Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap

Posted on

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap – Sejarah adalah suatu peristiwa atau kejadian yang sudah pernah terjadi pada masa lalu dan bisa diketahui melalui peninggalan-peninggalan pada masa itu. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah

Sejarah adalah suatu peristiwa atau kejadian yang sudah pernah terjadi pada masa lalu dan bisa diketahui melalui peninggalan-peninggalan pada masa itu. Secara bahasa, sejarah dibagi menjadi dua yaitu pengertian dalam arti yang sempit dan pengertian secara luas. Dalam arti sempit, sejarah artinya kejadian atau peristiwa. Secara luas, sejarah merupakan suatu peristiwa manusia akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum dan secara bahasa, para ahli juga memiliki definisinya masing-masing mengenai sejarah. Berikut beberapa pengertian sejarah menurut para ahli diantaranya :

1. Charles Harding Firth

Sejarah yaitu merekam masa lampau dari aspek kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi kegiatan-kegiatan masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang sudah membantu atau merintangi perkembangnnya.

2. Muhammad Yamin

Sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang bisa dibuktikan dengan bahan kenyataan.

3. Ernst Bernheim

Sejarah merupakan sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang tentang perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun secara kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab akibat,baik lahir maupun batin.

4. Mohammad Hatta

Berdasarkan pandangan beliau sejarah bukan melahirkan cerita dari kejadian masa lalu, melainkan memberikan pengertian masa lalu sebagai suatu masalah-masalah.

5. Jan Marius Romein

Sejarawan sekaligus Jurnalis asal Belanda yang juga merupakan penulis buku Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia (versi Indonesia)  ini mengemukakan Kata “sejarah” mempunyai arti yang sama dengan kata history dalam bahasa Inggris dan geschichte dalam bahasa Jerman yaitu cerita mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

6. Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho, sejarah merupakan peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusiasebagai mahluk bermasyarakat yang terjadi di masa lampau. Sejarah diartikan pula sebagai kisah mengenai segala kejadian atau peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

7. Henri Pirenne

Sejarah adalah sebuah kisah mengenai peristiwa – peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat

8. Roeslan Abdulgani

Beliau mendefinisikan sejarah sebagai disiplin ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lalu beserta kejadian atau peristiwa yang terjadi. Dengan tujuan untuk menilai kritis seluruh hasil penelitiannya,yang kemudian akan dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan.

9. Ibnu Khaldun

Ibnu khaldun, beliau ini adalah seorang sejarawan asal Tunisia dan sering dikenal sebagai pendiri ilmu Historiografi, Sosiologi dan juga Ekonomi, Ibnu mendefinisikan sejarah sebagai catatan mengenai masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

10. Beverley Southgate

Beverley mengemukakan definisinya bahwa Sejarah sebagai  sebuah studi masa lampau, secara ideal studi tersebut adalah suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya. Selain itu, sejarah merupakan  suatu studi  yang menampilkan suatu kenyataan; tidak hanya bisa dinikmati adanya, tetapi juga secara moral berguna di dalam pengajaran.

11. Drs. Sidi Gazalba

Drs. Sidi Gazalba sebagai Ahli filsafat ini berpendapat bahwa sejarah merupakan masa lampau manusia serta seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang memberi pemahaman mengenai hal apa yang berlaku.

12. W.J.S Poerwadaminta

W.J.S Poerwadaminta mendefinisikan sejarah sebagai Asal-usul silsilah, Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang sudah lampau, riwayat, tambo, cerita serta Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

13. Aristoteles

Sejarah ialah satu sistem yang meneliti sebuah kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Aristoteles juga memberi pendapat lain bahwa sejarah mencakup peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, rekaman atau bukti-bukti yang konkrit.

14. Moh. Ali

Sejarah adalah keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Ilmu sejarah yaitu ialah disiplin  ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau”.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :