Pengertian Populasi, Ciri, Jenis, Penyebab Meningkat & Menurun Populasi

Posted on

Pengertian Populasi – Populasi merupakan sekumpulan mahluk hidup yang memiliki karakteristik yang sama (species yang sama), hidup di wilayah geografis yang sama pada waktu tertentu, dan mampu bereproduksi di antara sesama mahluk hidup tersebut. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Populasi mulai dari Pengertian Populasi, Ciri Ciri Populasi, Jenis Jenis Populasi, Penyebabkan Meningkatnya Populasi, dan Penyebab Menurunnya Populasi di bawah ini.

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi

Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan yang memiliki karakteristik yang sama (species yang sama), hidup di wilayah geografis yang sama pada waktu tertentu, dan mampu bereproduksi di antara sesama mahluk hidup tersebut.

Pengertian lain, populasi merupakan sekumpulan penduduk atau jumlah penghuni di suatu daerah baik manusia, hewan, dan juga tumbuhan, yang berada pada suatu tempat atau ruang tertentu.  Sementara berdasarkan penelitian, populasi ialah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang memiliki karakteristik dan jumlah tertentu untuk dipelajari yang kemudian diambil kesimpulannya.

Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian populasi yaitu ialah suatu himpunan objek (mahluk hidup, gejala, benda atau peristiwa) yang memiliki karakteristik sama dan berada di tempat yang sama.

Ciri-Ciri Populasi

Populasi memiliki 2 ciri, yaitu ciri-ciri biologi dan ciri-ciri statistik. Berikut ini adalah penjelasan ciri-ciri populasi:

1. Lingkup Biologi

  • Terdapat organisasi serta struktur organisasi yang bersifat konstan dan juga yang fluktuasi sesuai waktu.
  • Memiliki sejarah kehidupan, mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, hingga mati.
  • Terpengaruh oleh dampak lingkungan serta merespon perubahan lingkungan.
  • Adanya hereditas di dalamnya.
  • Terintegrasi beberapa faktor genetik dan ekologi.

2. Lingkup Statistik

  • Kepadatan / ukuran besarnya suatu populasi termasuk berbagai parameter utama yang dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian.
  • Sebaran, populasi dipengaruhi oleh persebaran oleh suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, serta umur objek tersebut.
  • Populasi yang dipengaruhi oleh komposisi genetik
  • Terdapat dispersi, yaitu adalah sebaran individu intra populasi.

Jenis – Jenis Populasi

Berikut ini adalah jenis jenis populasi berdasarkan jumlah, sifat, dan perbedaan, adapun penjelasan dari ketiga jenis populasi tersebut sebagai berikut :

1. Berdasarkan Jumlah Populasinya

  • Populasi terbatas merupakan sumber data yang jelas batasanya secara kuantitatif, sehingga relatif bisa dihitung jumlahnya. Populasi ini memiliki ciri yang terbatas. Contoh: 2 juta wanita pada tahun 1988; dengan karakteristik mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
  • Populasi tak terbatas merupakan sumber data yang tidak bisa ditentukan jumlah batasannya sehingga relatif tidak bisa dinyatakan dalam bentuk jumlah. Contohnya : Narapidana yang ada di Indonesia

2. Berdasarkan Sifat Populasi

  • Populasi Homogen merupakan populasi yang unsurnya mempunyai sifat yang sama sehingga tidak harus dipersoalkan jumlahnya secara kuantitatif. Populasi seperti ini banyak ditemukan dalam ilmu eksakta.
  • Populasi heterogen merupakan sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang bervariasi, sehingga harus ditetapkan batas-batasannya secara kualitatif dan kuantitatif. Biasanya, populasi yang heterogen terjadi pada penelitian dibidang sosial dan obyeknya adalah manusia atau gejala dalam kehidupan manusia.

c. Berdasarkan Perbedaan Lain

  • Populasi target yaitu adalah jenis populasi yang telah ditentukan sesuai dengan masalah penelitian.
  • Populasi survey  yaitu ialah jenis populasi ini merupakan populasi yang terliput dalam penelitian yang dilakukan.

Penyebab Meningkatnya Populasi

Berikut ini adalah penyebab meningkatnya populasi, antara lain :

1. Natalitas (Kelahiran)

Natalitas , kepadatan populasi akan bertambah , angka kelahiran diperoleh menghitung jumlah kelahiran hidup tiap 1000 penduduk per tahun

2. Imigrasi

Imigrasi adalah masuknya individu maupun kelompok kedalam suatau wilayah yang tetntunya menambah jumlah penduduk atau populasi di wilayah tersebut.

3. Penyempitan Wilayah

Penyempitan wilayah juga menjadi penyebab padatnya populasi, wilayah yang seharusnya dapat di huni namun karena adanya penyempitan wilayah tentunya akan menyebabkan kepadatan penduduk.

Penyebab Menurunnya Populasi

Selain penyebab meningkatnya populasi di suatu wilayah, berikut ini adalah penyebab menurunnya populasi, lalu apa saja yang menyebabkan turunya populasi, antara lain :

1. Mortalitas

Kematian atau mortalitas, kematian seseoarng tentunya akan mengurangi kepadatan populasi artinya penduduk di wilayah tersebut akan berkurang , angka kematian diperoleh menghitung jumlah kematian tiap 1000 penduduk /tahun.

2. Emigrasi

Emigrasi adalah perpindahan dari dalam keluar, atau dengan kata lain, keluar tau pindahnya penduduk ke populasi yang lain. Dengan adanya penduduk yang pindah atau pergi akan mengurai kepadatan populasi

3. Perluasan Wilayah

Selain penurunan jumlah penduduk, menurunya kepadatan populasi juga bisa terjadi karena adanya perluasan wilayah. Dengan adanya perluasan wilayah tentunya akan mengurangi kepadatan populasi di wilayah itu sendiri.

Demikianlah pembahasan kamin menegnai Materi Populasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :