10 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

10 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli – Populasi yakni merupakan sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang mana spesies tersebut hidup di wilayah yang sama serta memiliki kemampuan dalam mereproduksi antara sekolompok individu tersebut. Adapun Konsep semacam ini banyak dipakai dalam ekologi populasi & genetika.  Untuk lebih jelasnya akan membahas materi Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Secara Lengkap, Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi

Populasi yakni merupakan sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang mana mahkluk hidup tersebut hidup pada wilayah yang sama serta memiliki kemampuan dalam mereproduksi antara sekolompok individu tersebut. Adapun Konsep semacam ini banyak dipakai dalam ekologi populasi & genetika. Selain itu ekologi menganggap penduduk sebagai unsur dari sistem yang lebih luas dan populasi spesies yakni adalah bagian dari masyarakat.

Sementara, evolusi inipun bekerja melalui populasi. Genetika, melihat penduduk menjadi sarana ataupun tempat dalam pertukaran yang dimiliki dari tiap-tiap anggota.

Pengertian Populasi

Populasi (Statistika)

Berdasarkan statistik, bahwa populasi merupakan sekumpulan data yang mempunyai karakteristik yang sama dan menjadi obyek inferensi.

Adapun Inferensi statistik ini didasarkan oleh 2 konsep dasar, data penduduk keseluruhan, baik itu nyata maupun imajinasi & sampel, yang mana hal tersebut sebagai bagian dari populasi yang dipakai dalam membuat kesimpulan (penggambaran atau penggambaran) dari populasi dimana ia berasal. Sampel juga dianggap mewakili populasi. Sampel diambil dari populasi namun tidak bisa digunakan untuk mewakili populasi yang lain.

Dengan adanya sensus yang dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik populasi nyata. Dalam berbagai karakteristik dari sampel (statistik), Adapun nilai parameter yakni adalah nilai harapkan.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan apa itu populasi, simak ulasan berikut ini:

  • Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi, Populasi yakni sebagai keseluruhan subjek atau objek penelitian. Apabila seorang peneliti hendak meneliti semua elemen yang terdapat didalam wilayah penelitiannya, sehingga penelitiannya itu adalah penelitian populasi.

  • Margono (2004)

Menurut Margono, Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian para peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi ini juga berkaitan dengan data-data. Apabila manusia memberikan suatu data, maka jumlah populasi tersebut akan sesuai dengan banyaknya manusia.

  • Nazir (2005)

Menurut Nazir, populasi yakni adalah kumpulan individu dengan karakter serta kuwalitas yang telah ditetapkan oleh seorang peneliti. Adapun ciri atau kualitas tersebut yang mana hal itu dinamakan sebagai variabel. Ia membagi populasi menjadi 2 yakni populasi finit dan infinit.

  • Sugiyono (2008)

Menurut Sugiyono, Populasi adalah sebuah wilayah generalisasi yang tersusun dari objek ataupun subjek yang mempunyai karakteristik & kuwalitas tertentu yang ditentukan oleh seorang peneliti sebagai bahan untuk dipelajari yang kemudian mengambil sebuah kesimpulan.

  • Hadari Nawawi (1983)

Menurut Hadari, populasi merupakan keseluruhan dari objek penelitian yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, benda, peristiwa, gejala-gejala, maupun nilai tes sebagai sumber data yang memiliki karaktersitik tertentu dalam suatu kegiatan penelitian

  • I.B. Netra (1974, hal. 10)

Menurut I. B. Netra, Populasi yakni adalah seluruh individu yang menjadi wilayah penelitian yang akan dikenai generalisas

  • Nursalam (2003)

Menurut Nursalam, populasi yaitu keseluruhan dari variabel yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti.

  • Ismiyanto

Pengertian populasi menurut Ismiyanto, yakni populasi sebagai keseluruhan subjek penelitian baik itu berupa manusia, hewan, benda, maupun suatu hal yang di dalamnya dapat menghasilkan data informasi dalam penelitian.

  • Furchan (2004)

Pengertian populasi menurut Furhan, yakni populasi adalah objek, seluruh anggota kelompok, atau peristiwa yang telah dirumuskan oleh para peneliti secara detail.

  • Sudjana

Menurut Sudjana, populasi aykni merupakan keseluruhan semua nilai yang mungkin, hasil dari menghitung atau hasil pengukuran kuantitatif dan kualitatif tentang karakteristik tertentu dari seluruh anggota kumpulan yang lengkap yang mana seluruh anggota tersebut ingin dipelajari sifat-sifatnya.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Populasi Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :

 

5.0
01