentu.

  • James A. Mc. Lounghlin & Rena B Lewis (1994).

Penilaian merupakan proses sistematika dalam mengumpulkan data seseorang anak yang fungsinya untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan dalam menentukan apa yang sesungguhnya dibutuhkan. Berdasarkan informasi tersebut para guru bisa menyusun berbagai macam program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan kenyataan yang objektif.

  • Hargrove dan Poteet (1984)

Penilaian merupakan proses mengumpulkan informasi, dengan menggunakan alat dan teknik yang sesuai dan layak.

  • James A. Poteet & Ronald C Eaves (1985).

Penilaian merupakan sebuah proses pengumpulan informasi. Untuk guru, penilaian dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampilan dalam mengajar.

  • Bob Kizlik (2009)

Penilaian adalah suatu proses dimana informasi didapatkan berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian merupakan istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian).

  • Terry Overton (2008)

Penilaian merupakan sebuah proses pengumpulan informasi untuk memonitor kemajuan dan bila dibutuhkan pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan.

  • Palomba & Banta (1999)

Penilaian merupakan pengumpulan, review dan penggunaan informasi secara sistematik mengenai program pendidikan dengan tujuan meningkatkan belajar dan perkembangan siswa.

  • Richard I. Arends, 2008: 217

Penilaian merupakan proses mengumpulkan informasi mengenai siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional

  • Asmawi Zainul dan Noehi Nasution

Penilaian merupakan suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang didapat dengan melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.
  • Djemari Mardapi (1999: 8)

Penilaian merupakan kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.

  • Suharsimi Arikunto

Penilaian merupakan mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif.
  • Djemari Mardapi(1999: 8)

Penilaian merupakan kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.
  • Cangelosi (1995: 21)

Singkat saja, penilaian merupakan keputusan tentang nilai.
  • Akhmad Susrajat

Penilaian yakni ialah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk mendapatkan informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi peserta didik.

Kesimpulan

Dari beberapa pendapat para ahli mengenai penilaian, dapat disimpulkan bahwa penilaian merupakan proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa, menjelaskan serta menafsirkan hasil pengukuran, menggambarkan informasi mengenai sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi siswa.

Selain itu, penilaian memberikan informasi lebih konprehensif dan lengkap dari pada pengukuran, karena tidak hanya mengunakan instrument tes saja, melainkan mengunakan tekhnik non tes lainya. Penilaian merupakan kegiatan mengambil keputusan dalam menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik dan buruk serta bersifat kualitatif. Hasil penilaian sendiri meskipun bersifat kualitatif, bisa berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) & nilai kuantitatif (berupa angka).

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :