Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Faktor-Faktor Terlengkap

Posted on

Pengertian Perkembangan Ekonomi – Perkembangan Ekonomi adalah suatu kondisi meningkatnya pendapatan karena adanya peningkatan terhadap produksi barang dan jasa. untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi mengenai Perkembangan Ekonomi Mulai dari Pengertian Perkembangan Ekonomi, Faktor-Faktor Pendukung dan Faktor-Faktor Penghambat. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Perkembangan Ekonomi

Pengertian Perkembangan Ekonomi

Perkembangan Ekonomi adalah suatu kondisi meningkatnya pendapatan karena adanya peningkatan terhadap produksi barang dan jasa. Peningkatan pendapatan ini tidak dikaitkan dengan tingkat pertumbuhan jumlah penduduk, dan bisa dilihat dari output yang meningkat, perkembangan teknologi, dan berbagai inovasi dalam bidang sosial.

Faktor-Faktor Perkembangan Ekonomi

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa pengertian perkembangan ekonomi saling berkolerasi dengan pertumbuhan ekonomi. Nah, berikut ini faktor-faktor perkembangan ekonomi yang berkaitan dengan perkembangan ekonomi, seperti berikut ;

1. SDA (Sumber Daya Alam)

Kemudian Sumber Daya Alam juga menjadi faktor penting dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Mengapa? Hal ini karena dari sebagian besar negara yang berkembang, membuat perkembangan ekonomi negaranya bergantung dari Sumber daya alam yang dimiliki.

Namun, apabila sebuah negara tersebut memiliki Sumber Daya Alam yang baik tapi tidak didukung dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang berkualitas maka tentunya tidak mudah untuk memperoleh hasil produksi yang baik dari Sumber Daya Alam (SDA).

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Hal yang dipengaruhi dari proses pertumbuhan ekonomi ke arah perkembangan ekonomi yakni faktor SDM. Faktor Sumber daya manusia sangat berpengaruh terutama dalam hal proses perkembangan ekonomi. Proses perkembangan ekonomi ini nyatakan juga dalam sebuah proses pembangunan yang mengikuti.

Dalam proses pembangunan tersebut baik itu cepat ataupun lambatnya bergantung dari Sumber daya manusia karena sebagai subjek dalam pembangunan dan kompetensi yang dimiliki memadai untuk proses perkembangan ekonomi.

3. Budaya

Budaya juga memiliki dampak tersendiri dalam proses perkembangan atau pertumbuhan ekonomi. Karena faktor budaya mempunyai fungsi dalam membangkitkan serta mendorong terjadinya proses pengembangan & pembangunan ekonomi. Selain itu, Faktor budaya juga menjadi faktor utama karena sikap kerja, cerdas, ulet dan juga jujur.

4. IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

IPTEK juga menjadi salah satu faktor penting dalam proses perkembangan teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi yang canggih maka untuk mendapatkan proses perkembangannya juga akan lebih cepat. Tentunya hal ini mendukung perkembangan ekonomi.

5. Modal

Modal adalah salah satu faktor yang akan menentukan perkembangan ekonomi. Modal juga berkesinambungan dengan Sumber Daya Mansuia (SDM). Sealin itu modal juga menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk proses perkembangan ekonomi. Karena modal inilah yang nantinya akan meningkatkan hasil produktivitas dari pekerjaan.

Faktor-faktor penghambat perkembangan ekonomi

Selain faktor yang mendukung perkembangan ekonomi yang telah di jelaskan di atas tadi, ada juga faktor yang dapat menghambat yang perlu kita ketahui agar perkembangan ekonomi tidak terhambat. Adapun faktor-faktor tersebut yakni ialah :

1. KKN

Adanya Kuliah, Kerja Nyata (KKN)  akan dapat mempersulit sebuah negara dalam mengalami pertumbuhan atau perkembangan disektor perekonomian. Sehingga akan menyebakan terjadinya kekacauan yang tidak terkendali dalam perkembangan ekonomi.

2. Kenaikan harga BBM

Dengan terjadinya kenaikan harga BBM hal ini sangat mempengaruhi proses pertumbuhan atau perkembangan ekonomi. Hal ini karena dampak dari kebijakan yang dikeluarkan sehingga  akhirnya memberikan efek Mutiplayer effect yang akakn mempengaruhi seluruh pertumbuhan atau perkembangan ekonomi secara nasional.

3. Suku bunga yang tinggi

Bunga yang tinggi akan mempengaruhi terjadinya investasi dari beberapa pengusaha juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terutama dari negara-negara yang berkembang.

4. Tingkat keamanan

Tingkat keamanan, Apabila ingin perkembangan ekonomi yang lancar maka anda perlu menciptakan kondisi keamanan yang kondusif. Sebab hal ini mempengaruhi kondisi ekonomi akan menjadi lebih stabil lebih kuat. Maka dari itu sangat penting membuat stabilitas dalam bidang politik serta keamanan.

5. Inflansi

Inflansi juga memiliki dampak akan terjadinya penurunan indeks kepercayaan dari konsumen karena masyarakat sendiri akan mengurangi melakukan proses berbalanja. Karena masyarakat akan lebih menjadi berhati-hati terhadap barang dan takut terjadinya resiko kenaikan harga.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Perkembangan Ekonomi, Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :