Pengertian Tegnologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Lengkap

Posted on

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli – Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memeberikan sebuah informasi. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian tenologi informasi mulai dari Pengertian tegnologi, Pengertian Tegnologi menurut para ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Contoh. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Tegnologi Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Tegnologi Informasi

Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memeberikan sebuah informasi. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan komputer serta peralatan modern, definisi teknologi informasi lebih luas yakni suatu teknologi yang fungsinya untuk mengolah data, serta memproses, mendapatkan data, menyusun data, menyimpan data, memanipulasi data dengan berbagai cara bertutjuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Pengertian Teknologi Inf ormasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa para ahli mengenai Pengertian tegnologi informasi, diantaranya :

1. Martin (1999)

Teknologi informasi bukan hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan dalam memproses & menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan suatu informasi.

2. Williams & Sawyer (2003)

TI merupakan teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi yang bisamembawa data, suara & video.

3. & Keen (1996)

Teknologi informasi merupakan himpunan atau seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan berbagai tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

4. Kamus Oxford( 1995)

Teknologi Informasi merupakan studi / peralatan elektronika, seperti komputer, guna menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan juga gambar.

5. Lucas (2000)

Teknologi Informasi merupakan keseluruhan dari bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

Tujuan Teknologi Informasi

Adapun tujuan dari tegnologi informasi yakni adalah menyelesaikan suatu masalah, mengembangkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi didalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi bisa membuat manusia lebih mudah dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Fungsi Teknologi Informasi

Pengertian Tegnologi Informasi

Banyak sekali fungsi tegnologi informasi diantaranya sebagai berikut :

  • Capture (Menangkap)
    Yakni maksudnya melakukan capture terhadap data dan juga informasi
  • ¬†Storage (Menyimpan)
    Yakni menyimpan data / informasi dalam bentuk media untuk kepentingan yang lain. Seperti hardisk, compact disk, disket, dan sebagainya.
  • Processing (Mengolah)
    Fungsi mengolah pada teknologi informasi yakni ialah memproses data yang telah diterima yang kemudian dijadikan suatu informasi. Pengolahan data dapat berbentuk mengubah data ke bentuk lainnya. Menganalisis kondisi, menghitung, menggabungkan semua dalam bentuk data & informasi
  • Transmission (Transmisi)
    Transmisi yakni ialah mengirim data dan juga informasi dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jaringan komputer.
  • Retrifal (Mencari Kembali)
    Yakni melaksanakan penelusuran untuk mendapatkan kembali atau menyalin data & informasi yang sudah disimpan.
  • ¬†Generating (Menghasilkan)
    Generating adalah mengorganisasi data & informasi ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

Manfaat Teknologi Informasi

Berbeda dengan fungsi, banyak sekali manfaat dari teknologi informasi dalam kegiatan sehari-hari. Manfaat ini dapat digunakan sebagai pendukung kehidupan yang lebih baik karena telah ada teknologi informasi yang dapat membantu kegiatan manusia agar menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut manfaat teknologi informasi di dalam kehidupan sehari-hari :

  • Untuk Industri dan Manufaktur
    Teknologi informasi bisat membantu menciptakan rancangan design pada sebuah produk yang ingin di keluarkan pada industri serta dapat mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang sesuai.
  • Untuk Bisnis dan Perbankan
    Denganb adanya teknologi informasi bisa memudahkan dalam transaksi, menyimpan berkas akan lebih aman & sistem perbankan yang lebih maju.
  • Untuk Di Dunia Pendidikan
    Dengan adanya teknologi informasi, akan membuat siswa lebih efektif dalam kegiatan belajar. Komputer merupakan sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreatifitas pada siswa.
  • Untuk Pemerintahan
    Teknologi informasi bisa diaplikasikan untuk mengolah suatu data & informasi yang di tujukan ke masyarakat. Selain itu dapat meningkatkan hubungan diantara pemerintah & masyarakat.
  • Untuk Militer
    Teknologi informasi yang maju, dapat dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan menggunakan kemudi maupun tanpa kemudi.
  • Untuk Teknik dan Pengetahuan
    Teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mempelajari struktur tanah, angin dan cuaca. Bisa juga dimanfaatkan untuk menghitung.
  • Untuk Kedokteran
    Dimanfaatkan untuk mendiagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dengan menggunakan komputer.
  • Untuk Hiburan & Permainan
    Teknologi informasi terutama komputer dapat digunakan dalam membuat animasi, desain grafis dan juga audiovisual agar menjadi lebih baik dan menarik.
  • Untuk Bidang Kriminal
    Teknologi memudahkan aparat dalam menyelesaikan permasalahan, mudah terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan juga sidik jari.

Komponen Teknologi Informasi

Adapun komponen-komponen dari teknologi informasi adalah:

  • Hardware (Perangkat Keras)
  • Software (Perangkat Lunak)
  • Brainware (kecerdasan yang ada pada manusia/user)
  • Data, Informasi, dan juga Pengetahuan

Contoh Teknologi Informasi

Adapun contoh dari teknologi informasi adalah Komputer, Laptop, Handphone, Televisi, dan sebagainya

Demikianlah ulasan kami mengenai materi makalah Pengertian tenologi informasi mulai dari Pengertian tegnologi, Pengertian Tegnologi menurut para ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Contoh. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :