Pengertian Referensi Meliputi Jenis, Tujuan dan Contoh

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian referensi beserta jenis, tujuan dan contoh referensi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian referensi

Pengertian Referensi

Referensi disebut juga Rujukan, yaitu sesuatu yang dipakai pemberi informasi atau pembicara untuk menyokong serta memperkuat pernyataan dengan tegas”

Rujukan atau referensi mungkin menggunakan faktual ataupun non faktual. Rujukan faktual terdiri dari kesaksian, statistik contoh, dan objek aktual. Rujukan bisa berwujud dalam bentuk bukti, nilai-nilai, dan atau kredibilitas.

Sumber materi rujukan yaitu tempat materi tersebut ditemukan.

Jenis-Jenis Referensi

Materi-materi rujukan faktual dan rujukan non faktual mungkin muncul pada tiga bentuk yaitu

  1. Bukti seperti contoh, statistik, dan kesaksian.
  2. Nilai yang dianut oleh orang yang menerima argumentasi (anggota khalayak).
  3. Kredibilitas pemberi informasi . Contohnya: seorang pemberi informasi yang merujuk pada pengalamannya sendiri untuk menyakinkan pemirsanya

Tujuan Pembuatan Referensi

Berikut adalah bebrapa tujuan pembuatan referensi

  1. Menghindari plagiarisme
  2. Menghargai karya seseorang
  3. Rujukan untuk informasi yang kompleks
  4. Memudahkan para pembaca mencari sumber yang benar

Pengelompokan koleksi referensi berdasarkan sifat informasinya:

a.  Jenis rujukan umum yang memuat informasi mengenai kata beserta istilah
b.  Jenis rujukan umum yang memuat informasi mengenai sumber kepustakaan
c.   Jenis rujukan umum yang lainnya, termasuk dalam kelompok ini adalah buku petunjuk atau pegangan

Referensi merupakan kata kerja to refer yang memiliki arti rujukan atau menujukan kepada. Referensi adalah rujukan tentang informasi yang di pakai penulis atau pustakawan untuk membantu mendapatkan informasi berdasarkan sumbernya.

Biasanya dalam perpustakaan buku referensi di kumpulkan dan di sebut sebagai “koleksi referensi”,sedangkan untuk ruang penyimpanannya di sebut “ruang referensi”Umumnya di perpustakaan selalu tersedia buku referensi sehingga memudahkan pengunjung untuk menggunakannya setiap di perlukan.

Pada umumnya koleksi perpustakaan ditinjau dari isinya yang terdiri dari dua jenis, yaitu koleksi sirkulasi dan koleksi referensi (koleksi rujukan).

memahami masing-masing fungsi dari jenis koleksi itu agar dalam mencari informasi di perpustakaan berjalan efektif serta efisien.

Koleksi sirkulasi (buku teks) umumnya merupakan buku ajarkan dimana setiap babnya adalah satu kesatuan yang saling berhubungan pokok bahasannya. hingga dalam pemanfaatannya biasanya harus dibaca secara keseluruhan.

Berbeda dengan koleksi referensi, koleksi ini adalah koleksi yang memberikan penjelasan tentang informasi. Informasi ini bersifat menyeluruh pada lingkupnya, uraiannya padat, fungsinya mampu memudahkan penemuan informasi dengan cepat, tepat dan benar.

Contoh referensi:

-Smith, John. (2005). Playing nicely together. St. Petersburg, FL (USA): Wikimedia Foundation
-Sophia, S. 2002, Petunjuk Sitasi beserta Cantuman daftar Pustaka Bahan Pustaka Online, Pusat Perpustakaan serta Penyebaran Teknologi Pertanian, Departemen Pertanian, Bogor.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian referensi beserta contoh-contohnya, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :