Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap)

Posted on

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli – Sosiologi politik adalah studi yang mempelajari hubungan kekuasaan yang saling bergantung antara masyarakat sipil dan negara. Mengenai Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli simaklah pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Sosiologi Politik

Secara bahasa, Sosiologi politik berasal dari dua kata, yang memiliki arti sendiri-sendiri sebagai suatu disiplin ilmu, yaitu sosiologi dan politik. Istilah “sosiologi” pertama kali dimunculkan oleh Auguste Comte 1798 sampai tahun 1857, yang mana beliau ini salah seorang pendiri disiplin ilmu ini, Di tahun 1839 di dalam bukunya Cours de Philosophie Positive, jilid IV  Secara sederhana “sosiologi” berarti studi tentang masyarakat dipandang dari suatu segi tertentu.

Comte dan rekannya ‘Spencer (1820-1903) bersama seorang pendiri lainnya (Rush & Althoff, 1990: 1), menekankan masyarakat sebagai unit dasar dari analisis sosiologis. Sedangkan, berbagai lembaga lainnya, seperti keluarga, dan lembaga-lembaga politik, ekonomi dan keagamaan dan interelasi antara lembaga-lembaga tersebut adalah sub-unit dari analisk

Para sosiolog modern mendefinisikan bahwa sosiologi yaitu sebagai “Sebuah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai kelompok-kelompok sosial” (Jhonson, 1961: 2) dan “studi tentang interaksi-interaksi manusia dan interrelasinya” (Ginsburg, 1934: 7). Berdasarkan sudut pandang inilah, sosiologi memberikan pusat perhatian pada terhadap tingkah laku individual dan tingkah laku kolektifnya secara terpisah dari masyarakat, karena hal ini bukan merupakan bidang kajian psikiarti dan psikologi, melainkan perilaku manusia dalam konteks sosial.

Baca Juga :  Pengertian Tanjung Adalah - Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh [Lengkap]

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli

Agar menambah pemahaman kita mengenai Sosiologi Politik, maka, simaklah penegrtian Sosiologi Politik menurut para ahli berikut ini :

  • Tom Bottomove

Menurut Tom, Sosiologi politik adalah ilmu yang mengarah kepada aspek tingkat atau kelas sosial, parpol, gerakan sosial, aksi politik, dan juga politik global.

  • Maure Dekverger

Menurut Maure, sosiologi politik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kekuasaan pemerintah otoritas, komando pada seluruh masyarakat manusia yang tidak hanya masyarakat nasional, melainkan dalam masyarakat lokal serta massyarakat lainnya.

  • Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim, Sosiologi politik Ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara berbagai macam gejala sosial, hubungan dan saling pengaruh antara gejala-gejala sosial maupun non-sosial, dan juga ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial.

  • Fanlks

Menurut Fanlks, Sosiologi politik adalah studi yang mempelajari hubungan kekuasaan yang saling bergantung antara masyarakat sipil dan negara.

  • Drs. Mangohi Rahuman, M.Si

Menurut Drs. Mangohi, Sosiologi politik adalah studi tentang hubungan antara masalah-masalah politik dalam masyarakat antara struktur sosial dan struktur politik, antara tingkah laku sosial dengan tingkah laku politik.

  • Rush & Ahoff

Menurut mereka, Sosiologi politik adalah sebuah proses khususnya pada proses keterkaitan politik dan masyarakat, hubungan antara berbagai sturktur sosial dan tingkah laku sosial serta tingkah laku politik.

  • Maunce Duverger

Menurut Maunce, Sosiologi Politik merupakan Studi tentang kekuasaan setiap pengelompokkan manusia bukan saja didalam bangsa

  • A.A. Said Gatara,M.Si

Menurut A.A. Said, Sosiologi politik yaitu adalah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai hubungan politik hukum dan masyarakat, lembaga politik di sisi lain dan masyarakat dengan proses politik (sosialisasi, konflik, partisipasi, rekrument komunikasi dan lain-lainnya)

  • Kolkorj

Menurut Kolkorj, Sosiologi politik adalah ilmu yang mempelajari partisipasi pada pembuatan kegiatan terhadap kehidupan yang luas dan kehidupan yang sempit.

  • Moh. Dzulkiah Said, M.Si

Menurut  Moh. Dzulkiah, Sosiologi politik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai hubungan masyarakat dan politik hukum, lembaga politik pada sisi lain dan masyarakat dengan proses politik ( sosialisasi, partisipasi, konflik, rekrument dan komunikasi).

  • Gordon Marshall

Sosiologi politik adalah cabang ilmu sosiologi yang menganalisa sebab dan akibat sosial terhadap peranan kekuatan disuatu masyarakat. Dengan adanya konflik sosial serta politik maka mengakibatkan terjadinya perubahan pada pengalokasian.

Baca Juga :  Pengertian Data - Contoh, Jenis-Jenis, Metode Dan Fungsi data

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli (Lengkap)
5 (100%) 2 vote[s]