Pengertian Produksi

Posted on
Pengertian Produksi

Artikel makalah tentang Pengertian Produksi distribusi dan konsumsi, meliputi dari, fungsi, faktor, ciri-ciri, manfaat, jenis, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa produksi itu,,, Menurut definisi produksi adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dapat menghasilkan atau menambah beberapa nilai guna untuk mengembangakan suatu barang atau jasa. Dengan demikian  kegiatan produksi disebut juga sebagai salah satu kegiatan produsen. Suoaya lebih mudah memahaminya langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Produksi

Produksi adalah salah satu aktivitas yang dimana sebuah objek dapat meningkatkan suatu pekerjaan guna untuk memenuhi persyaratan sehinga hasil dari produksi akan meningkat sesuai dengan keinginan komsumen.

Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran yang akan sehingga hasil dari barang dan jasa yang tersedia akan mudah di pasarkan.

Berdasarkan pemahaman produksi juga memiliki beberapa aspek untuk menciptakan barang-barang yang berkualitas untuk membangun dan dapat juga memperbaiki hasil dari barang yang di produksi.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

Faktor Produksi

Dari beberapa ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa faktor-faktor yang terdapat pada hasil dari produksi beserta penjelasnya

Berikut beberapa faktor yang terdapat pada produksi adalah sebagai berikut:

A. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah sebuah kemampuan atau upaya manusia dalam bentuk hal-hal fisik atau spiritual yang akan digunakan untuk meningkatkan penggunaan untuk menghasilkan barang yang dapat di gunakan sebagaoii objek.

Dalam hal ini juga barang yang di hasilkan akan berkualitas sebagai mana kebutuhan dari sumber daya manusia yang akan di jadikan sebagai bidang pekerjaan yang sudah terlatih.

B. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal adalah sebuah alat atau barang yang dibuat untuk digunakan sebagai alat untuk menghasilkan barang yang akan do poroduksi akan maksimal, sehingga konsumen dapat menjaga kerja sama yang diperlukan dalam bentuk uang.

C. Keahlian

Keahlian adalah sebuah faktor yan terpenting dalam proses produksi sehingga keahlian dan keterampilan akan menghasilkan barang dan jasa dengan kualitas yang sangat baik.

D. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah sebuah faktor yan dapat di gunakan oleh manusia untuk mencapai sebuah kekayaan yang akan di produksi dari hasil alam dan lingkungan dengan kekayaan dari suatu wilayah.

Fungsi Produksi

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi dari kegiatan produksi.

Berikut ini adalah fungsi yang di ciptakan dari produk adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Nilai Guna

Proses terjadi nya produksi yang akan di gunakan untuk menciptakan nilai guna dari suatu barang sehingga barang yang di gunakan akan mempunyai nilai gunanya.

Contohnya:

  • Material bahan bangunan seperti kayu bata , kaku dan beberapa bahan yang lainya sehingga akan menghasilkan sebuah rumah.
  • Kapas dan benang dan bahan yang lainnya sehingga akan menghasilkan sebuah baju, kain umumnya pakaian.

2. Menambah Nilai Guna

Proses produksi dapat menambah nilai dan penggunaan yang tertentu sehingga memiliki nilai guna dan akan dsiproses hinga mengubah fungsi yang lama menjadi fungsi baru.

Contohnya:

  • Melakukan memodifikasi kendaraandan menambah kecepatan yang lebih baik.
  • Melakukan merenovasi rumah menjadi sebuah Hotel.

Baca Juga: Pengertian Poster

Jenis Jenis Produksi

Setelah mengetahui beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam jenis jenis produksi dan contoh nya.

Berikut ini jenis-jenis produksi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Produksi Perdagangan

Produksi perdagangan adalah salah satu kegiatan dengan menghasilkan dari hasil produksi sehingga memiliki peranan sebagai penghubung ke konsumen.

Contohnya:

  • Membeli barang dari hasil produk pertanian yang telah diproses oleh petani sehingga di jual kepada pengecer atau konsumen.
  • Membeli barang dari hewan yang diproses oleh peternak dan kemudian jual ke pengecer atau ke konsumen.

2. Produksi Pertanian

Produksi pertanian adalah suatu kegiatan produksi yang di mana beberapa sumber daya alam yang akan digunakan untuk menghasilkan produk dalam bentuk barang yang baik.

Contohnya:

  • Menanam buah-buahan dan sayuran dan akan di jual kepada masyarakat atau kepasar tradisional.
  • Beternak hewan sapi, kambing, ayam, dan hasil nya akan di jual ke masyarakat atau ke pasar tradisional.

3. Produksi Industri

Produksi industri adalah sebuah kegiatan produksi yang dapat mengubah atau mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi hingga dapat dijual kepada publik.

Contohnya:

  • Perusahaan makanan setengah jadi
  • Perusahaan makanan ringan

4. Produksi Pengangkutan

Produksi Pengangkutan adalah sebuah kegiatan produksi yang akan digunakan sebagau pengangkitan barang yang dikirim ke pabrik atau kelokasi pada penjualan.

Contohnya:

  • Transportasi produk pertanian
  • Mengangkut bahan makanan yang dijual kepada konsumen

5. Produksi Ekstraktif

Produksi Ekstraktif adalah sebuah kegiatan produksi yang di mana bahan yang di hasilkan dari hasil sumber daya alam atau bumi hingga barang yang di hasilkan akan mudah dijual ke perusahaan atau ke pasar tradisional.

Contohnya:

  • Penambangan batu bara
  • Penambangan minyak bumi
  • Penambangan emas

6. Produksi Jasa

Produksi Jasa adalah sebuah kegiatan produksi dengan tujuannya untuk memberuklan layanan dan keahlian sepaya dapat memecahkan masalah.

Contohnya:

  • Jasa bengkel mobil
  • Jasa dokter

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasn dari pengertian produksi dan tujuan serta jenis-jenis nya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfat ntuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Toleransi