Pengertian Poster

Posted on
Pengertian Poster

Artikel makalah tentang Pengertian Poster meliputi dari pengertian, tujuan,ciri ciri, metode, manfaat, jenis, contoh dan cara membuatanya supaya mudah di pahami.

Tahukah apa yang dimaksud poster itu,,, hal ini merupakan salah satu media yang dapat dipublikasikan sehingga didalamnya terdapat gambar ataupun tulisan dari berbagai kombinasi dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. oleh karena itu hal ini memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi yang akan disampaikan ke media sehingga dapat di publikasikan secara masal.

Pengertian Poster

Pengertian poster adalah media yang dapat di publikasikan dalam berbagai informasi untuk mengungkapkan tulisan dan gambar kepada publik dalam bentuk masal.

Dengan demikian poster juga dapat ditempatkan atau di publikasikan pada lokasi yang sangat strategis, misalnya, sekolah, pasar, kantor, fasilitas kesehatan dan lainnya untuk menyampaikan Informasi yang akan diberikan oleh poster.

Poster juga sebagai bentuk seni grafis dua dimensi yang menggabungkan huruf dan angka sehingga dapat di gambarkan pada media kertas sehingga dapat di terapkan pada masyarakat luas atau publik.

Baca Juga: Arti Nolep

Ciri-Ciri Poster

Dari beberapa ulasan yang singkat di atas maka kami juga kan memberikan beberapa ciri – ciri dari poster daa dapat dipublikasikan dalam bentuk media masal.

Berikut beberapa ciri-ciri yang terdapat pada poster adalah sebagai berikut :

  • Poster memiliki desain yang komposisi dari huruf dan gambar yang terdapat pada media yang mendatar dan berukuran yang sangat besar.
  • Poster terdapat cara dalam pembuatannya pada permukaan krtas yang rata dan dapat menarik perhatian orang banyak.
  • Poster dapat di buat dengan teknik pewarnaan secara kontras dan pemilihan warna yang bagus.
  • Menggunakan kata dan bahasa yng mudah di pahami dan mudah di mengerti.
  • Menggunakan gambar supaya terlihat berkesan menarik perhatian para pembaca.
  • Harus meningalkan kesan yang baik

Syarat Poster

Dari beberapa pembahasn di atas maka kami juga akan memberikan beberapa syarat dalam pembuatan poster diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Poster menggunakan kata kata dan bahasa yang mudah untuk di mengerti.
  • Susunan kalimat nya harus harus jelas padat dan singkat.
  • Poster memiliki dikombinasi huruf dan gambarnya
  • Poster harus bisa menarik perhatian orang
  • Poster harus menggunakan media yang mudah sehingga dapat di publikasikan
  • Terdapat ukuran yang harus disesuaikan dengan pemasangan serta tempat kejadian
  • Jenis font dengan huruf mudah dibaca

Baca Juga: Arti Ekspektasi

Cara Membuat Poster

Dari pembahasan di atas maka kami akan memberikan ulasan bagaimana membuat sebuah poster yang baik dan menarik dengan langkah-langkah nya.

1. Tentukan Topik & Tujuan

Dalam hal ini adalh pertama-tama harus mendefinisikan apa yang akan dibahas sehingga kegiatan akan mudah di laksanakan kemudian tentukan topik dan tujuan supaya dapat melakukan untuk dipromosikan kepada publik.

2. Buat Kalimat Singkat dan Bermakna

Dalam hal ini adalah harus membuat kalimat yang singkat dan bermakna pada saat membat poster sehingga pengunjung akan terlihat mudah untuk membacanya.

Buatlah kalimat yang pendek dan jelas dan jangan membuat kalimat yang akan membingungkan pembaca suaya poster tersebut akan mudah terkenal di media publik.

3. Gunakan Gambar

Dalam hal ini juga harus mengunakan gambar supaya dapat menarik perhatian pembaca serta gunakan juga beberapa gambar yang menarik untuk dalam pembuatan poster tersebut.

4. Gunakan Media yang Tepat

Dalam hal ini juga harus menggunakan media dan tempat yang menarik sehingga pada saat diterbitkan akan menentukan apakah poster banyak dilihat atau tidak.

Jenis-Jenis Poster

Sesuai dengan isinya, poster terbagi menjadi empat macam dimana kalimat-kalimat berikut akan menjelaskan jenis-jenisnya secara lebih rinci:

A. Poster Niaga

Poster Niaga Merupakan poster yang banyak di gunakan pada berbagai media karena isinya mengunakan kalimat dan gambar sebagai bahan untuk mempromosikan produk.

B. Poster Kegiatan

Poster Kegiatan merupakan sebagai media supaya poster dapat di publikasikan dalam penyelenggara acara atau kegiatan atau yang bersifat memberikan informasi secara rinci.

C. Poster Pendidikan

Poster pendidikan sebagai sosialisasi program dengan adanya pendidikan dari pemerintah sehingga pemerintah dapat memberikan program wajib belajar 9 tahun.

D. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah salah satu poster yang bertujuan untuk mempromosikan program pada layanan masyarakat yang dibuat oleh pemerintah.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang pengertian poster dan ciri-ciri serta fungsinya, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan untuk kita semua.

Semoga bermanfaat…!

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi