Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli – Persediaan barang merupakan istilah yang diberikan untuk aktiva yang akan dijual dalam kegiatan normal perusahaan atau aktiva yang dimasukkan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk lebih lengkapnya simaklah Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya di bawah ini.

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli

Pengertian Persediaan Barang

Persediaan barang merupakan istilah yang diberikan untuk aktiva yang akan dijual dalam kegiatan normal perusahaan atau aktiva yang dimasukkan secara langsung maupun tidak langsung kedalam barang yang diproduksi dan kemudian yang akan dijual.

Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli

Agar menambah pemahaman kita mengenai Pengertian Persedian Barang maka simaklah Pengertian persediaan barang menurut beberapa ahli di bawah ini.

1. Zaki Badridwan (2000:149)

Menurut Zaki, persediaan barang merupakan sebuah istilah dari persediaan barang yang digunakan agar menunjukan barang-barang yang di miliki agar dapat dijual kembali atau juga digunakan agar bisa memproduksi barang-barang yang akan dijual.

2. M. Munandar dalam buku Marihot Manullang dan Dearlina Sinaga (2005:50)

Persediaan yakni sebagai persediaan berbagai macam barang atau bahan yang menjadi sebuah objek usaha pokok perusahaan.

3. Sofyan Assauri dalam buku Marihot dan Dearlina Sinaga (2005:50)

Menurut mereka, Persediaan barang yakni ialah sebagai suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang yang merupakan hak milik dari perusahaan dengan sebuah maksud agar dijual dalam suatu periode usaha normal ataupun persediaan berbagai macam barang yang masih dalam proses produksi maupun persediaan bahan baku yang juga menunggu penggunaannya di dalam proses produksi.

4. John J Wild, K R. Subramanyam dan Robert F Halsey (2004:265)

Mereka menjelaskan bahwa persediaan (inventory) adalah sebuah barang yang dijual di dalam aktivitas operasi normal perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli [Terlengkap]

Jenis-Jenis Persediaan Barang

Jenis-jenis persediaan tentunya berbeda sesuai dengan bidang atau kegiatan normal usaha dari perusahaan tersebut. Berdasarkan bidang usaha perusahaan bisa terbentuk perusahaan industri (manufacture), perusahaan dagang maupun perusahaan jasa.

Nah, agar kita dapat memahami perbedaan serta keberadaan dari tiap-tiap jenis Persediaan maka dapat dilihat dari penggolongan persediaan barang sebagai berikut:

  1. Perusahaan dagang mengunakan persediaan barang dagang
    Barang yang tersedia di gudang kemudian dibeli oleh pengecer atau perusahaan dagang untuk dijual kembali. Barang yang diperoleh untuk dijual kembali didapat secara fisik tidak diubah kembali. Maksudnya barang-barang tersebut tetap dalam bentuk yang telah jadi ketika meninggalkan pabrik pembuatnya.

    Dalam beberapa hal bisa terjadi beberapa komponen yang dibeli dan selanjutnya dirakit menjadi barang jadi. Misalnya seperti, sepeda yang dirakit dari kerangka, roda , gir dan sebagainya serta dijual oleh pengecer.

  2. Perusahaan industri (manufacture)
    Dalam sebuah perusahaan manufaktur persediaan barang yang dimiliki terdiri dari beberapa jenis-jenis yang berbeda. Masing-masing jenis menunjukkan macam-macam persediaan yang dimiliki.

Persediaan tersebut bisa dibedakan atau dikelompokkan menurut jenis dan posisi barang di dalam urutan pengerjaan produk, yaitu sebagai berikut :

  1. Persediaan bahan baku ( Raw materials stock)
    Yakni persediaan barang-barang berwujud yang digunakan dalam proses produksi, barang mana bisa diperoleh dari sumber-sumber alam ataupun dibeli dari supplier ataupun perusahaan yang menghasilkan bahan baku bagi perusahaan yang mengunakannya.
  2. Persediaan barang dalam proses (work in process atau progress stock)
    Yakni persediaan barang-barang yang keluar dari tiap-tiap bagian dalam satu pabrik atau bahan-bahan yang sebelumnya sudah diolah menjadi suatu bentuk, namun harus diproses kembali untuk menjadi barang jadi.
  3. Persediaan barang jadi (Finished good stock)
    Yakni persediaan barang-barang yang sudah selesai diproses dalam pabrik dan siap untuk dijual kepada pelanggan atau perusahaan lain.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

 

Beri Nilai Artikel Ini