Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Posted on

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum – Rehabilitasi merupakan suatu kegiatan atau proses dalam membantu penderita yang memiliki penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik psikologis, dan sosial yang maksimal. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi mengenai Pengertian Rehabilitas Menurut Para Ahli. Maka simkalah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Rehabilitas

Pengertian Rehabilitas

Rehabilitasi merupakan suatu kegiatan atau proses dalam membantu penderita yang memiliki penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik psikologis, dan sosial yang maksimal.

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian rehabilitas menurut beberapa ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya ;

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Rehabilitas adalah pemulihan kepada kedudukan(Nama Baik) yang semula perbaikan anggota tubuh yang cacat dan yang lainnya atas individu (misalnya pasien rumah sakit, korban kecelakaan) agar menjadi manusia yang berguna dan memiliki posisi di masyarakat.

  • Subagyo (2006:105)

Rehabilitas merupakan pemulihan kesehatan jiwa & raga yang ditunjukan kepada para pecandu narkoba yang telah menjalani program kuratif. Adapun tujuannya yakni supaya pecandu tidak memakai lagi dan bebas dari penyakit seperti kerusakan fisik (syaraf, otak, paru-paru, ginjal, hati dan lain-lain), rusaknya mental, perubahan karakter dari positif kearah yang negatif, anti social, penyakit-penyakit ikutan seperti HIV/AIDS, Hepatitis, sifilis, dan yang lainnya yang karenakan bekas pemakaian narkoba.

  • Rehabilitasi menurut Undang-Undang

Rehabilitas merupakan pemulihan hak seseorang dalam kemampuan atau posisi semula yang diberikan oleh pengadilan. Menurut Pasal 1 ayat 22 KUHAP yang menjelaskan bahwa rehabilitasi merupakan hak seseorang untuk mendapatkan pemulihan haknya dalam kedudukan, harkat dan martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, peradilan karena ditangkap, dituntut atau diadili tanpa alasan yang berdasarkan Undang-Undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang ini sendiri.

  •  Departemen Sosial

Rehabilitas merupakan suatu proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan para penderita cacat sanggup melakukan fungsi-fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.

  • Lambertus, 2001:19

Rehabilitas tidak hanya sekedar memulihkan kesehatan si pecandu, karena selain dari itudapat juga memulihkan serta menyehatkan seseorang pecandu secara utuh dan menyeluruh. Rehabilitas narkoba merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan menyeluruh. Penyakit pecandu narkoba ini akan selalu meninggalkan rasa ketagihan mental maupun fisik.

Ada yang dapat mengatasinya dalam waktu yang singkat, ada juga yang harus berjuang seumur hidupnya untuk memulihkannya. Karena itu rehabilitas korban pecandu narkoba harus mengikuti usaha-usaha untuk mendukung para korban, hari demi hari dalam rencana pengembangan dan pengisian hidup secara bermakna serta berkualitas di bidang fisik, mental, spiritual, dan juga sosial

  • Soewito

Rehabilitas merupakan bentuk usaha, baik di bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, ekonomi, maupun bidang lainnya yang di koordinir menjadi proses yang berkelanjutan yang tujuannya untuk memulihkan tenaga penderita cacat baik jasmani dan juga rohani, untuk mengambil posisi kembali di masyarakat sebagai anggota penuh yang swasembada, produktif dan berguna bagi masyarakat .

  • Banja

Rehabilitas merupakan suatu program holistik dan terpadu atas intervensi medis, fisik, psikososial dan juga vokasional yang memberdayakan individu penyandang cacat untuk meraih pencapaiannya kebermaknaan sosial dan interaksi efektif yang fungsional dengan dunia.

  • Renwick & Friefeld

Rehabilitas merupakan suatu kegiatan multidisipliner yang memulihkan kembali aspek-aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu sehingga bisa melakukan komunikasi, aktivitas harian, mobilitas, pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan yang bermakna.

  • Dr. Rusk

Rehabilitasi adalah self rehabilitation (Rehabilitas Diri) yang artinya keberhasilan dari rehabilitasi ini tergantung dari motivasi si penderita dalam mengembangkan potensinya sebaik mungkin, karena para ahli hanya bisa memberikan petunjuk, bimbingan, fasilitas dan mendorong penderita untuk keberhasilan program rehabilitasi yang sedang dilakukannya.

  • Waddell & Burton

Rehabilitas adalah identifikasi dan penanganan masalah yang berhubungan dengan masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis maupun sosial.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Rehabilitas Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :