Pengertian Proposal

Posted on
Pengertian Proposal

Artikel makalah tentang Pengertian Proposal meliputi dari pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, metode, klarifikasi, jenis, ciri-ciri, struktur, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Proposal,,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk dari karangan ilmiah, karena hal ini sangat indentik dengan surat pengajuan untuk menggalang dana dalam suatu kegiatan atau sebagai pengajuan dalam bentuk surat terhadap seponsor, proposal juga memiliki arti sebagai bentuk untuk melakukan permohonan secara bersama.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal merupakan salah satu kegiatan yang akan dilakukan secara sistematis dan terperinci dalam bentuk tertulis sehingga proposal tersebut akan dibuat agar dapat disetujui oleh pihak yang bersangkutan.

Dengan demikianlah proposal dapat juga di gunakan untuk mengajukan hibah, yang nantinya akan bekerja sama pada pihak-pihak yang memberikan dukungan.

Proposal juga sebuah rencana yang akan dirancang secara sistematis untuk memberi gambaran tentang sebuah kegiatan pada sebuah perusahaan.

Dalam pembuatan proposal harus dilakukan pada saat kegiatan akan di lakukan sehingga pada pihak yang menerima akan mudah untuk mempertimbangkan kegiatan yang akan di laksanakan.

Baca Juga: Pengertian Simbiosis

Fungsi Proposal

Dari ulasan yang singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi dari proposal diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Proposal dapat berfungsi sebagai bahan penelitian dengan mengajukan sebuah anggaran dana yang akan digunakan untuk melakukan tentan kegiatan sosial, budaya, dan bisnis.
  • Proposal dapat digunakan dalam dunia bisnis untuk melakukan sebagai citra dari proyeksi pada saat memulai bisnis.
  • Proposal dapat digunakan untuk mengajukan penawaran dari berbagai lembaga negara atau swasta.
  • Proposal dapat digunakan untuk mengadakan acara kegiatan yang tertentu seperti perayaan kompetisi dan kegiatan seminar.
  • Proposal dapat digunakan untuk mentransfer dana ke lembaga supaya dapat mendukung acara.

Tujuan Proposal

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi nya maka kami juga akan memberikan beberapat tujuan dalam pembuatan proposal diantaranya:

  • Supaya mudah mendapatkan bantuan dana
  • Supaya mendapatkan izin acara yang akan di lakukan
  • Supaya mendapatkan dukungan
  • Sipaya mendapatkan sponsor

Jenis-Jenis Proposal

Dari beberapa ulasan di atas mungkin di antara kita belum tahu tentang jenis dari proposal, nah di sini juga kami akan memberikan beberapa macam jenis proposal kegiatan diantaranya:

1. Proposal Wirausaha

Proposal Wirausaha merupakan salah satu bentuk lembaga dengan menyusun proposal untuk suatu kegiatan yang dimiliki oleh pihak internal yang telah memegang posisi tertinggi sehingga lembaga akan mendapatkan perizinan dan sponsor dengan pedoman pada perusahaan tersebut.

2. Proposal Proyek

Proposal Proyek merupakan salah satu serangkaian yang berisi tentang kegiatan dan acara dalam kegiatan pada perusahaan sehingga dapat membagun kantor atau lembaga yang leinnya.

3. Proposal Penelitian

Proposal penelitian merupakan salah satu landasan tentang sebuah acuan atau gagasan dan ide yang diperuntukkan untuk mengadakan penelitian sehingga akan membutuhkan sebuah gambaran nya supaya dapat di pertimbangkan.

Proposal penelitian terdapat beberapa jenis diantaranya:

  • Proposal Penelitian Kuantitatif – adalah salah satu bentuk proposal dalam bnentu studi yang menggunakan pendekatan sehingga didasari dengan kerangka teori dan ide-ide tentang pengalaman.
  • Proposal Penelitian Kualitatif – adalah salah satu bentu proposal holistik-konstektual dengan melalui dari peneliti sebagai tempat instrumen dari kunci.
  • Proposal Penelitian Kajian Pustaka – adalah salah satu bentuk proposal yang dapat memecahkan masalah yang didasari dari landasan yang relevan.
  • Proposal Penelitian Pengembangan – adalah salah satu bentuk proposal yang dapat menghasilkan produk atau rencana dengan gagasan dari suatu masalah yang aktual.

4. Proposal Bisnis atau Usaha

Proposal ini adalah salah satu tie proposal dari rancangan rencana yang akan dikerjakan secara kelompok atau perorangan pada investor.

5. Proposal Nonformal

Proposal Nonformal adalah salah satu bentuk proposal yang terdapat beberapa saran dalam memecahkan masalah dari permohonan yang akan di laksana kan.

6. Proposal Formal

Proposal formal adalah salah satu bentuk yang dapat mengesahkan permohonan yang di dasari dari latar belakang dengan pembatasan masalah dari ruang lingkup pada suatu lembaga.

Baca Juga: Pengertian Fermentasi

Ciri Ciri Proposal

Dari beberapa ulasan yang sudah kami bahas di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa ciri yang di miliki proposal diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Proposal berisikan tentang rangkuman dari rancangan kegiatan yang akan di lakukan
  • Sebagai sara untuk memberikan informasi tentang kegiatan
  • Berisikan dari tujuan dan latar belakang masalah secara rinci dan jelas
  • Proposal memiliki bentuk dari lembaran yang dapat memberitahukan tentang kegiatan yang terkait.

Struktur Proposal

Nah sobat dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa struktur dalam penulisan proposal secara umum.

Berikut beberapa struktur dari proposal di antaranya:

Sampul/Cover – Hl ini merupakan salah satu struktur kegiatan yang di landasi dari logo atau organisasi dan mencantumkan sampul sehingga hal ini dapat digunakan sebagai sampul proposal.

Nama atau Judul kegiatan – Hal ini merupakan salah satu struktur kegiatan yang di landasi dari nama dan judul kegiatan yang akan di laksanakan segina mudah untuk mendapatkan izin pada saat melaksanakan kegiatan.

Latar Belakang – Hal ini merupakan salah satu struktur kegiatan yang di landasi dari latar belakang dan isinya terdapat dari pokok-pokok kegiatan yang akan di laksanakan.

Tujuan Kegiatan – Hal ini meruakan salah satu struktur yang di landasi dari tujuan dari suatu kegiatan sehingga dan Isinya juga dapat di lakukan secara rinci supaya pembaca dapat menyetujui acara tersebut.

Tema – Adalah salah sastu struktur dari yang mendasari kegiatan sehinga dapat disepakati secara bersama.

Sasaran atau Peserta РHal ini merupakan salah satu struktur yang dibuat secara jelas sehingga sasaran atau target akan mengetahui kegiatan tersebut.

Tempat dan Waktu – Hal ini merupakan salah satu struktur yang di landasi dari tempat dan waktu dan membuat nya juga harus jelas dan terperinci sehingga acara yang diadakannya akan berjalan dengan mudah.

Jenis Kegiatan – adalah semua bentuk kegiatan harus dibuat dengan jelas sehingga memiliki tujuan yang dapat dimanfaat kan.

Penutup – Adalah salah satu struktur yang berisikan dengan kalimat maaf dan terima kasih kepada pembaca dalam pengajuan proposal sehingga proposal yang di ajukan akan mendapat penilaian yang baik dari rekan pada perusahaan dan dapat dinilai sah.

Nah demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang pengertian dari proposal dan tujuan serta funginya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih…!

Baca Juga: Globalisasi Adalah