Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri-Ciri, dan Mengembangkan Potensi Diri

Posted on

Pengertian Potensi Diri – Potensi diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih tersimpan atau terpendam didalam sesuatau tersebut yang menunggu untuk dinyatakan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Potensi Diri ini mulai dari Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri-Ciri, dan Mengembangkan Potensi Diri. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Potensi Diri

Pengertian Potensi Diri

Potensi diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih tersimpan atau terpendam didalam sesuatau tersebut yang menunggu untuk dinyatakan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut (Wiyono, 2006:37). Jadi, potensi diri manusia yakni merupakan kemampuan dasar yang dimiliki manusia namun masih terpendam didalam dirinya yang menunggu untuk dinyatakan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia.

Jenis-Jenis Potensi

Nashori (2003:89) Potensi memiliki beberapa jenis, yakni:

  • Potensi Berfikir

Manusia memiliki potensi berfikir. Allah sering kali memerintah kita untuk berpikir, maka berfikir. Seseorang hanya disuruh berfikir sebab ia memiliki potensi untuk berfikir. Maka disebut bahwa masing-masing manusia memiliki potensi untuk belajar dari informasi baru, dan menghasilkan pemikiran baru.

  • Potensi Emosi

Potensi emosi artinya masing-masing manusia memiliki potensi cita rasa, yang mana dengan hal tersebut manusia dapat memahami orang lain, ingin mencintai dan dicintai, memperhatikan dan diperhatikan, menghargai dan dihargai, cenderung kepada kebaikan dan keindahan.

  • Potensi Fisik

Pada waktu-waktu tertentu manusia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadikan gerakan fisik yang efektif dan efisien serta memiliki kekuatan fisik yang tangguh. Seseorang yang memiliki bakat dalam bidang fisik bisa mempelajari olah raga dengan cepat dan selalu menampilkan permainan yang terbaik.

  • Potensi Sosial

Seseorang yang memiliki potensi sosial yang besar tentu memiliki kapasitas dalam penyesuaian diri dan mempengaruhi orang lain. Adapun kemampuan menyesuaikan diri dan juga mempengaruhi orang lain berdasarkan kemampuan belajarnya, baik dalam dataran pengetahuan maupun keterampilan seseorang tersebut.

Ciri-Ciri Potensi Diri

Ciri-ciri seseorang yang memahami potensi dirinya sendiri dapat bisa dilihat dalam sikap dan perilakunya sehari-hari baik dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat karena ini bisa menjadi tolak ukur bagi seseorang terebut. Selain itu seseoarang yang berpotensi memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Senang belajar dan selalu melihat kekurangan dirinya.
  • Mempunyai sikap yang luwes.
  • Tidak takut melakukan perubahan secara total untuk perbaikan.
  • Tidak menyalahkan orang lain maupun keadaan.
  • Mempunyai sikap yang tulus bukan kelicikan.
  • Rasa tanggung jawab ada padanya.
  • Menerima kiritik dan saran dari orang.
  • Berjiwa optimis, tidak mudah putus asa.

Mengembangkan Potensi Diri

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengetahui, menilai atau mengukur dengan tepat mengenai berbagai kelebihan dan kelemahan seseorang, sebagai berikut:

  • Introspeksi Diri “Pengukuran Individual”

Berdasarkan cara ini, seseorang meluangkan waktunya untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukannya selama ini, apa yang telah ia raih dan apa yang ia miliki saat yang mana hali ini sebagai suatu kelebihan yang dapat mendukung dan apa yang ia miliki sebagai suatu kekurangan yang memperlambat tercapainya prestasi tinggi. Cara ini sangat efektif bilamana individu bersikap jujur, terbuka pada dirinya sendiri, mau dengan sungguh-sungguh memperhatikan kata hatinya.

  • Feedback Dari Orang Lain

Feedback dari orang lain maksudnya disini seseorang meminta masukan berupa data penilaian atau informasi tentang dirinya menurut pendapat orang lain. Masukan berupa umpan balik “feedback” ini mencangkup segala sesuatu tentang sikap dan juga perlikau seseorang yang terlihat dipersepsi oleh orang lain yang berjumpa dengannya, berinteraksi dengannya. Cara lain bertujuan untuk membantu seseorang memperbaiki diri dan meningkatkan potensi diri.

  • Tes Psikologi

Dalam cara ini, tes psikologi yakni guna mengukur potensi psikologis individu agar dapat memberi gambaran kekuatan dan kelemahan individu tersebut pada berbagai aspek psikologis seperti kecerdasan atau kemampuan intelektual, berpikir kreatif, potensi kerja, logika berpikir, sumber energi kerja, motivasi, ketahanan terhadap stress kerja”, kemampuan sosiabilitas, kepekaan perasaan, kemampuan membina dan potensi kepemimpinan tingkah laku.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Potensi Diri, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :