Pengertian Teknik Beserta Jenis dan Contohnya

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian teknik secara lengkap dan penjelasan macam-macam teknik beserta penjelasanya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian teknik
pengertian teknik

Pengertian Teknik

Teknik dalam bahasa Melayu berarti kejuruteraan atau rekayasadan dalam bahasa Inggris yaitu engineering

Teknik adalah penerapan ilmu serta teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan”

Hal ini diselesaikan melalui pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan guna mendesain objek atau proses yang bermanfaat. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur atau sarjana teknik.

Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia telah tertanam secara natural. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba ketika membuat peralatan peralatan dari batu. Dengan kata lain teknik pada mulanya didasari dengan trial and error untuk menciptakan sebuah alat untuk mempermudah pekerjaan dalam kehidupan manusia.

Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan berkembang, dan mulai merubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam bekerja. Perkembangan ilmu pengetahuan ini yang kemudian mengubah cara teknik bekerja sampai seperti sekarang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalkan trial and error dalam menciptakan ataupun mendesain peralatan, namun lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.

Macam-Macam Teknik Beserta Pengertianya

Teknik Fisika
adalah suatu ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan serta pemanfaatan teknologi. Insinyur teknik fisika diharapkan mempunyai basis matematika, fisika, kimia yang kuat dan ilmu perekayasaan yang menonjol dibidang pekerjaannya yang cakupannya luas dimulai dari industri hulu hingga hilir.

Teknik kimia
adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari tentang  pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, bisa berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik.

Teknik Geodesi
menurut pandangan awam teknik geodesi adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Geodesi yaitu salah satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan bumi.

Teknik Geomatika
sebuah istilah ilmiah modern yang memiliki arti pendekatan yang terpadu dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola deskripsi serta lokasi data-data kebumian, yang sering disebut sebagai data spasial.

Teknik pertambangan
yaitu disiplin teknik yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengekstraksi mineral dari bumi. Teknik pertambangan dikaitkan dengan banyak disiplin ilmu lainnya, antara lain : geologi, pengolahan mineral dan metalurgi, serta rekayasa geoteknik dan survei.

Teknik Perminyakan
yaitu salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus pada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, distribusi, eksplorasi, dan ekonomi migas. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan Teknik pertambangan

Teknik Metalurgi
adalah salah satu cabang ilmu dan teknik bahan yang mempelajari tentang perilaku fisika dan kimia dari unsur logam, senyawa-senyawa antarlogam, dan paduan-paduan logam yang disebut aloi atau lakur.

Teknik mesin
Atau umum dengan Teknik mekanik yaitu ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini memerlukan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi.

Teknik listrik
Atau dikenal dengan nama teknik elektro yaitu salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Teknik komputer
disebut juga teknik sistem komputeryaitu suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer merupakan teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh.

Teknik nuklir
yaitu penerapan praktis bidang ilmu inti atom yang disarikan dari prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Bidang keteknikan ini mencakup banyak hal, diantaranya perancangan, pengembangan, percobaan, operasi dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, khususnya reaktor nuklir, PLTN dan senjata nuklir.

Teknik kelautan
Yaitu cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari tentang bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut. Teknik kelautan perkembangan teknik sipil yang dikhususkan untuk mempelajari struktur yang berada di daerah garis pantai maupun daerah lepas pantai (offshore), termasuk anjungan lepas pantai.

Teknik industri
Merupakan suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri atas manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi.

Teknik arsitektur
Lebih dikenal sebagai rekayasa bangunan, yaitu penerapan prinsip-prinsip rekayasa dan teknologi untuk perancangan dan konstruksi bangunan.

Teknik sipil
Merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana merancang, membangun, merenovasi tak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik lingkungan
Tentang menerapkan pemikiran dan teknik juga manajemen untuk memelihara dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, dan lingkungan secara keseluruhan. Ruang lingkup bidang ini yaitu konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengelolaan kesehatan lingkungan

Teknik biosistem
Merupakan bidang keteknikan yang mengaplikasikan ilmu biologi, lingkungan, dan pertanian. Teknik biosistem adalah kelanjutan dari teknik pertanian, dan di Eropa teknik biosistem sudah mencakup aplikasi biomedis. Di negara Amerika Serikat, teknik biosistem umum dengan dengan teknik biologis atau merupakan bagian dari teknik biologis, dan teknik pertanian, dan aplikasi biomedis tak termasuk.

Teknik pertanian
Umum dikenal dengan keteknikan pertanian, yaitu penerapan dasar-dasar teknik pada bidang pertanian mencakup bidang teknik mesin budi daya pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, energi dan listrik pertanian,  teknik proses hasil pertanian,perbengkelan dan instrumentasi di bidang pertanian, ergonomika alat dan mesin pertanian, sistem dan manajemen keteknikan pertanian

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teknik, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :