Pengertian Promosi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli – Pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian promosi secara umum dan menurut para pakar dan yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Yang mana pengertian ini dikemukakan oleh ahli yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Agar lebih jelas silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Promosi
Promosi

Pengertian Promosi Menurut Ahli

Berikut ini materibelajar.co.id memaparkan definisi promosi menurut para ahli dibidangnnya, berikut ini penjelasannya :

1. Boyd (2000:65)

Boyd mengemukakan bahwa pengertian promosi merupakan upaya untuk membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

2. Swastha (2000:22)

Swastha mengemukakan pengertian lain yakni promosi adalah promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dirancang untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian promosi merupakan kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, demontrasi, periklanan dan usaha lain yang bersifat persuasif.

4. Stanton (1993)

Stanton berpendapat bahwa pengertian promosi merupakan kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.

5. Saladin (2003)

Saladin mengemukakan pengertian promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didaya gunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.

6. Zimerer (2002)

Zimerer berpendapat bahwa pengertian promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dibuat untuk menginformasikan konsumen mengenai produk atau jasa dan untuk mempengaruhi mereka agar mau membeli barang atau jasa yang mencakup publistas, penjualan perorangan serta periklanan.

7. Marwan Asri (1991)

Marwan Asri mengemukakan pengertian promosi merupakan salah satu bagian dari marketing mix yang sangat besar peranannya. Promosi yakni suatu ungkapan dalam arti yang luas tentang kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong agar konsumen membeli produk yang ditawarkan

8. American Marketing Association (AMA)

AMA mengemukakan pendapat nya bahawa pengertian promosi yang dilansir dari bukunya Sustina (2003) yakni ,Promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk.

9. Ratih Hurriyati

Ratih Hurriyati berpendapat bahwa pengertian promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. bagaimanapun kualitas sebuah produk, jika konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan bermanfaat bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.

10. Rambat Lupiyoadi (2006:120)

Rambat Lupiyoadi mengemukakan pengertian promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produk-produk nya.

11. Sisttaningrum (2002:98)

Sisttaningrum juga mengemukakan pengertian promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka ingin melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

12. Gitosudarmo (2000:237)

Gitosudarmo memberipengertian bahwa promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka kenal dengan produk yang diajukan oleh perusahaan kepada mereka agar  mereka menjadi senang kemudian membeli produk tersebut.

13. Swastha dan Irawan (2005:349)

Swastha dan Irawan mengemukakan pengertian promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap kegiatan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

14. Tjiptono (2002:219)

Tjiptono mengemukakan pengertian bahwa promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berupaya menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya agar bersedia membeli, menerima produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

15. Boone dan Kurtz (2002:129)

Boone dan Kurtz mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan proses menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk suatu keputusan pembelian.

16. Kusmono (2001:374)

Kusmono mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak yang lain agar berpartisipasi dalam melakukan pertukaran.

17. Suryana (2001:112)

Suryana mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan upaya mengkomunikasikan barang dan jasa yang diajukan agar konsumen mengenal dan membeli.

18. Madura (2001:157)

Madura mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan tindakan memberitahukan atau mengingatkan mengenai spesifikasi produk atau merek.

19. Kotler dan Keller (2010:496)

Kotler dan Keller mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan sarana dimana perusahaan berusaha untuk menginformasikan, mengingatkan dan membujuk calon konsumen baik secara langsung atau tidak langsung mengenai suatu produk dan merek yang mereka jual.

20. Buchari Alma (2006:179)

Buchari Alma mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan sejenis komunikasi yang memberi keterangan dan meyakinkan calon pembeli mengenai barang serta jasa bertujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan serta meyakinkan calon pembeli.

21. Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman(2002:123)

Djaslim Saladin serta Yevis Marty Oesman mengemukakan pengertian promosi merupakan suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli tujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal agar mengenal sehingga menjadi membeli dan mengingat produk tersebut

22. Stanton (2007:456)

Stanton mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk mengenai produk perusahaan dengan tujuan mempengaruhi penerima, sehingga merasa percaya.

23. Agus Hermawan (2013:38)

Agus Hermawan mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan salah satu prioritas dari kegitan pemasaran yang diberitahukan kepada konsumen bahwasannya perusahaan meluncurkan produk baru yang menggoda konsumen untuk melangsungkan kegiatan pembelian.

24. Rangkuti (2009:49)

Rangkuti mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang gunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk mengenai produk perusahaan

25. Daryanto (2011:94)

Daryanto mengemukakan pengertian promosi merupakan kegiatan akhir dari marketing mix yang  penting karena umumnya pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli dan keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen.

26. Kotler dan Armstrong (2012:76)

Kotler dan Armstrong mengemukakan pendapat bahwa pengertian promosi merupakan Promotion means activities that communicate the merits of the product and persuade targe customers to buy it. Artinya promosi adalah kegiatan yang mengkomunikasikan fungsi dari suatu produk dan membujuk calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

Pengertian Promosi Secara Umum

Secara umum promosi ialah upaya untuk menginfokan/memberitahu dan menawarkan suatu produk ataupun jasa dengan tujuan agar calon pembeli ingin membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya suatu promosi ini distributor dan produsen mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Demikianlah Pembahasan kami mengenai Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda…

Artikel Lainya :