14 Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli – Ketika berbicara tentang siswa maka pikiran kita akan tertuju kepada lingkungan sekolah, baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. lebih lengkapnya maka simklah ulasan kami mengenai materi makalah Pengertian Siswa Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

Pengertian Siswa

Siswa merupakan seorang pelajar yang duduk dibangku sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Seorang siswa (Murid Laki-Laki) dan siswi (Murid Wanita) yang belajar agar memperoleh ilmu pengetahuan untuk dapat menggapai cita-citanya. Selain itu, siswa juga merupakan seorang anak yang sedang menempuh pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas maka mereka disebut dengan siswa dan siswi.

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

Untuk menambah pengetahuan kita mengenai Pengertian Siswa ini, maka simklah pendapat para ahli mengenai pengertian siswa, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Prof. Dr. Shafique Ali Khan

Menurutnya, siswa adalah setiap orang yang datang ke suatu lembaga untuk mendapakan atau mempelajari berbagai macam pendidikan, orang ini disebut pelajar atau orang yang mempelajari ilmu pengetahuan siapapun orangnya, berapapun usianya, dari manapun asalnya, dengan biaya apapun untuk mengembangkan pengetahuan dan moral pelaku belajar.

  • Nata

Menurut Nata “Dalam Aly, 2008” Siswa atau murid didefinisikan sebagai orang yang berkeinginan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pendidikan, ketrampilan, pengalaman dan kepribadian dan lainnya yang akan menjadi bekal hidupnya agar bahagia dunia dan akhirat dengan jalan belajar yang sungguh-sungguh.

  • Maslow

Menurut Maslow, Bicara tentang siswa, maka memaparkan adanya kebutuhan biologi, rasa kasih sayang, harga diri, realisasi, aman dan nyaman. Sementara menurut para ahli psikologi kognitif menjelaskan anak didik “siswa” sebagai manusia yang menggunakan ranah kognitifnya sejak berfungsinya kapasitas motor dan sesorinya.

  • Muhaimin Dkk, 2005

Menurut Muhaimin Dkk, 2005 Siswa yakni ialah sebagai seseorang “subjek didik” dimana nilai kemanusian sebagai individu, yang sebagai makhluk sosial yang memiliki identitas moral, perlu dikembangkan untuk mencapai tingkatan suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal dan kriteria kehidupan sebagai manusia diharapkan oleh bangsa dan negara.

  • Arifin, 2000

Menurut Arifin, Menyebut “murid atau siswa” maka yang dimaksud yakni manusia didik yang sebagai makhluk yang sedang berada dalam proses perkembangan berdasarkan fitrahnya masing-masing yang membutuhkan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju kearah yang lebih baik yakni kemampuan fitrahnya.

  • Sarwono

Menurut Sarwono, Siswa yakni ialah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pembelajaran di dunia pendidikan.

  • Tokoh Abu Ahmadi

Menurut Tokoh Abu Ahmadi, Peserta didik atau siswa merupakan orang yang belum mencapai dewasa yang masih membutuhkan usaha, dan bantuan bimbingan orang lain yang telah dewasa untuk menjalani tugas sebagai makhluk tuhan, sebagai warga negara yang baik dan sebagai masyarakat serta sebagai suatu pribadi maupun sebagai individu.

  • Gramedia

Menurut Gramedia, 2005 Siswa adalah komponen masukan dalam system pendidikan, yang kemudian diproses dalam proses pendidikan, sehingga mereka para siswa kelak akan menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

  • Kompas, 1985

Menurut Kompas, 1985 Siswa yakni adalah mereka yang memang sengaja diserahkan oleh kedua orang tuanya ke pihak sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, dengan tujuan agar para siswa dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketrampilan, berpengalaman, berkepribadian, berakhlak mulia, berpendidikan dan lainnya.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI Siswa adalah “murid”, terutama pada tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA)

  • Undang-Undang Pendidikan No. 2 Th. 1989

Dilihat dari beberapa istilah murid, murid didefinisikan sebagai orang yang berada dalam taraf pendidikan yang dalam beberapa literatur murid juga disebut sebagai anak didik.

  • UU RI No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 4

Peserta didik atau siswa merupakan anggota masyarakat yang berusaha meningkatkan kualitas dirinya dengan melalui proses pendidikan tertentu.

  • Wp

Siswa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri dengan melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik itu pendidikan formal maupun nonformal, pada jenjang pendidikan maupun jenis pendidikan tertentu.

  • Jawa Pos

Menurut Jawa Pos, 1949 Siswa didefinisikan sebagai murid atau pelajar, ketika berbicara tentang siswa maka pikiran kita akan tertuju kepada lingkungan sekolah, baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Siswa Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :