Pengertian Tabel Beserta Jenis, Fungsi dan Contoh

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian tabel beserta penjelasan mengenai fungsi tabel dan jenis-jenis tabel dan beberapa contoh tabel yaitu contoh grafik, contoh tabel penjualan, contoh tabel database, contoh tabel excel untuk memudahkan pemahaman. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian tabel

Pengertian Tabel

Tabel adalah susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin pada struktur yang lebih kompleks”

Tabel banyak dipakai dalam komunikasi, penelitian, serta analisis data. Tabel sering terdapat di media cetak, tulisan, perangkat lunak komputer, arsitektur hiasan, rambu lalu lintas, dan lain-lain.

Isi dan terminologi untuk menggambarkan sebuah tabel itu bergantung pada konteks dari data yang aan disajikan. Lebih lanjut, tabel secara signifikan bisa memuat informasi yang berbeda dalam jenis, struktur, fleksibilitas, notasi, representasi dan penggunaan.

Jenis-Jenis Tabel

Tabel sangat sering dipakai dalam penyajian data dan umumnya terdapat beberapa jenis yang biasa didipakai gunakan. Dan berdasarkan jumlah karakteristik tabel, tabel dibedakan atas tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah.

Pengertian tabel satu arah yaitu tabel berisi keterangan tentang satu karakteristik saja.
Karakteristik ini bisa berupa frekuensi, jumlah, kadar, ukuran dan juga lain sebagainya. Tabel satu arah ini merupakan jenis tabel yang mudah dibuat dan sederhana.

Tabel dua arah adalah tabel yang memiliki isi tentang hubungan antara dua karakteristik. Contohnya seperti tabel berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama serta asal daerah, atau jumlah mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan jurusan

Tabel tiga arah adalah tabel yang memiliki isi hubungan antara tiga karakteristik atau tiga hal seperti data penduduk yang berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur, atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, jurusan dan asal daerah.

Fungsi Tabel

Dalam Pengertian, dijelaskan bahwa tabel adalah daftar yang berisikan sejumlah data informasi. Untuk itu, dalam penggunaannya, tabel ini mempunyai beberapa fungsi yang diantaranya yaitu memberikan kemudahan dalam membaca data karena tersusun dengan sistematis hingga memahaminya akan lebih mudah.

Kemudian tabel juga berfungsi untuk mempermudah dan mengetahui perubahan yang terjadi pada suatu hal baik itu naik ataupun menurun. Selain itu, tabel juga memiliki fungsi untuk memberikan rangkuman berupa angka secara tersusun.

Contoh Tabel

Berikut adalah beberapa contoh tabel yang umum dignakan

contoh tabel database

Dibawah ini adalah gambar contoh tabel database

contoh tabel database
contoh tabel database

contoh tabel excel

Dibawah ini adalah contoh tabel excel toko penjualan alat-alat tulis

contoh tabel excel
contoh tabel excel

Contoh tabel grafik

Dibawah ini adalah contoh tabel grafik sensus penduduk pulau jawa pada tahun 2000 dan 2010

contoh tabel grafik
contoh tabel grafik

Contoh tabel penjualan

Dibawah ini adalah contoh tabel penjualan pembayaran pakaian

contoh tabel penjualan
contoh tabel penjualan

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian tabel dan beberapa contohnya, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :